Sepekan Tuai Kritikan, Aturan Masuk Sekolah Jam 5 Pagi di NTT Berubah Sedikit

Senin, 06 Maret 2023 | 20:15

Apel pagi (baca subuh) di SMAN 1 Kupang.

HAI-Online.com- Nggak ada yang tahu kalo aturan masuk sekolah jam 5 pagi di NTT telah berubah. Pihak pemerintaj setempat dan sekolah SMA sederajat telah memundurkan jam masuk dan memajukan jam pulang siswa.
Seperti pantauan jalannya sekolah diSMA Negeri I Kupang misalnya pada penerapan sepekan aturan masuk jam 5 WITA, Senin (6/3/2023) ini, sekolah tersebut memulai jam pelajar 30 menit mundur dari jadwal semulasetelah banyaknya kritikan dan masukan dari masyarakat.
Aturan yang tadinya mengharuskan siswa SMA/SMK sederajat masuk pukul 05.00 WITA diubah menjadi 05.30 WITA dan jam pulang sekolah pun jadi lebih awal yakni 10.30 WITA.
Baca Juga: 19 Pelajar SMA Kena Razia Main Biliar Pas Jam Sekolah, Disemprot Kadis Pendidikan Malah Bentak
Wakil Kepala SMA Negeri 1 Kota Kupang, Marthen Mail menyebut usai aturan diubah sedikit, jumlah siswa yang hadir tepat waktu saat pukul 05.30 WITA meningkat.
"Dari yang tadinya baru sekitar 19 sampai 20 sekarang udah 30 siswa yang hadir tepat waktu," katanya jumlah itu masih jauh dari total 495 siswa kelas XII yang harusnya ikut jam masuk sekolah pagi demi kedisiplinan.
Kebijakan bagi kelas XII tersebut rupanya berdampak di ruangan kelas yang masih kosong akibat banyaknya siswa yang datang terlambat.
Selain itu, para siswa juga masih kesulitan berangkat ke sekolah karena belum adanha angkutan umum yang beroperasi.Para siswa SMA/SMK di Kupang mengaku masih sulit menyesuaikan waktu jam belajar dan tidur sehingga setelah penerapan kebijakan sekolah jam 5.30 WITA, masih banyak yang masih terlambat dan mengantuk di jam-jam sekitar 08.00 WITA dan 09.00 WITA.Namun, sampai sepekan ini aturan itu masih diberlakukan untuk melihat peningkatan disiplin para siswa SMA sederajat di Kupang. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya