Viral Siswa SMA di Kupang Diminta Mulai Pelajaran Jam 5 Pagi, Gubernur NTT: Sakit tapi Harus

Selasa, 28 Februari 2023 | 09:30
@Keviiinnn08

Kondisi Real PTM di SMA Swasta Jakarta: Kelas dan Tempat Nongkrong pada Kosong

HAI-Online.com-Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Bungtilu Laiskodat membuat video yang viral karena meminta pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Kota Kupang, memulai jam pelajaran mereka pada pukul 05.00 Wita.

Dalam tayangan video berdurasi 1 menit 43 detik tersebuttampak Viktor didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi, meminta para pelajar tingkat SMA/SMK agar membiasakan diri bangun pukul 04.00 Wita.

Gubernur Viktor bilang, para murid SMA segera tidur sebelum pukul 22.00 Wita dan bangun pagi pukul 04.00 Wita.

Baca Juga: Anak Muda Indonesia Bisa Lho Dapetin Noble

Selanjutnya mandi selama setengah jam dan berangkat ke sekolah untuk memulai pelajaran pukul 05.00 Wita.

"Ini khusus SMA kalau SMP tidak," kata Viktor dikutip dari Kompas.com, Senin (27/2/2023) di hadapan para Kepsek SMA dan SMK se Kota Kupang.

Viktor beralasan, sekolah super pagi untuk pelajar SMA di Kupang adalah untuk membangun etos kerja dan agar tidak ada tambahan rombongan belajar.

"Perubahan itu memang sakit. Tapi harus dimulai," kata Viktor yang juga mau menghindari rombongan belajar terbatas di wilayahnya.

Viktor pun bertanya ke kepala sekolah untuk mengubah jam pelajaran dimulai pukul 05.00 Wita dan disetujui para kepala sekolah.

"Di kota kita ubah, sekolah mulai jam 05.00 pagi, setuju tidak kepala sekolah?" tanya gubernur yang dijawab setuju oleh para kepala sekolah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT Linus Lusi yang dihubungi membenarkan adanya video itu.

"Sudah diterapkan mulai hari ini dan SMA Negeri 6 sudah lakukan pagi tadi dan berjalan baik tanpa hambatan," ujar Linus setuju mengubah jam mulai pelajaran siswa SMA tidak lain untuk melatih kedisiplinan pelajar di NTT. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya