10 Film Bencana Wajib Tonton Jelang 21 Desember 2012

Rabu, 19 Desember 2012 | 14:32
Rian Sidik (old)

10 Film Bencana Wajib Tonton Jelang 21 Desember 2012

Banyak yang percaya anggal 21 Desember 2012 mendatang merupakan tanggal yang bersejarah untuk peradaban manusia. Ramalan suku Maya yang menyebutkan bahwa kehidupan di dunia akan berakhir cukup menarik perhatian banyak kalangan.

Karena pada hari itu, menurut kalender suku Maya, Matahari terletak di rasi Sagittarius. Jauh di belakangnya, ada pusat Galaksi Bimasakti yang memiliki lubang hitam bermassa 4 juta kali massa Matahari. Kesegarisan bumi, matahari, dengan pusat galaksi ini dituding akan mengoyak matahari dan anggota tata surya lain. Gaya pasang surut dari pusat Galaksi dianggap akan makin besar karena Matahari sedang di bidang galaksi.

Isu tersebut sangatlah mempengaruhi kehidupan masyarakat bumi. Tidak terkecuali dengan industri perfilman Hollywood. Sudah banyak film-film besar yang mengangkat kisah-kisah heroik para pemainnya dalam bertahan dari sebuah bencana bahkan akhir dari kehidupan di dunia. Dan berikut 10 film bencana terbaik versi Hai Magazine.

10. Melancholia

Suku Maya percaya bahwa saat bumi mengalami kiamat besar nanti, sebuah planet misterius bernama Nibiru akan menjadi salah satu penyebab kehancurannya. Kisah ini mungkin menjadi salah satu alasan Lars von Trier menggarap. Melancholia.

Dibintangi aktris Kirsten Dunst, Charlotte Gainsbourg dan Kiefer Sutherland, film drama berdurasi 130 menit ini bercerita tentang Justine, seorang anak muda yang sangat ketakutan akan terjadinya kiamat ketika Melancholia menabrak bumi.

Film ini dibagi ke dalam dua bagian. Bagian pertama mengangkat kisah Justine jauh sebelum kiamat terjadi dan di bagian kedua menceritakan kisah tentang Justine yang mulai memperlihaatkan ke semua orang bahwa dunia benar-benar akan kiamat sebelum pada akhirnya Melancholia menghantam bumi.

Film ini dirilis pada 26 Mei 2011 lalu dan sempat diputar pada Festival Film Cannes, Prancis.

9. The Perfect Storm

Film drama bencana garapan sutradara Wolfgang Patersen ini sempat menuang kontroversi ketika dianggap salah menginterpretasikan kisah sebenarnya. Namun tetap, film ini cukup meraih kesuksesan dengan meraup dua nominasi Oscar pada 2001 lalu.

Mengangkat kisah kapal ikan komersial, Andrea Gail yang mengikuti ekspedisi mengarungi lautan antartika, film ini disutradarai oleh Wolfgang Petersen dan dibintangi dua aktor besar, George Clooney dan Mark Wahlberg. Film ini pun diadaptasi dari kisah nyata para kru kapal Andrea Gail yang karam diterjang ombak pesat saat bencana The Perfect Storm terjadi di tahun 1991.

Dibumbui drama dan kisah-kisah heroik para kru kapal tersebut dan para penyelamat, The Perfect Storm menyisipkan sebuah pesan untuk para penontonnya untuk jangan pernah menyepelekan alam.

8. Earthquake

Salah satu film Hollywood yang mampu meraih penghasilan berlipat-lipat ini menjadi film bencana terbaik versi Hai Magazine selanjutnya. Mengambil setting di Los Angeles, film yang disutradarai oleh Mark Robson mengangkat kisah persiapan warga dalam menyelamatkan diri dari gempa bumi besar.

Akibat dari gempa tersebut, waduk Mulholland yang semula baik-baik saja rusak karena gempa. Kerusakannya tersebut memberikan bencana kedua untuk kota Los Angeles dan meluluhlantakkan semua yang dilewatinya.

Film ini juga mengambil beberapa sudut pandang pemainnya yang nantinya menyatu paska gempa bumi tersebut. Dibintangi Charlton Heston, Ava Gardner, George Kennedy, Lorne Greene dan Geneviève Bujold, film ini sangat sukses dengan total pemasukan sebesar 79.6 juta dollar.

7. Dante's Peak

Eksplorasi kekuatan besar sebuah gunung berapi menjadi fokus utama sutradara Roger Donaldson dalam menggarap satu film drama petualangan, Dante's Peak. Dibintangi Pierce Brosan, Dante's Peak diproduksi langsung oleh Universal Pictures.

Pada awal film, penonton sudah disuguhkan dengan kematian rekan kerja dari karakter utama, Dr. Harry Dalton yang terkenal runtuhan lava pijar yang dilontarkan sebuah gunung berapi. Beberapa tahun kemudia, Dalton yang merupakan seorang ahli volkanologi ini dikirm untuk mengamati perkembagan gunung Dante di Kolombia.

Selama kunjungannya tersebut, Dalton bertemu dengan Rachel dan kedua anaknya sebelum gunung Dante meletus. Kepanikan pun terjadi ketika awan panas meluncur ke kota tersebut dan mengejar warga serta Dalton yang berusaha menyelamatkan diri.

Film ini dirilis pada 7 Februari 1997 dan meraup keuntungan sebesar 178 juta dollar.

6. Volcano

Bayangkan apa jadinya kalau sebuah gunung berapi yang bangkit dari tidurnya meletus dari bawah tanah di sebuah kota sebesar Los Angeles? itu yang coba Mick Jackson gambarkan dalam film Volcano.

Film berdurasi 104 menit ini mengangkat perjuangan warga Los Angeles menanggulangi dan menyelamatkaan diri dari bencana meletusnya gunung bawah tanah bernama Wilshire. Dr. Barnes menjadi karakter utama yang berusaha mencari jalan keluar untuk membelokkan gelontoran lahar panas.

Film ini berakhir ketika satgas penanggulangan bencana Los Angeles mampu mengalihkan lahar panas menjauh dari kota dan berhenti di sebuah pantai sebelum membeku. Segi grafis, film in patut mendapatkan rating A karena beberapa adegan dibuat nyata seperti hancurnya gedung yang dilewati lahar panas.

Film ini dibintangi oleh Tommy Lee Jones, Anne Heche, Gaby Hoffmann, Don Cheadle dan Jacqueline Kim dan dirilis pada 1997 lalu.

5. Twister

Fenomena angin tornando yang ganas bukan hal yang baru lagi untuk warga Amerika Serikat. Kecepatan angin yang mampu menyentuh 300 km/jam ini menjadi hal yang paling ditakuti hingga kini.

Demi mengatasi masalah ini, dua pemburu tornando, Bill and Jo Harding bergabung untuk memasang sistem peringatan Tornado di bawah pusat pusaran. Mereka pun harus berhadapan dengan tornando dengan level bahaya F5.

Film Twister ini disutradarai oleh Jan de Bont dan dibintangi oleh Helen Hunt Bill Paxton, Jami Gertz dan Cary Elwes. Hanya bermodalkan 92 juta dollar, Warner Bros dan Universial Pictures mampu meraup 494,4 juta dollar dan sempat dinominasikan untuk beberapa kategori Oscar pada 1996 lalu.

4. Independence Day

Secara ilmiah, kiamatnya bumi ini juga bisa disebabkan oleh invasi mahluk luar angkasa atau yang lebih dikenal dengan alien. Meski belum ada yang mampu membuktikan keberadaan alien, Roland Emmerich bersikeras untuk membuat film dengan objek invasi alien. Dibintangi oleh Will Smith, Jeff Goldblum

Bill Pullman, Margaret Colin, Vivica A. Fox dan Mary McDonnell, Independence Day mengangkat kisah perjuangan warga Amerika Serikat dalam memerdekkan diri mereka untuk kedua kalinya setelah sebuah kapal induk alien besar mengurung seluruh kita New York dengan ancaman serius.

Film ini berakhir ketika satuan armada udara Amerika Serikat mampu melumpuhkan kapal induk tersebut dengan meledakkannya. Pengorbanan para pahlawan jadi satu pesan dalam film ini yang memang ditujukkan untuk merayakan hari kemerdekaan Amerika Serikat.

Film Independence Day ini sukses menjadi film dengan efek terbaik di Oscar 1996 dan mampu meraup pemasukan sebesar 814,4 juta dollar. Karena kesuksesannya di Box Office, Independence Day sempat menjadi film terlaris kedua pada saat itu.

3. Deep Impact

Tumbukan komet dengan bumi pernah memusnahkan peradaban dinosaurus beberapa juta tahun yang lalu. Seorang astronom amatiran berhasil menemukan komet yang mengarah ke bumi. Namun belum sempat melaporkan hal tersebut, dirinya tewas dalam sebuah kecelakaan.

Setahun kemudian, komet tersebut semakin mendekat dan NASA pun mengirimkan peringatan kepada pemerintahan Amerika Serikat untuk segera melakukan tanggap bencana. Sebuah gua besar pun dipersiapkan untuk menampung jutaan warganya dan Nasa mengirimkan sejumlah awak Messiah untuk membelokkan komet tersebut.

Namun semuanya seakan terlambat karena komet sudah terlalu dekat. Dengan segala upaya, pesawat yang dikirim NASA untuk membelokkan komet tersebut hanya mampu memecahnya dengan menabrakkan diri. Hasilnya pun bisa diminimalisir.

Setibanya di bumi. komet tersebut menghantam lautan dan menciptakan gelombang tsunami raksasa yang siap menyapu. Film ini pun diakhiri dengan pidato Presiden Amerika Serikat paska bencana tersebut. Film ini disutradarai oleh Mimi Leder dan dibintangi oleh Robert Duvall

Téa Leoni, Elijah Wood, Vanessa Redgrave, Maximilian Schell, Morgan Freeman, Leelee Sobieski. Diliris pada 8 Mei 1998, film ini mampu meraup keuntungan sebesar 349,4 juta dollar.

2. Armageddon

Akting total tiga bintang Hollywood, Bruce Willis, Ben Affleck dan Billy Bob Thornton menghiasi film drama bencana garapan Michael Bay ini. Mengambil tema serangan asteroid ke bumi, Bay mampu menciptakan film fiksi yang sangat fenomenal.

Dengan modal bujet sebesar 140 juta dollar, Armageddon sempat menjadi film terlaris di tahun 1998 menggeser film perang Steven Spielberg, Saving Private Ryan. Tak salah, dengan grafis menganggumkan sempat disebut-sebut sebagai film inspirasi untuk NASA apabila hal serupa terjadi.

Film ini mengangkat upaya NASA untuk menghancurkan asteroid sebesar kota Texas yang sedang menuju ke bumi. NASA pun memanggil mantan astronom mereka, Harry Stamper untuk menjalani misi penyelamatan ini.

Setelah berhasil mengumpulkan para kru, NASA meluncurkan dua pesawat luar angkasa, Freedom dan Independence yang dilengkapi dengan kendaraan bor, Armadillos. Kedua pesawat tersebut melakukan perjalanan yang tidak mulus.

Sempat mengalami masalah saat mengisi bahan bakar di stasiun luar angkasa, misi ini membunuh seluru kru pesawat Independence yang mengalami kebocoran dan menghantam asterodi tersebut. Namun pesawat lainnya, Freedom sukses menjalani misi dan kembali ke bumi dengan selamat meski harus mengorbankan sang kapten, Harry.

1. 2012.

Kisruh kiamat 2012 menjadi topik bahasan Roland Emmerich dalam film bencana terbarunya, 2012. Ramalan suku maya yang mengatakan alam semesta akan berakhir pada 2012 berhasil digambarkan secara detail oleh sang sutradara.

Film ini sempat dituduh mempertajam isu tersebut dan ditentang berbagai banyak pihak karena menciptakan keresahan. Namun semuanya pun dijawab langsung oleh Emmerich dengan tangan dinginnya memoles film ini di mana akhir cerita bumi sama sekali tidak mengalami kiamat akhir dunia.

Dibintangi oleh John Cusack, Chiwetel Ejiofor, Amanda Peet, Oliver Platt dan Thandie Newton, 2012 mengangkat kisah ancaman besar dunia ketika kerak bumi telah lapuk akibat aktivitas badai matahari.

Lempeng-lempeng bergerak tidak menentu dan menciptakan beberapa gempa besar di seluruh dunia. Amerika Serikat yang tidak siap menghadapi bencana ini, luluh lantak dengan letusan gunung berapi Yellowstone yang sangat dasyat.

2012 lebih spesifik menggambarkan perjuangan Jackson Curtis yang berusaha menyelamatkan keluarganya dari terjangan bencana di mana-mana. Mereka berusaha untuk mencapai Cina di mana beberapa kapal besar disiapkan untuk menampung jutaan orang yang siap membayar untuk selamat.

Dibumbui dengan drama dan ketegangan yang tidak ada hentinya, 2012 sukses menghentak Box Office dengan raupan penghasilaan sebesar 769,6 juta dollar sejak dirilis pada 13 November 2013 lalu. Film ini diproduksi oleh Columbia Pictures dan Centropolis Entertainment.

Editor : Rian Sidik (old)