Ini Dia Emoticon Tertua

Sabtu, 30 Oktober 2010 | 04:00
Sekar Seruni (old)

Ini Dia Emoticon Tertua

Kalau selama ini kita berpikir emoticon muncul di era internet, pandangan itu harus kita ubah. Sebab ternyata umurnya jauh lebih tua dari kita.

1400-anNaskah Kuno. Bentuk simpel dari muka dan ekspresi wajah mulai digambar di naskah-naskah kuno untuk memberi penekanan emosi pada sebuah teks.

1881Puck Magazine. Majalah humor, satire, dan komik asal Amrik ini pernah memperkenalkan emoticon sederhana menggunakan simbol-simbol bergaya seni ASCII (seni membuat tampilan visual yang dibangun dari susunan karakter komputer, ASCII: American Standard Code for Information Interchange).

1953Lili Movie Advertisement. Sebuah iklan film Lili di koran New York Herald Tribune (M10 Maret 1953) tertulis: TODAY YOU'LL LAUGH :-) YOU'LL CRY :-( YOU'LL LOVE <3 LILI.

1971Smiley. Emoticon berbentuk senyum pertama yang muncul. Berbentuk lingkaran kuning dengan ekspresi senyum datar. Koran di Paris France Soir menggunakan bentuk ini di beberapa artikel untuk menyebutkan ekspresi senang atau hal positif.

1972Plato Operating System. Sebuah sistem komputer edukasi bernama Plato menggunakan grafik ekspresi muka di forum penggunanya.

1982Emoticon Internet Pertama. Scott Fahlman, insinyur komputer dari kampus Carnegie Mellon, Ohio, Amrik, menulis pesan di message board situs kampusnya. Dalam pesan tertanggal 19 September 1982 pukul 11.44 itu muncul kode-kode yang kita beri nama emoticon sekarang.

From: Scott E Fahlman. I propose that the following character sequence for joke markers: :-) Read it sideways.

Editor : Sekar Seruni (old)