Ini Dia 7 Kolaborasi Kece Antara Brand Streetwear dengan Klub Sepak Bola!

Kamis, 01 Desember 2022 | 21:14
Hypebeast

Kolaborasi yang pernah ada antara brand streetwear dengan klub sepak bola, salah satunya Real Madrid X Adidas X Yohji Yamamoto

HAI-ONLINE.COM – Banyak banget brand streetwear atau fashion yang pernah berkolaborasi dengan klub sepak bola.

Hal itu kayak jadi gambaran, kalo ternyata olahraga satu ini juga dapet dukungan oleh industri fashion.

Karena kalo ditelisik, akhir dekade ini nggak sedikit klub sepak bola melakuka kolaborasi dengan brand-brand tertentu, demi keperluan bisnis industri itu juga tentunya.

Simplenya, ya mereka pengen ngeraup pasar yang lebih luas.

Sama halnya dengan fans sebuah band, penggemar klub sepak bola juga ada yang “gila” dengan barang-barang yang berkaitan dengan kub favoritnya.

Nah, maka dari itu kehadiran produk kolaborasi antara brand streetwear dan klub sepak bola agaknya menjadi suatu hal yang menarik juga bagi mereka.

Di bawah ini, HAI bakal kasih tau 7 kolaborasi yang pernah ada antara brandstreetweardengan klub sepak bola!

Palace X Juventus

Hypebeast

Juventus X Palace

Kolaborasi Palace bersama Juventus menandai usaha lain klub tersebut untuk menjalin kerjasama dengan brand streetwear.

Klub raksasa Italia asal kota Turin itu untuk pertama kali memamerkan hasil kolaborasi tersebut di laga kontra Genoa pada 2019 silam.

Baca Juga: Stüssy x Nike Air Max Penny 2 akan Hadir dalam Colorway 'Black/Green'

Dengan tim yang saat itu dipimpin oleh Cristiano Ronaldo (CR7), terlihat mereka mengenakan training jersey dengan branding Palace, disertai juga Adidas dan Jeep sebagai sponsor utama.

Jersey tersebut berwarna dasar putih dengan aksen warna hijau neon pada logo Adidas dan Jeep.

Dikutip melalui Hypebeast, kolaborasi ini pun merupakan tribute ‘classic Juventus dan adidas 2016 World Cup kits’.

Karena bukan cuma jersey dan training kit, melainkan kolaborasi ini punya berbagai macam koleksi kayak scarves dan topi.

Stussy X Paris Saint-Germain (PSG)

The Sole Supplier

Stussy X Paris Saint-Germain (PSG)

Kolaborasi ini dirilis sebagai bentuk perayaan Stussy untuk peluncuran tokonya di Paris pada awal 2022 kemarin.

Dirancang oleh Mark Lebon kolaborasi Stussy bersama klub bola PSG itu menghasilkan sebuah jersey berwarna biru dongker yang memiliki detail logo Stussy di bagian belakang dan lengan kanan.

Tertulis pada caption Stussy di Instagram, “Stussy Paris Saint-Germain Nike football jersey.”

Dilansir dari Hypebeast, Jersey itu sendiri saat itu cuma bisa diperoleh secara eksklusif di store Stussy di distrik Le Marais, Paris.

Real Madrid X Adidas X Yohji Yamamoto

Hypebeast

Real Madrid X Adidas X Yohji Yamamoto

Dalam rangka merayakan ulang tahun klub ke-120 dan tahun ke-20 collaborative partnership antara Yohji Yamamoto dan adidas, pada Maret lalu Real Madrid dan brand Y-3 pun merilis koleksi terbaru mereka.

Setelah pertama kalinya berkolaborasi dalam seragam ketiga dengan Los Blancos untuk musim 2014/15, kali ini kemitraan tersebut berkembang menjadi koleksi yang lebih luas lagi, dengan adanya perpaduan simbolis antara dinamisme dan kecepatan.

Baca Juga: Tribute Tahun 2007, New Balance x Stray Rats Rilis Sneaker MT580 Lagi!

Seragam hitam putih tersebut dipakai oleh klub bola raksasa asal Madrid itu pada laga El Casico yang berlangsung di Estadio Santiago Bernabeu pada Senin (21/3/2022).

Koleksi itu sendiri menampilkan branding Y-3 serta garis, angka, dan nama yang dilukis dengan tangan.

Untuk koleksi on-pitch, menampilkan atasan hangat, yang dilengkapi dengan Light Shell Anthem Jacket dan Pants.

Adidas X Pharrell X Human Race

wemagazine

Adidas X Pharrell X Human Race

Dalam kolaborasi ini, jersey ikonik Real Madrid, Machester United, Juventus, Arsenal, dan Bayersn Munich didesain ulang oleh Pharrell Williams.

Sedikit informasi, Pharrell emang udah lama dikenal sebagai kolaborator Adidas lewat Human Race yang dipegangnya, yang juga diketahui menghasilkan rilisan sepatu dan pakaian ekslusif.

Nah, pada 2020 lalu Pharrell terlibat dalam proyek sepa kbola dengan raksasa apparel berbasis di Jerman itu.

Koleksi tersebut diberi nama “Human Race Jersey Collection”, yang mana koleksi ini mengambil inspirasi dari jersey ikonik dari kelima klub yang disponsori Adidas, dan didesain ulang ala Human Race.

Setiap jersey didesain ulang dengan lukisan tangan menggunakan cat yang terlihat ekspresif, sehingga jadi keliatan unik gitu.

Nggak cuma desainnya yang dimodifikasi, logo klub dan sponsor klub pun ikut diganti mengikuti estetikanya.

“Sejarah mampu membentuk masa depan, dan kadang untuk ngelihat ke depan pertama-tama kita perlu ngelihat ke belakang. Bagian terpenting dari koleksi ini adalah memperlajari warisan masing-masing klub, untuk ngelihat gimana setiap momen penting dari sejarah klub bisa tercermin lewat perspektif desain,” jelas Pharrell yang dikutip melalui ESPN.

AS Roma X New Balance X Aries

Doc. AS Roma

AS Roma X New Balance X Aries

Baru-baru ini, New Balance sebagai official kit sponsor AS Roma mengajak Aries berkolaborasi untuk ngerilis jersey terbaru mereka.

Walau pun untuk klub Italia, Aries di sini nyoba ngasih pendekatan desain dengan bergaya British luxury streetwear, yang nggak lupa tetep memainkan warna gold and red khas AS Roma.

Baca Juga: Hasil Kolaborasi dengan Mangkunegaran, Persis Solo Rilis Jersey Baru yang Lebih Mewah!

Kolaborasi itu juga menambahkan trademark diagonal marbling dari Aries, yang mana kombinasi itu bakal mereka kasih untuk official “on-pitch” kit.

Nggak cuma itu aja sob, kolaborasi ini antara brand streetwear dan klub sepak bola yang bermarkas di Italia ini juga ngerilis pre-game collection, kayak pre-game jersey, training tracksuit, dan jersey warna metallic silver and gold yang limited edition.

Arsenal X Adidas X 424

Footy Headlines

Arsenal X Adidas X 424

Setelah jadi mitra formalwear Arsenal F.C pada 2019 lalu, brand streetwear 424 yang berbasis di Los Angeles ini pada 2021 kembali berkolaborasi dengan klub Liga Utama Inggris itu dan Adidas untuk koleksi yang lebih casual.

Koleksi ini terlihat menampilkan semburat warna merah, hitam dan “Carbon Grey”. Walau nggak mewakili warna klub, tapi itu mengacu pada arsitektur kandang Emirates Stadium.

Dirilis dalam bentuk kaos latihan, oversize poncho hoodie, sepatu, dan sejumlah aksesoris, koleksi tersebut dipamerkan dalam lookbook yang menampilkan bintang Arsenal saat itu, Alexandre Lacazette, Willian, dan Gabriel.

Napoli X Kappa X Marcelo Burlon

VERSUS

Napoli X Kappa X Marcelo Burlon

Pada 2021 lalu, klub sepakbola Napoli melakukan kolabroasinya bersama Kappa, yang didesain dan dirancang oleh Marcelo Burlon County of Milan.

Jersey khusus tersebut tampil dengan warna gelap dan memperlihatkan desain sayap hijau muda khas Marcelo Burlon di bagian bawah kerah hingga dada.

Untuk jersey kipernya sendiri berwarna kuning, dengan desain sayap yang menampilkan kombinasi warna biru dan hitam.

Selain jersey Napoli, koleksi kolaborasi ini juga menghasilkan produk lain kayak bola dan tas ransel.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya