PPKM Resmi Dicabut, Pelajar Tetap Perlu Pakai Masker di Sekolah Nggak Ya?

Selasa, 03 Januari 2023 | 09:27

Ilustrasi sekolah SMA di Sumsel

HAI-Online.com- Pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bertepatan dengan berakhirnya masa liburan sekolah.

Lantas bagaimana soal aturan ketat memakai Masker di kelas, pastinya pelajar jadi kebingungan nih harus melepas atau tetap menjaga area pernapasannya?
Soal ini,pemerintah memang tidak lagi mengharuskan penggunaan masker di ruang publik termasuk saat beraktivitas di sekolah.
Baca Juga: Panduan Lengkap Gaya Rambut Cowok yang Anti Kena Razia Gondrong di Sekolah
Namun,spesialis penyakit dalam asal Universitas Airlangga, dr. R.A. Adaninggar Primadia Nariswari, Sp.PD berpendapat bukan berarti sekarang kita benar-benar terbebas dari virus Corona.
"Kalau saya sih tetap mengajarkan anak-anak memakai masker di sekolah termasuk di kelasnya," ujar dokter Ning kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.
Anak-anak sebaiknya tetap memakai masker, demikian ia mengingatkan agar kita sekarang lebih cermat menilai kondisi kesehatan anak-anak dan pelajar sebelum membiarkan mereka berangkat ke sekolah.
"Anak-anak yang sedang mengalami gejala sakit apa pun, ringan maupun berat, sebaiknya jangan masuk sekolah dulu," pesannya.
Menurutnya, hal ini sebenarnya seharusnya sudah diterapkan sejak dulu oleh para orangtua, jauh sebelum pandemi Covid-19 merebak.
Ketika anak sedang tidak enak badan maka sebaiknya menjalani proses pemulihan di rumahnya agar penyakitnya tidak menular ke teman-teman lain.
Baca Juga: Jangan Buru-buru Lepas Masker Saat di Pesawat, Ini Penjelasannya!
"Seharusnya kan sejak dulu begitu ya tapi sekarang konsep ini harus dilakukan," tambah pakar kesehatan yang aktif berbagi di Instagram ini.
Pola hidup sehat, menurut dokter Ning juga harus terus dijaga dengan asupan makanan bernutrisi sehingga imunitas tetap tangguh menghadapi virus. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya