Pat Smear Mengenang Masa Di Nirvana

Kamis, 29 Agustus 2013 | 15:12
Adhie Sathya

Pat Smear Mengenang Masa Di Nirvana

Menyambut rilisnya reissue In Utero, mantan touring guitarist Nirvana, Pat Smear menceritakan masa-masanya saat tergabung di band pimpinan Kurt Cobain tersebut. Mulai dari dilupakan, sampai tur terakhir Nirvana sebelum bubar.

Pada bulan September tahun 1993, Smear memainkan pertunjukan pertama dengan Nirvana, membawakan "Heart-Shaped Box" dan "Rape Me" di Saturday Night Live. "Saya ingat hari pertama latihan di studio SNL, mereka lupa saya," katanya dikutip dari Rolling Stone, tertawa. "Beberapa jam kemudian, seseorang menelepon saya dan bilang, 'Oh, kita terbiasa untuk dengan tiga orang, maaf!'"

Pada musim gugur tahun itu, Nirvana menggelar tur yang menjadi tur terakhir mereka. "Itu bagus, tapi itu juga stres. Kamu tahu, saya harus belajar banyak lagu," kata Smear. "Lalu saya cukup mabuk di pertunjukan pertama yang kita lakukan, dan sepertinya ada saraf yang hilang."

Meskipun tragedi mengakhiri band itu beberapa bulan kemudian, Smear mengaku kenangan di Nirvana sebagian besar positif. "Pengalaman Nirvana saya jauh berbeda dari tiga orang lainnya," katanya. "Bagi saya, itu benar-benar baru dan menarik. Saya hanya seorang pria dari sebuah band punk rock, dilemparkan ke dalam hal seperti ini sangat besar. Ada periode gelap juga. Tapi tidak ada awan gelap di atas semua."

Editor : Adhie Sathya