6 Tipe Guru Yang Bikin Baper

Rabu, 25 November 2015 | 00:00
Rizki Ramadan

guru favorit

Guru, kalau kata orang-orang sih, guru itu orang tuakita di sekolah. Kalau di rumah cuma punya dua, di sekolah orang tua kita bisa sampe puluhan. Tentu, puluhan guru di sekolah itu beragam karakternya. Ada yang bikin betah di sekolah sampai pengen nginep, tapi ada juga yang bikin dua jam pelajaran rasanya kayak 24 jam.

Nah, isu rotasi guru yang terjadi belakangan ini bikin kita, para siswa, jadi mikirin para guru. Maklum, tanpa disangka, guru yang banyak disukai sama siswa satu sekolah ternyata bisa juga kena rotasi. Mau nggak mau, kepergian para guru itu bikin para murid jadi kebawa perasaan alias baper. Kejadian sedih-sedihan saat melepas mereka cabut di hari terakhirnya di sekolah pun terjadi.

Biasanya, guru-guru tipe kayak gini, nih, yang bikin baper anak-anak. Yuk, disimak. Pasti kalian juga setuju.

1 Guru Nggak Pelit Nilai

Ini sih bener banget. Mau gimana pun pasti pengen dong nilai kita bagus di rapot? Tipe guru yang gak pelit nilai ini nih yang jadi idaman. Kalau kata Intan dari SMAN 66, “kalau guru pelit nilai, nilai gue standar banget padahal gue udah usaha tuh biar dapet nilai bagus” Intan bilang, di sekolahnya ada guru yang gak pelit nilai, tapi sayang gurunya terlalu kaku sama masalah seragam.

2 Guru Yang Bisa ngajarin sampai ngerti

Mengikuti kurikulum sekolah yang baru (pasti pada tau dong kurikulum apa?), siswa di tuntut untuk lebih mandiri. Tapi untungnya, masih ada beberapa guru yang ngasih penjelasannya secara rinci. Bikin langsung ngerti. “Kan percuma kalau dia ngajar atau ngasih tugas tapi kita nggak ngerti. Kalau ulangan jelek, berarti salah dia dong? Eh tapi enggak deng. Karena pada kodratnya guru selalu benar” Kata Lidiana dari SMAN 66.

3 Guru Yang Humoris, Santai, tapi Jelas

Guru yang humoris (bukan yang jayus, yah!) pasti selalu sukses bikin suasana kelas jadi lebih santai. Kalau udah gitu, dia pasti jadi guru favorit deh, apalagi kalau selama ngasih materi, dia tetap jelas dan rinci.

“Gue suka guru yang seru, lucu plus nggak garing. Tapi tetap harus jelas juga saat ngajar, kalau ngejelasin materi tetap masuk. Contohnya guru geografi gue. Nggak kebayang, deh kalau beliau pindah dan nggak ngajar gue lagi,” kata Nastidari dari SMAN 90 Jakarta.

4 Guru Yang Ke-ibuan

Yap, tipe yang satu ini adalah tipe guru yang mengayomi. Persis kayak ibu sendiri. Contohnya di SMAN 47. Ada guru Kimia yang juga jadi wali kelas, namanya Ibu Fourita atau akrab disapa Bu Four. Di awal pembelajaran, beliau selalu nanya fasilitas apa yang kurang, dan nanya soal cara guru-guru lain mengajar. Semacam evaluasi gitu.

Tapi sayang aja, pertengahan September lalu beliau harus dirotasi, dipindahtugaskan ke sekolah lain. Saat dapat kabar itu, beliau mengumumkannya ke kelas sambil nangis. Sontak, temen-temen di kelas itu langsung pada baper dan langsung memeluk beliau.

“Bu Four tuh baik banget. Cara ngajarnya enak lagi, udah gitu selalu merhatiin murid kelasnya. Nggak ada lagi guru kimia se-sabar bu Four” kata salah satu siswa kelas yang diampu Bu Four.

5 Guru Killer Yang Bijak

Inilah tipe yang kadang bikin murid salah tingkah, kenapa? Karena ini guru killer tapi baik juga. Biasanya, muka guru ini dikenal dengan galaknya, mukanya juga bukan muka-muka yang sering senyum mempesona, melainkan senyum yang mengintimidasi. Dari cara ngomong juga, biasanya sih keceplosan pake lo-gue ke murid-murid, yah dari penampilannya keliatan jelas kok itu gurukiller.

Tapi, biasanya juga, guru yang kayak gini ngejelasinnya enak banget, gampang dimengerti, dan mereka diam-diam sangat perhatian sama murid, mulai dari masalah nilai yang do-re-mi sampe bekal apa yang dibawa siswa. Bahkan, di SMA Pembangunan Jaya, ada guru killer yang pernah ngasih kacang sekaleng untuk muridnya. Tampilan luarnya emang garang, tapi aslinya halus, sob!

6 Guru yang kelewat baik

Mungkin tipe guru yang kayak gini jarang banget ditemuin, one of the kind kalo kata orang-orang sana. Inilah guru-guru yang kelewat baik sampe murid yang bandel minta ampun jadi nggak tega bikin onar.

Contohnya aja guru Bahasa Indonesia di SMA Pembangunan Jaya. Sementara guru-guru lain cerewet sama anak yang main gadget di kelas, guru baik satu ini malah melegalkan murid-muridnya untuk menggunakan gadgets saat di jam pelajaran dia. Bahkan selama 4 jam pelajaran bebas ngapain aja asal nyatet penjelasan dia yang ditampilin di power point. Kebaikannya bikin baper!

(penulis: Quina - SMAN 47 Jakarta, Sher - SMA Pembangunan Jaya, Dhi Ayu - SMAN 66 Jakarta)

Editor : Hai Online

Baca Lainnya