Haram dilakukan siswa boarding school

Kamis, 03 November 2011 | 10:46
Eddy Suhardy/Alvin Bahar

Haram dilakukan siswa boarding school

Nggak seperti di sekolah biasa, teman-teman kita yang bersekolah di boarding school alias asrama harus rela merasakan bertemu guru seharian penuh. Dari bangun tidur di pagi hari, kegiatan belajar-mengajar di kelas, sampai tidur lagi di malam hari. Memang sih, belum tentu guru yang mengajar di kelas sama dengan guru yang menemani seharian penuh di asrama. Tapi tetap saja, guru ya guru.

Kita saja, yang ketemu guru cuma di jam pelajaran dari jam 6.30 pagi hingga 14.30 siang, rasanya bosan dan nggak tahan, apalagi yang teman kita yang harus ketemu guru 24 jam sehari dan tujuh hari seminggu?Sama seperti kita yang di sekolah biasa, teman kita di boarding school juga perlu sikap tertentu yang harus kita jaga dan lakukan biar hubungan dengan guru tetap harmonis.

Nah, bedanya, kalau di boarding school, sikap yang harus dijaga ini harus dilakukan terus, karena seharian penuh berinteraksi dengan guru.Ada yang dilanggar sedikit, bisa runyam urusannya. Seperti kasus yang terjadi di salah satu SMP di Jakarta Barat awal Oktober lalu. Di mana seorang siswa dipukul gurunya hingga berdarah cuma karena sang guru merasa waktu privasinya terganggu oleh keusilan siswanya.

Well, apa-apa saja hal-hal yang nggak boleh dilakukan teman-teman kita di boarding school ya? Berikut jawaban teman-teman kita, seperti Fadly dari SMAN 2 Tinggimoncong Makassar, Paisal dan Putri dari SMA Pribadi Bandung, Ghendis dan Ardian dari SMA Taruna Nusantara Magelang, dll. 1. Nggak boleh berkunjung ke rumah guru di atas jam 22.00 malam. Karena guru juga perlu waktu istirahat.2. Boleh nanya PR kapan pun, tapi kalau jangan lama-lama juga. 3. Kalau guru sudah kelihatan capek atau nggak mood, mending minta tambahan lain waktu saja deh daripada gurunya ngomel-ngomel. 4. Jangan sok dekat sama guru di kelas, walaupun kita sudah merasa dekat di luar jam pelajaran.5. Jangan bercanda terlewat batas, walaupun sudah kenal. Karena kalau ada apa-apa, misalnya guru tersinggung, bisa terbawa ke urusan akademik lho!6. Nggak boleh sembarangan ngomongin guru. Harus lihat-lihat tempatnya. Ketahuan, siap-siap dipanggil guru pembina asrama!7. Jangan dendam atau bikin masalah sama satu guru. Kalau sudah dicap jelek atau di-blacklist sama guru tertentu, dijamin kehidupan kita di asrama jadi nggak tenang.8. Nggak boleh keluar asrama setelah jam 22.00. Yang melanggar, siap-siap kena sanksi dari guru pembina asrama. 9. Jangan nyetel musik keras-keras atau bikin berisik di asrama. Selain disebut mengganggu kenyamanan teman-teman lain, ada juga guru yang memang nggak suka aliran musik kita.10. Nggak boleh masuk ke ruangan guru atau ruang-ruang privat guru tanpa izin, atau mengusik barang-barang pribadi milik beliau.11. Terlambat datang ke ruang saji (ruang makan) tanpa alasan yang jelas.12. Nggak boleh absen di apel malam. Karena ini acara penting untuk pengecekan penghuni asrama sebelum tidur. 13. Jangan pacarin anak guru! Walaupun ada anak guru kita yang cantik dan sering main ke asrama, haram hukumnya jatuh cinta padanya. Bisa runyam urusannya!14. Jangan bawa ponsel (untuk asrama yang punya peraturan dilarang bawa ponsel). Kalau ketahuan, ada hukuman khusus bahkan orangtua kita bisa dipanggil sekolah.15. Dilarang pacaran di asrama! Apalagi ketahuan berkunjung ke asrama cewek! Ini sanksinya paling berat, mulai dari dipanggil guru, orangtua kita diminta ke sekolah, disuruh minta maaf seminggu penuh di tiap apel dan jam makan, sampai disuruh pakai baju PDL (Pakaian Dinas Lapangan) tiga bulan penuh.

Editor : Eddy Suhardy/Alvin Bahar