10 Band Bandung Berbahaya PART I

Selasa, 12 Agustus 2014 | 10:48
Rian Sidik (old)

10 Band Bandung Berbahaya PART I

Kalau ngomongin skena underground band lokal dari kota kembang, dijamin kita nggak bakalan kehabisan bahan obrolan. Soalnya, ibukota provinsi Jawa Barat ini emang dikenal sebagai 'penghasil' band-band keren.

Coba, deh, tanya sama oom atau abang kita perihal PAS Band yang di era 90-an tercatat sebagai salah satu pioner band indie yang merangsek masuk ke jalur major label. Selain itu, ada juga cerita dari band-band cadas yang lahir dari Ujung berung seperti Jasad atau Burger Kill misalnya.

Belum lagi masa-masa kejayaan band Bandung lainnya, mulai dari Puppen, Pure Saturday, Koil, The SIGIT, Mocca, Rosemary, Rocket Rockers, hingga band-band keren lainnya, yang berasal dari Bandung, dan mampu membawa warna baru bagi industri musik Indonesia di eranya masing-masing.

Yap, di setiap era, ada wakilnya. Saat ini, Bandung nggak pernah berhenti 'memproduksi' band-band keren berkualitas, yang nggak menutup kemungkinan nantinya mereka bisa sebesar atau bahkan melibihi para senior mereka, yang telah HAI sebutkan di atas.

Kebetulan di edisi 31 yang terbit mulai hari Senin (11/8) minggu ini, HAI membahas tentang perjalanan band-band Bandung yang sepak terjangnya patut 'diwaspadai'. Jadi, kalau ingin membacar tentang pergerakan band Bandung lebih detail, silahkan membaca selengkapnya di majalah minggu ini, yah!

Nah, kalau sekarang, HAI akan memilih 10 band 'muda' asal Bandung, yang telah kami amati dalam beberapa waktu terakhir, dan kami anggap mempunyai potensi untuk bisa melanjutkan perjuangan senior-senior mereka terdahulu.

Mungkin sudah banyak diantara kalian yang pernah mendegar nama band-band ini, atau ada yang belum sama sekali, itu nggak jadi masalah.

Intinya, sih, di sini HAI hanya ingin berbagai, buat yang belum mengetahui. Kalau belum ada band yang kami tampilkan di sini, kasih saran aja, yah. Biar selanjutnya kami pantau. Santai, dong, bantu HAI? Hehehe...

Oke, nggak usah kelamaan ngomong lagi, langsung cek, deh, daftar 10 Band Bandung berikut ini.

Band ini sebenarnya bukan band yang benar-benar baru, tercatat, mereka sudah nongol sejak tahun 2010 lalu. Tapi, Billfold pantas dibilang sebagai salah satu band terdepan, yang saat ini mewakili regenerasi dalam skenal lokal Bandung.

Oh, iya, band yang digawangi oleh Gania (Vokal), Ferrin (Bas), Angga (Gitar), dan Pam (Drum) ini, baru saja merilis album pertama mereka yang bertajuk Brave. Nggak lama setelah album ini rilis, mereka langsung menggeber Brave Tour hingga ke Jawa, Bali, hingga Lombok!

Cuma itu aja? Ya jelas nggak, lah! Kuartet pengusung Pop Punk yang juga kental nuansa Hardcorenya ini juga akan merilis EP dalam bentuk kaset dan vinyl 7 inch. Selain itu, agenda Brave Tour jilid dua juga akan berlanjut hingga ke Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

Dashyat nggak, tuh? Mau kenal Billfold lebih lanjut? Langsung aja follow @billfoldx, atau pantengin dulu deh aksi mereka di video klip ini.

Lagi-lagi deretan band 'muda' Bandung baru saja mengeluarkan amunisi teranyar mereka. Setelah Billfold, salah satu unit deathcore asal bandung, Revenge The Fate juga baru saja merilis album perdana mereka, Redemption!

Pergerakan mereka dikancah underground Bandung cukup oke, perlahan namun pasti, mereka cukup cepat menanjak. Di mulai bermain sejak tahun 2009 dalam gigs-gigs di seputaran Bandung, akhirnya Anggi (Vokal), Cikhal (Gitar), Sona (Bas)/vokal), dan Zakhy (Drum) sukses menembus panggung festival bergengsi di Bandung, seperti Hellprint dan Bandung Berisik.

Gokilnya lagi, band pemiliki akun twitter @REVENGETHEFATE ini hampir tiap akhir pekan selalu ada jadwal manggung!

Terbentuk sejak tahun 2010, band ini dibangun oleh tiga orang bernama Vinsensius (Gitar/Vocal), Syahroni (Bas) dan Dinar (Drum/Vokal), dan memainkan musik bernuansa kelam, raungan distorsi gitar yang berat, buat yang nggak biasa dengerin musik kaya gini, pasti bakal bosen.

Tapi, kalau yang pada dasarnya suka musik musik dari band-band seperti Isis, Cult Of Luna, atau Converge, pasti bakalan naksir juga sama musik dari SSSLOTHHH. Agak sulit dijelaskan secara gamblang musikdari band yang menyebut alliran mereka Atmospheric/Sludge metal ini.

Ya, ambience musik yang mereka lontarkan, pas banget buat nemenin ngelamun, tapi jangan salahin HAI kalau jadi 'kerasukan', hahaha! Asal jangan sambil galau ye, dengerinnya, nanti tambah suram, hehehe....

Band ini mulai berjuang dari tahun 2009, diperkuat oleh Raden Riski (Gitar/Vokal), Fadli Julistia (Gitar), Reddy Handani (Bas), dan Yuda Dwidatama (Drum). Saat ini, mereka mulai rajin terlihat di berbagai panggung pensi dan acara di sekitaran Bandung.

Kalau ngedengerin musik dari kuartet ini, sekilas akan mengingatkan kita akan Rocket Rockers. Soalnya, suara sang vokalis emang mirip suara Aska banget sih. Ya, maklum, ternyata mereka memang masih bersaudara, hehehe....

Penasaran sama Hoolahoop? Cek langsung video klip mereka bersama Aska Rocket Rockers.

Kalau ngomongin soal band emo dari Bandung, setelah Alone at Last atau Jolly Jumper, nama For Revenge pantas dikedepankan, sebagai salah satu punggawa emo asal Bandung yang lagi hits saat ini.

Band yang baru saja ditinggal sang basis ini sukses memadukan musik dari Saosin sampai Funeral for a Friend, yang jujur aja sangat kerasa dari lagu-lagu mereka. Boniex (Vokal), Hagie (Gitar), Arif (Gitar), dan Arie Chimot (Drum), sampai saat ini telah merilis dua buah full album, Fireworks (2011) dan Second Chance (2013) dan banyak album kompilasi.

Karakter vokal Boniex juga turut berperan untuk membangun karakter band ini, ya, sekilas suara Boniex bakal nginetin kita sama suara vokalis A Skylit Drive. Setuju, nggak? Langsung cek aja deh mendingan ya.

10 BAND BANDUNG BERBAHAYA PART II

15 BAND ROCK INDONESIA PALING BERPENGARUH PART I

15 BAND ROCK INDONESIA PALING BERPENGARUH PART II

Editor : Rian Sidik (old)