Maliq & D'Essentials: Perpustakaan Gratis

Jumat, 03 Juli 2009 | 05:31
Raditya Ayu Kristiadi

Maliq D Essentials Perpustakaan Gratis

Banyak cara buat membantu sesama. Kalo bisa dilakukan sesuai dengan bidang dan keahlian kita, kenapa nggak?

Itu juga yang dijabanin oleh anak-anak Maliq & D'Essentials. Sadar bahwa kondisi pendidikan di Indonesia sangat memprihatinkan, Angga dkk. memutuskan untuk turun tangan. Mereka bergabung dengan program Satu Hati Cerdaskan Bangsa, yang punya tujuan mulia untuk membangun perpustakaan di sekolah-sekolah tertinggal sekaligus menyuplainya dengan buku-buku pengetahuan umum.

Program yang digerakkan oleh Kick Andy Foundation dan PT Amerta Indah Otsuka (produsen Pocari Sweat dan Soy Joy) ini udah dimulai sejak tahun 2007. Hasil donasi dari berbagai donatur dan sekolah-sekolah di kota-kota besar di Indonesia tahun lalu udah menghasilkan pembangunan beberapa perpustakaan di sekolah-sekolah terpencil. Diharapkan tahun ini makin banyak lagi sekolah yang bisa dibantu, mengingat hasil riset menyatakan bahwa minat baca anak-anak Indonesia ada di peringkat ketiga terendah di Asia Tenggara.

Tapi, secara spesifik, apa yang disumbangkan anak-anak Maliq & D'Essentials lewat program ini? Selain bantuan berupa dukungan fisik dan materi, ternyata mereka juga menyumbangkan sebuah lagu berjudul Satu Hati yang kemudian dijadiin theme song program Satu Hati Cerdaskan Bangsa.

"Kami juga concern sama pendidikan di bidang musik. Banyak yang mikir musik itu cuma bisa sekadar untuk hobi atau main-main. Padahal kalo dididik dengan baik, main musik itu bisa diseriusin kok," kata Angga nggak kalah serius.

Puncak acara Satu Hati Cerdaskan Bangsa ini bakal digelar tanggal 2 Agustus nanti di Plaza Timur Gelora Bung Karno. Selain ada ajang kreatifitas pelajar, kompetisi foto, dan Kampoeng Maen buat adik-adik kita, Maliq juga dipastikan bakal ikut tampil di acara ini.

Kamu yang mau ikut membantu teman-teman yang kurang beruntung pun bisa gabung di program ini, atau langsung kirim donasi ke Yayasan Kick Andy lewat rekening BCA No. 288 304 2000.

Editor : Raditya Ayu Kristiadi