THE BANERY: KARENA DIA - CEMBURUISME & JANJI PASTI

Senin, 19 April 2010 | 09:56
Erick Tobing

THE BANERY KARENA DIA CEMBURUISME JANJI PASTI

Kamu yang menyukai musik dengan ornamen 70-an, kostum ala The Beatles, dan mengandalkan harmonisasi suara, tentu bakal ingat dengan THE BANERY. Kekayaan THE BANERY terletak pada personil yang 4 diantaranya bisa bernyanyi dan menciptakan harmonisasi vokal yang manis. Band yang berawak Rafly (vokal dan bass), Egi (vokal dan lead guitar), Yudi (vokal dan rhythm guitar), Oddo (vokal dan Keyboard) dan Adam (Drum) ini. Ketika menjadi finalis LA Light Indifest 2008, band yang punya ciri dasi kupu-kupu ini, sukses menyorongkan single 'Karena Dia' yang juga dibuat video kilpnya.

Sekarang, band yang terang-terangan mengidolakan The Beatles kembali dengan album utuh dan bicara soal cemburu. Konon, dalam sebuah hubungan percintaan, cemburu artinya adalah sayang. Benarkah? Mungkin kalau kita tanyakan kepada THE BANERY, jawabannya adalah 'Ya'. Dan cerita soal cemburu THE BANERY terinspirasi untuk menjadikannya sebagai lagu dengan judul Cemburuisme. Dan lagu Cemburuisme ini dijagokan sebagai single pertama dari album perdana mereka yang berjudul 'Janji Pasti'. Pada lagu CEMBURUISME ini , THE BANERY mempersilahkan sang pencipta lagu untuk menjadi lead vocal-nya. Lagu ini diciptakan oleh Yudhi Permadi yang merupakan pemain Rhythm Guitar-Vocal.

Single Cemburuisme sendiri bercerita soal kecemburuan seorang pria kepada kekasihnya. Yang jelas, liriknya tidak bicara soal posesifitas laki-laki kepada perempuan, tapi membawa kita pada masa-masa indah remaja, ketika merasakan cemburu pada kekasih kita. Indah, lucu, mungkin buat sebagian kita, menggelikan.

Menyimak single pertama dari album perdana berjudul 'Janji Pasti' kita seperti melewati terowongan waktu saat era Koes Plus berjaya. Liriknya terdengar kocak, tapi sebenarnya mereka bertutur dengan serius. Agak nakal, tapi sebenarnya mereka tersenyum.Perhatikan, lagu Cemburuisme ini kental sentuhan melayu-nya namun tidak menghilangkan nuansa sunshine pop yang akan membuat badan anda bergoyang dengan sendirinya. Asik.Single Cemburuisme ini mendapatkan respon yang baik di radio-radio seluruh Indonesia, terutama di pulau Jawa dan sempat masuk di beberapa chart lagu Indonesia atau top request.

THE BANERY mempunyai fansbase yang cukup besar lewat jagat online. Komunitas yang mereka bangun tidak main-main, karena data terakhir di Facebook, tercatat sekitar 150-ribu fans yang sudah bergabung di fanspage THE BANERY. Mereka tidak membantah kalau disebut "besar" salah satunya lewat situs jejaring sosial itu.

Tak cuma itu, terobosan lain fans diajak untuk jualan album tersebut lewat jejaring sosial Facebook, dengan paket khusus yang diberikan. Paket ini berisi CD+Dasi Kupu-Kupu+Kaos 'Karena Dia' dan bisa dipesan via thebanery@myoyeah.com. Selain melalui penjualan online, penjualan CD (tidak termasuk paketannya) juga dibantu oleh Universal Music Indonesia untuk distribusi ke seluruh toko-toko kaset di Indonesia.

THE BANERY muncul ke permukaan musik Indonesia sejak kuartal pertama 2009. Di awali dengan suskses Single "KARENA DIA" di L.A Lights Indiefest Compilation Album Vol.4. Kesempatan yang datang untuk THE BANERY memang tidak tanggung-tanggung. Selama tahun 2009, THE BANERY dengan "KAREDA DIA & CEMBURUISME" mendapatkan sambutan dengan berkesempatan untuk muncul di acara-acara musik di TV Nasional seperti Dahsyat, Inbox, Mantap ditambah berkesempatan undangan promo ke radio-radio di beberapa kota di pulau Jawa, Sulawesi dan Kalimantan.

Selain pencapaian-pencapaian tersebut di atas, THE BANERY juga mendapatkan kesempatan untuk "GO INTERNASIONAL". Single 'KARENA DIA' berhasil dirilis dalam bahasa asli di Malaysia dan dirilis dalam bahasa Jepang.

Pada akhir tahun 2009, THE BANERY sudah meluncurkan albumnya secara private kepada Baneriser di basecamp THE BANERY di daerah Blok-M. THE BANERY juga mendapatkan penghargaan dari Radio OZ Bandung sebagai Best (Single) Indie Music 2009 dan menjadi nominasi Best Cutting Edge Artist di MTV INDONESIA MUSIC AWARD 2009.

THE BANERY boleh saja tambah 'gede', tapi tentu tidak boleh gede rasa soalnya bagi THE BANERY, sukses ini semua KARENA DIA. Semua ini bisa tercapai berkat dukungan dan dorongan banyak pihak. THE BANERY sudah sampai dan akan terus berkarya di dunia musik. Musik lo sampai mana?

Tag

Editor : Erick Tobing