Apa itu Rizz? Ini Dia Arti dan Asal Usulnya yang Rame di Media Sosial

Selasa, 27 Juni 2023 | 12:02
memesupreme95 - http://www.redbubble.com/de/people/memesupreme9

rizz

HAI-ONLINE.COM – Tau arti rizz nggak nih? Istilah buatan Gen Z?

Generasi Z atau generasi dengan tahun kelahiran antara 1996-2009 ini, emang cocok banget buat merepresentasikan sesuatu yang kreatif dan ‘beda’.

Hal paling melekat sama generasi ini adalah munculnya banyak ‘slang’ atau bahasa prokem, yang sering mereka gunakan di kehidupan sehari-hari, khususnya di media sosial.

FYI, arti slang sendiri adalah ragam bahasa musiman yang dituturkan sama sekelompok sosial tertentu dalam situasi informal, yang biasa disebut ‘bahasa gaul’.

Salah satunya, terbaru ada istilah ‘rizz’ yang mulai muncul sekitar Desember tahun lalu lewat platform Tiktok.

Mungkin kalimat tersebut nggak asing lo denger di internet, atau bahkan udah sering lo pakai akhir-akhir ini.

‘Rizz’ didefinisikan sebagai kemampuan seseorang buat menarik pasangan, dalam konteks yang ‘romantis’.

Beberapa pengguna berspekulasi kalau kata tersebut adalah kependekan dari ‘charisma’.

Hal ini bisa ditunjukkan lewat pesona atau keberhasilan seseorang ketika mereka lagi flirting sama calon pasangannya menggunakan pick-up line.

Artinya, slang ini sebagian besar digunakan dalam situasi di mana seorang cowok lagi berusaha mendapatkan perhatian dari seorang cewek.

Di samping itu, mengutip dari Urban Dictionary, arti ‘rizz’ sebenarnya adalah momen ketika lo punya kemampuan buat meludahi suatu permainan, dan seberapa menariknya diri lo.

Dengan kata lain, ketika lo mulus waktu melakukan flirting sama seseorang, berarti lo punya ‘rizz’.

Sebaliknya, kalau lo gugup dan malah mengacaukan segalanya setiap kali lo bergerak, artinya lo nggak punya ‘rizz’.

Tetapi seiring waktu, variasi arti dari kata tersebut semakin bermunculan, yakni salah satunya mengacu pada kemampuan seseorang buat mendapatkan ‘minat romantis’ dari orang lain tanpa usaha.

Baca Juga: Jangan Cuma Ikut-ikutan Pake, Nih Arti dari 6 Kata Slang yang Sering Beredar di Twitter!

Terus, dari sih mana asal usul ‘rizz’?

Awalnya, slang ini dipopulerkan sama seorang streamer Twitch asal South Baltimore, Kai Cenat, lebih dari setahun yang lalu, sebelum jadi kata umum di internet.

Mula-mula, dia cuma menggunakan istilah tersebut bareng teman-temannya.

Dalam sebuah wawancara podcast Amerika 'No Jumper Clips’, Cenat mendefinisikan istilah itu untuk dirinya sendiri, yang menurutnya hal itu membutuhkan usaha.

“Rizz adalah ketika lo ngobrol sama seorang cewek, yang pada awalnya nggak sesuai sama apa yang lo mau.”

“Itu kelihatannya buruk banget buat lo, sampai lo meludahi game dan mulai nge-rizz mereka, dan memulai cara yang lo mau,” tutur Cenat dalam podcast tersebut.

Pada tahun 2021, dia sempat mengadakan sebuah kompetisi bareng teman-temannya tentang siapa yang punya rizz paling banyak.

Bahkan, streamer berkebangsaan Amerika ini bikin ‘Akademi Rizz’ di Twitch, di mana dia berbagi tips buat orang-orang yang nggak punya rizz.

Tetapi, sekarang Cenat malah punya hubungan yang rumit sama kata tersebut.

Meskipun dia yang memulai tren hingga dijuluki sebagai ‘God Rizz’, streamer sekaligus anggota grup YouTube AMP ini bilang kalau dia berhenti ngucapin kata tersebut semenjak ‘blow up’ di TikTok dan artinya malah jadi beda.

Selama wawancara No Jumper, dia menjelaskan kalau TikTok udah ngebantai kata tersebut.

Sebagai contoh, dia merujuk kata ‘unspoken rizz’, yakni variasi slang yang digunakan buat seseorang yang sangat attractive, sehingga mereka bahkan nggak perlu ngomong buat menarik ‘minat romantis’.

“Itu nggak benar-benar rizz,” tutur Cenat.

Tag :

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya