Dapetin Beasiswa Itu Nggak Ribet!

Selasa, 15 Desember 2015 | 11:00
Hai Online

Di mana ada beasiswa di situ ada jalan menuntut ilmu

"Awalnya waktu masih SMA, gue iseng-iseng doang daftar beasiswa. Beasiswa ke Jepang, namanya Monbukagakusho. Padahal waktu SMA nilai gue nggak terlalu menonjol sih. Pas yang lain udah dapet universitas lewat SNMPTN dan sebagainya, gue masih sibuk cari kampus. Sampai akhirnya gue dapet informasi beasiswa pemerintah Jepang ini dari saudara gue yang kerja jadi sekuriti di Kedutaan Besar Jepang," kenang Rizal, mahasiswa semester 4 Diploma kampus Syusei Technical College.

Dapat kuliah "gratis" di Negeri Sakura, cowok ini dengan senang hati berbagi kisahnya. Dari yang tadinya iseng-iseng, tiba-tiba jadi sebuah niat besar buat kuliah di luar negeri dengan jalur beasiswa.

Sebelumnya, cowok yang lagi siap-siap buat melanjutkan kuliah Diploma-nya ke tingkat S1 ini, gagal sekali buat dapetin beasiswa Monbukagakusho. Setelah sempat gagal, untungnya dia tetap melanjutkan kuliah sementara di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ciputat, Jakarta Selatan.

Berangkat dari rasa masih penasaran, di penghujung tahun pertamanya kuliah Rizal mencoba lagi peruntungannya buat ngedapetin beasiswa.

"Setahun gue kuliah di UIN, gue akhirnya coba lagi. Itu juga gara-gara iseng lagi. Karena gue aja ngirim berkasnya di hari terakhir penutupan. Ya,Alhamdulillah sih gue akhirnya keterima," tuturnya.

Hoki banget sih lo Zal! Hehehe...

Editor : Hai Online

Baca Lainnya