Dua Pekan Masuk Sekolah Jam 5 Wita, Kehadiran Siswa Diklaim Membaik

Jumat, 17 Maret 2023 | 13:48

Sekolah Jam 5 Pagi Tuai Kritikan, Kepsek dan Siswa di Kupang Lanjut Demi Kedisiplinan

HAI-Online.com-Dua pekan pelaksanaan sekolah pukul 05.30 pagi yang dilaksanakan para pelajar Kelas XII SMA/SMK di NTT rupanya mendapat pandangan positif.
Kepala SMKN 2 Kupang Welem Kana menyatakan, sejak menerapkan jam sekolah bagi pelajar Kelas XII pukul 05.30 Wita pada tanggal 6 Maret 2023 hingga saat ini ada perbaikan tingkat kehadiran.
Menurutnya hasil evaluasi di sekolahnya telag menunjukkan tingkat kehadiran pelajar dan guru yang tadinya mencapai 40 persen kini telah naik dua kali lipatnya.
Kendala awalnya, dijelaskan Welem lagi, dulu banyak pelajar yang rumahnya jauh dari sekolah, karena sejak penerimaan pelajar di SMK tidak ada ketentuan zonasi, dan tentunya berbeda dari SMA yang menggunakan sistem zonasi.
Baca Juga: Keseruan Training Bareng Komunitas Anak Muda HAI, HAI Troops
"Di SMKN 2 Kupang, ada penentuan di musim pendaftaran pelajar tidak menggunakan sistem zonasi sehingga siapa saja bisa mendaftar, sehingga sebagian pelajar tinggal di luar Kota Kupang, dan masih banyak yang terlambat datang ke sekolah," jelas Welem.

Namun dua pekan berjalan, ada dampak positif dari aturan masuk dan menggelar KBM lebih awal pukul 05.30 Wita.

"Ini membuat siswa sekolah yang masuk pada pukul 07.00 Wita, tingkat kehadiran pelajar dan gurunya naik mencapai 80 persen.

"Dampak positif bagi SMKN 2 Kupang dari pemberlakuan masuk sekolah pukul 05.30 Wita, kehadiran pelajar Kelas XII dan guru juga lebih awal mencapai 80 persen, sehingga kedepannya kami akan menerapkannya bagi pelajar Kelas X dan XI," tambah Welem.

Sementara Kepala SMAN 1 Kupang, Marselina Tua mengatakan sejak pemberlakuan jam masuk lebih awal pukul 05.30 Wita, para pelajar Kelas XII berusaha datang lebih awal dari biasanya.

Bahkan hasil evaluasi bersama menunjukkan tingkat kehadiran para pelajar mencapai 90 persen dan mendapat respon positif baik dari para pelajar maupun guru.

Selain itu, jam masuk lebih awal pukul 05.30 Wita, para pelajar Kelas XII lebih fokus berlatih soal ujian dengan menggunakan aplikasi komputer (Ujian Tulis Berbasis Komputer).

"Belajar pukul 05.30 wita, para pelajar Kelas XII lebih fokus melatih soal-soal ujian dengan menggunakan aplikasi CBT Exam Browser yang berbasis komputer (UTBK) guna mempersiapkan para pelajar untuk mengikuti berbagai tes masuk perguruan tinggi maupun tes lainnya yang ujiannya menggunakan aplikasi berbasis komputer," ujar Marselina.(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya