Budaya Tanpa Senioritas Di Gonzaga

Rabu, 25 Juli 2012 | 13:56
Rian Sidik (old)

Budaya Tanpa Senioritas Di Gonzaga

Sekarang ini udah bukan zamannya lagi senioritas di sekolah. Salah satu sekolah yang sudah nggak membudayakan senioritas adalah SMA Kolese Gonzaga. Sekolah yang berlokasi di daerah Pejaten, Jakarta Selatan ini bisa dibilang sudah "bersih" dari budaya senioritas yang biasanya terjadi di kalangan putih abu-abu .

Bila di kebanyakan sekolah, para senior ingin dipanggil dengan sebutan "kak" dengan alasan takut. Beda cerita dengan teman-teman kita yang berada SMA Kolese Gonzaga ini. Di sekolah ini, senior dan junior punya kedudukan yang sama. Sang warga muda sekolah enggak harus selalu menghormati kakak kelasnya dengan panggilan "kak" atau sebagainya, tetapi tetap menghormati mereka dengan cara-cara lain, seperti menghargai saat berbicara atau belajar dari mereka.

Selain itu, soal punahnya senioritas, ada lagi keunikan yang terdapat di SMA Kolese Gonzaga. Setiap pulang sekolah, cewek-cewek di sekolah ini dibiasakan untuk berpamitan dengan melambaikan tangan dan mengucapkan salam ketika pulang sekolah, baik kepada kakak kelas, adik kelas, dan juga teman seangkatan. Jadi, gak ada lagi tuh rasa takut yang berlebihan pada kakak kelas. Kegiatan belajar di kelas pun menyadi lebih nyaman. Mantap!

Editor : Rian Sidik (old)