3 Trik Gunain Fitur Nightography Samsung Galaxy S23 Series 5G yang Bikin Gambar Aesthetic

Rabu, 15 Maret 2023 | 19:00
HAI Online/Nada Aprillia

Menguji kemampuan Nightography dengn Expert RAW Galaxy S23 Series 5G dalam acara Share the Epic Trip by Samsung Indonesia di Kawah Ijen (14/3/23)

HAI-ONLINE.COM – Udah pada tau dong, kalo Samsung Galaxy S23 Series 5G punya peningkatan teknologi Nightography yang mumpuni banget buat lo mengabadikan momen malam hari dengan epic.

Yup, penggunaan Galaxy S23 Series 5G ini bisa banget mendukung lo buat ngambil gambar di malam hari, dengan hasil layaknya karya tangan profesional fotografer tapi dengan cara praktis!

Dalam rangkaian acara Share the Epic Trip by Samsung Indonesia pada Senin (14/3/23), dijelasin juga tuh bagaimana para pengguna Galaxy S23 Series 5G nggak perlu khawatir lagi buat ngambil foto malam hari, yang mana minim cahaya.

Baca Juga: Bukti Jalan-Jalan Epic Bareng Kerennya Kamera Galaxy S23 Series 5G

HAI Online/Nada Aprillia

Menggunakan kemampuan Nightography dengn Expert RAW Galaxy S23 Series 5G pukul 5 pagi dalam acara Share the Epic Trip by Samsung Indonesia di Kawah Ijen (14/3/23)

“Mengambil foto malam hari cenderung lebih sulit karena adanya keterbatasan dalam memaksimalkan sumber cahaya, namun bukan berarti kita tidak bisa mengabadikan momen secara epic."

"Dengan Galaxy S23 Series 5G yang menawarkan peningkatan kemampuan Nightography dengan teknologi Tetra2Pixel yang dilengkapi dengan resolusi kamera terbaik di setiap variannya, serta Expert RAW yang memungkinkan siapa saja mendapatkan foto malam hari ala profesional dengan lebih mudah,” jelas Verry Octavianus selaku MX Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Nah, tapi susah nggak sih penggunaan fitur Nightography ini?

Pada sebuah kesempatan, fotografer Andhika Bayu yang udah membuktikan betapa epic-nya kemampuan Nightography itupun membagikan tiga cara mudah, biar lo bisa mendapatkan foto di malam hari bak profesional dengan menggunakan Galaxy S23 Series 5G.

Pemilihan resolusi kamera

Memang, memotret di kondisi minim cahaya itu cukup challenging ya. Ada kekhawatiran gambar yang dihasilkan itu keliatan redup, banyak noise, dan detail yang kabur.

Bagi Andhika, kemampuan Nightography pada Galaxy S23 Series 5G yang didukung dengan kualitas resolusi 50MP pada Galaxy S23 | S23+ 5G dan Adaptive Pixel 200MP pada Galaxy S23 Ultra 5G, menjadi fitur kunci biar pengambilan gambar lo di malam hari bisa tetap vivid dan cerah dengan effort yang minimal.

Fotografer Adhika Bayu

Menggunakan night mode dengan resolusi 12 MP untuk mengabadikan pemandangan alam dengan detail yang persisi meski dalam kondisi gelap

“Pemilihan resolusi kamera sangat menentukan kualitas foto malam hari. Maka dari itu, waktu pake Galaxy S23 Series 5G, saya selalu mengatur resolusi kameranya sesuai dengan kondisi low light yang dihadapi,” tukasnya.

Nggak lain, hal itu ya tujuannya biar foto malam hari lo jadi punya kualitas yang baik.

Baca Juga: Bocoran Samsung Galaxy S23: Aesthetic Dengan 12 Komponen Eco-material

Apalagi, menariknya Galaxy S23 Series 5G itu udah dilengkapi teknologi Tetra2pixel, jadi lo bisa menghasilkan gambar yang minim noise di setiap kondisi pencahayaan pas malam hari, untuk resolusi kamera apapun yang lo pake.

Berikut ada dua cara yang dipake Andhika dalam memilih resolusi kamera, yang mungkin bisa lo coba.

  • Saat foto malam hari dengan kondisi pencahayaan yang cukup terang, aktifkan mode kamera tertinggi, yaitu 200MP di Galaxy S23 Ultra 5G atau 50MP di Galaxy S23|S23+ 5G.
  • Saat foto malam hari dengan kondisi pencahayaan yang sangat redup atau ada sumber cahaya yang dominan seperti neon, pakai resolusi kamera 12MP sebagai mode default dari tiap model Galaxy S23 Series 5G pada mode malam.
Bermain dengan exposure

Ada kalanya juga saat memotret di malam hari, lo merasakan adanya keterbatasan dalam memaksimalkan sumber cahaya.

Di mana hal itu bikin lo butuh setting kamera yang lebih advanced dalam kondisi low light tertentu.

Nah, di sini Andhika mengatasinya dengan memaksimalkan pengaturan kamera dari Expert RAW untuk manedapatkan foto malam hari yang lebih epic.

Dengan Expert RAW, lo bisa ngatur ISO hingga shutter speed secara manual.

Astrophoto di Expert RAW

Sedikit informasi, dalam rangkaian acara Share the Epic Trip by Samsung Indonesia yang berlokasi di Kawah Ijen, Jawa Timur, HAI dan beberapa temen lain juga berkesempatan untuk merasakan experience dalam membuktikan kemampuan dari kamera Galaxy S23 Series 5G, salah satunya Astrophoto di Expert RAW ini.

Namun, sayangnya kita nggak bisa merekam momen tersebut karena situasi yang kurang mendukung.

Tapi tenang, lo bisa mendengar pembuktian dan trik dari Andhika juga di sini.

Ia sendiri menuturkan bahwa penggunaan fitur Astrophoto di Expert RAW sangat membantunya untuk mengabadikan foto langit penuh bintang yang epic dengan cara praktis.

“Astrophoto ini useful banget untuk memotret langit malam karena punya berbagai tools yang bisa kita maksimalkan, salah satunya Sky Guide yang bisa memandu kita menemukan lokasi rasi bintang dan kelompok bintang dengan komposisi terbaik. Sky Guide ini cepet banget prosesnya, kita gak akan clueless saat membidik perangkat ke langit luas."

Andhika Bayu

Menggunakan Expert RAW untuk mengabadikan keindahan bintang-bintang dengan mode Astrophoto

"Astrophoto ini juga telah dibekali teknologi segmentasi AI dan Multi-frame processing, jadi dia bisa melakukan pemetaan bintang hingga peningkatan detail foto dengan maksimal untuk memastikan hasil tangkapan foto kita jadi epic layaknya pakai perlengkapan profesional,” tutupnya.

So, lo tertarik mencoba tiga trik di atas nggak nih. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya