10 Musisi Paling Berpengaruh dari Era 80-an

Sabtu, 02 Agustus 2014 | 02:37
iamalvin

10 Musisi Paling Berpengaruh dari Era 80 an

Tahun 80-an sangat menyenangkan. 80-an dimulai dengan akhir dari disco dan berakhir dengan munculnya hip hop. Beberapa musisi sangat identik dengan era 80-an. Bahkan banyak juga album masterpiece muncul di era ini.

Nah, tanpa bermaksud untuk mencari siapa yang terhebat, berikut 10 musisi 80-an yang paling menginspirasi era setelahnya, versi HAI tentunya. Cek, yuk!

Metallica

Haram hukumnya kalau nggak masukin Metallica di list ini. Hampir semua band metal modern berkiblat kepada mereka dan Metallica memang layak mendapatkannya.

Influenced: Trivium, Black Tide, Bullet For My Valentine

U2

Selain menjual jutaan keping album, sound gitar atmosferik khas The Edge, vokal Bono, dan lagu sederhana namun kuat milik U2 jadi warisan musik dunia. Coldplay, Live, Elbow, jelas banget terinspirasi sama mereka.

Influenced: Coldplay, Elbow, The Killers

REM

Mereka membawa, musik dari Athens, Ga. menjadi sorotan nasional, memperoleh ribuan penggemar setia di Universitas, dan menanam benih untuk revolusi alt-rock di tahun 1990-an. Nirvana mengaku sangat menggemari REM.

Influenced: Nirvana, Travis, The Cranberries

Michael Jackson

Musisi R & B dan hip-hop era ini berhutang banyak kepada Jackson. Tariannya, musiknya, dan penampilannya menjadi motivasi banyak penyanyi di dunia.

Influenced: Justin Timberlake, Justin Bieber, Pharrell

Run-DMC

Sugarhill Gang dan Grandmaster Flash mungkin yang pertama, tapi kelompok yang benar-benar membawa hip-hop ke permukaan adalah Run-DMC. And they deserved it. Hey, mereka juga bisa dibilang menemukan hiprock atas kolaborasinya dengan Aerosmith.

Influenced: Wu-Tang Clan, Public Enemy, Beastie Boys, Kanye West

Madonna

Dia mungkin salah satu dari 5 musisi yang paling populer sepanjang masa. Ia telah menjadi bunglon musik, mengubah penampilan dan musik dengan mudahnya. Dan ia melakukannya jauh sebelum Lady Gaga atau Katy Perry.

Influenced: Lady Gaga, Britney Spears, Katy Perry

Guns N' Roses

Pada tahun 1987, classic rock sudah mati, dan hard rock serta heavy metal sedang koma. Kemudian datang GN'R yang meniupkan kehidupan baru ke dalamnya, mengadopsi keliaran punk rock, keangkuhan The Rolling Stones, dan riff rock klasik yang tersisa. Wajar kalau mereka pernah dijuluki The World's Most Dangerous Band.

Influenced: Avenged Sevenfold, Steel Panther, Asking Alexandria, The Darkness

The Smiths

Brit pop dan indie pop takkan semenarik sekarang kalau tak ada The Smiths. Dan kayaknya legacy band pimpinan Morrissey ini nggak perlu HAI jelasin lagi.

Influenced: Suede, Oasis, Keane, Jeff Buckley

Sonic Youth

Tak ada band lain yang bisa mengawinkan guitar chaos, feedback, dan punk rock seperti Sonic Youth. Dan mereka hadir sebelum Nirvana.

Influenced: Nirvana, Blonde Redhead, Beck

Whitney Houston

Dia mewarisi imej diva dari Aretha Franklin dan Diana Ross dan membawanya ke tempat baru baru. Mariah Carey, Beyonce dan Rihanna berhutang budi kepada Whitney.

Influenced: Mariah Carey, Rihanna, Jennifer Lopez

Honorable mentions: The Cure, The Pixies, The Replacements, Prince, Pixies, New Order, Black Flag

Editor : Alvin Bahar