Civitas & Alumni dari 6 Kampus Ini Diberi Diskon Tiket KAI, Begini Cara Dapetinnya!

Sabtu, 07 Januari 2023 | 09:40
Andriawan Pratikno

Jadwal Kereta Api Taksaka Tambahan Jakarta Jogja PP Selama Natak dan Tahun Baru 2023

HAI-Online.com- Kabar gembira buat para penumpang KAI jarak jauh, terutama mereka yang pernah belajar dan atau bekerja di 6 kampus ini.

Yap, KAI memperpanjang tarif reduksi yang berarti potongan harga tiket bagi para civitas akademika di sejumlah perguruan tinggi yang bekerjasama.
VP Public Relations PT KAI Joni Martinus mengatakan, fasilitas tarif reduksi tiket KA yang berlaku sejak 2022 kembali dilanjutkan ke 2023 bagi enam kampus berikut.
"PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyediakan tarif reduksi untuk civitas akademika sejumlah perguruan tinggi, dilanjutkan untuk tahun 2023," ujar Joni, dikutip dari Kompas.com, Jumat (6/1/2023).
Baca Juga: Program Indomie untuk Negeri Perbaiki Fasilitas Lapangan dan Kantin di 50 Sekolah
Ia menjelaskan, saat ini KAI memberikan diskon sebesar 10 persen untuk dosen dan tenaga kependidikan UNS, UNPAD, UI, UGM, ITB, dan ITS, serta anggota ikatan alumni UNS, UGM, ITB, ITS, UNY, dan UNAIR.
Bukan tanpa sebab potongan harga tiket ini diberikan KAI, pasalnya nama-nama universitas tersebut telah bekerja sama dengan PT KAI.
"Pemberian diskon ini merupakan sebuah bentuk peningkatan pelayanan yang KAI berikan guna terus memberikan layanan kereta api yang aman, nyaman, dan terjangkau," ujar Joni.
"Harapannya, semakin banyak masyarakat yang bepergian menggunakan kereta api," sambung dia lagi.
Ke depannya, kata Joni, tidak tertutup kemungkinan bahwa akan semakin banyak perguruan tinggi yang akan bekerja sama dengan KAI untuk mendapatkan diskon khusus untuk pembelian tiket kereta api.
Tarif ini berlaku untuk perjalanan KA jarak jauh dan menengah untuk kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif.
Adapun pembelian tiket harus dilakukan melalui aplikasi KAI Access dengan memasukkan nomor reduksi yang telah didaftarkan sebelumnya melalui Loket, Customer Service, atau lokasi lainnya sesuai kerja sama antara KAI dan perguruan tinggi tersebut.
Baca Juga: Siapkan Ini Sebelum Melakukan Perjalanan di Liburan Sekolah dan Akhir Tahun 2022, Banyak Untungnya!
Untuk mendapatkan diskon tarif KA jarak jauh dan menengah, lakukan registration berikut in:
1. Registrasi dilakukan di customer service (CS) stasiun dengan melampirkan:
- Kartu tanda penduduk (KTP)
- Kartu bukti diri sebagai civitas atau alumni perguruan tinggi yang bekerjasama dengan KAI.
2. Bagi civitas wajib memiliki kartu bukti diri sebagai dosen dan tenaga pendidik yang tercantum nomor induk pegawai (NIP) atau nomor induk kepegawaian (NIK).
Sedangkan bagi keluarga alumni perguruan tinggi, wajib memiliki kartu anggota alumni atau kartu anggota digital yang tercantum nomor keanggotaan atau ijazah.
3. Setelah melakukan registrasi di CS, calon pengguna harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi KAI Access. Kamu dapat melakukan registrasi di KAI Access menggunakan NIK sesuai dengan yang terdaftar di CS.
4. Apabila proses registrasi berhasil, pilihan diskon tarif secara otomatis akan tersedia di aplikasi KAI Access.
5. Pilihan menu reduksi hanya bisa didapatkan melalui aplikasi KAI Access, dan tidak dapat diberikan melalui penjualan di loket stasiun.
Sebagai informasi, saat proses boarding dan pemeriksaan di atas kereta, wajib menunjukkan identitas asli atas hak reduksi.
Selanjutnya, pada kereta api yang sama, satu penumpang hanya berhak atas satu tiket dengan tarif reduksi. (*)Artikel ini tayang diKompas.comdengan judul "Ada Diskon Tiket Kereta untuk Civitas dan Alumni 6 Universitas, Ini Cara Daftarnya"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya