4 Fakta tentang Susu Kental Manis

By Gisela Niken, Rabu, 24 Februari 2016 | 06:10 WIB
4 Fakta tentang Susu Kental Manis (Gisela Niken)

Tabloid-Nakita.com – Susu kental manis merupakan salah satu produk olahan susu yang mudah ditemui. Harganya yang terjangkau membuat susu kental manis sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Namun, ada beberapa hal yang Mama perlu tahu sebelum mengonsumsi susu kental manis.

1. Tidak cocok untuk anak di bawah 5 tahunKandungan gulanya yang sangat tinggi menjadi alasan mengapa susu kental manis tidak boleh dikonsumsi anak usia di bawah 5 tahun. Kandungan gula dan lemak ini dapat memicu obesitas pada anak karena dapat meningkatkan kandungan gula di dalam darah. Selain itu, kandungan gula dan lemak yang tinggi dapat menyebabkan batuk. Gula dan lemak berlebihan akan meninggalkan lendir di tenggorokan yang menghambat saluran pernapasan. Anak pun batuk untuk membuat tenggorokan terbebas dari lendir.Baca juga: Hanya Mau Minum Susu 

2. Tahan panasBerbeda dengan susu UHT atau pasteurisasi, susu kental manis merupakan jenis susu yang tahan terhadap panas. Mama yang ingin mengonsumsi susu dengan suhu yang panas dapat mencampurkan susu kental manis dengan air panas. Gula yang tinggi di dalamnya melindungi vitamin serta kandungan gizi lainnya yang terkandung dalam susu kental manis. Gula tersebut juga berfungsi sebagai pengawet agar susu kental manis tahan disimpan hingga 6 bulan.

3. Harus diolah dengan tepatGula yang tinggi membuat Mama perlu cermat saat mengonsumsi susu kental manis. Jangan sampai makanan atau minuman Mama jadi terlalu manis. Makanan penutup seperti puding menjadi makanan yang pas jika dicampur dengan susu kental manis. Susu kental manis lebih baik digunakan sebagai pelengkap saja, seperti tambahan untuk martabak atau es buah. Jika membutuhkan susu sebagai bahan dasar masakan, Mama bisa menggunakan susu cair saja.  Baca juga: Mengenal Aneka Jenis Susu 

4. Dapat mempercantik kukuKandungan vitamin dalam susu kental manis bisa merawat beberapa bagian tubuh. Mama bisa menggunakan susu kental manis untuk membuat kuku terlihat cantik dan sehat. Caranya cukup mudah. Campurkan satu sendok susu kental manis dengan air hangat. Rendam kuku selama tiga menit kemudian bilas. Untuk lebih hasil maksimal, Mama bisa menggunakan susu full cream.

Itu dia tadi beberapa hal yang Mama perlu tahu sebelum mengonsumsi susu kental manis. Susu jenis ini baik untuk dikonsumsi, asal tidak berlebihan.(Niken/Dari berbagai sumber)