Kolaborasikan Kurikulum Merdeka dari Kemendikbud & Cisco Akademi, SMK Marie Joseph Diluncurkan

Minggu, 13 November 2022 | 12:10

Pelajar

HAI-Online.com - Sudah diketahui banyak orang, jika para siswa lulusan SMK yang sudah dibekali dengan kompetensi sesuai dengan bidangnya memiliki peluang dua jalan, bisa langsung bekerja ataupun membuka bisnis startup di bidang teknologi dan melanjutlan studinya.

Nah, yang kedua jarang dilakukan banyak pelajar SMK karena kenyataannya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) meski punya peluang yang sama untuk melanjutkan kuliah di kampus yang mereka cita-citakan, bekal pengetahuannya kurang seimbang.

Nah, di era digital dan kemajuan teknologi yang sulit dibendung, mau tidak mau kita yang harus siap menghadapi serangan teknologi digital.

Baca Juga: Keseruan Tiba Tiba Tenis 2022: Dari Chant - Chant Kocak Tiap Supporter sampai Gimik Ebel Cobra Manusia Silver

Hampir dari semua aktivitas harian kita tidak bisa lepas dari dunia digital, dan bayangkan di masa depan, bagaimana semua orang sangat tergantung perangkat-perangkat digital dalam segala aktifitasnya.

“Adanya perkembangan penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari hari yang begitu pesat sementara di sisi lain kurangnya ketersediaan tenaga kerja di bidang teknologi yang tidak dapat mendukung perkembangan penggunaan teknologi ini, maka berdirilah SMK Marie Joseph, yang berada di bawah naungan Yayasan Amal dan Kurban Jakarta,” kata Kepsek Yuvenalis Sira Sabon, di acara peluncuran SMK Marie Joseph di Old Shanghai, Sedayu City.

Yuven menambahkan bahwa perbedaan SMK Marie Joseph yang berada di Kelapa Gading, dengan sekolah lain adalah selain menggunakan Kurikulum Merdeka yang diwajibkan oleh Kemendikbud, SMK Marie Joseph juga menjalin kerja sama dengan Cisco Akademi dan International Design School (IDS) dimana para guru SMK Marie Joseph diberikan training dan materi mengenai teknologi informasi komunikasi, seni dan ekonomi kreatif.

“SMK Marie Joseph ingin berkontribusi kepada dunia pendidikan Indonesia untuk menciptakan lulusan yang siap kerja dan siap melanjutkan kuliah. SMK ini bisa menjadi dasar atau pijakan anak muda yang ingin kuliah di dunia digital dan ekonomi kreatif,” tegas Yuven.

Ada sejumlah keunggulan yangbdibeberkan Yuven jika bersekolah di SMK Marie Joseph , diantaranya kurikulum standar pemerintah yang dikembangkan mengikuti perkembangan teknologi bersama parter Cisco Akademi untuk pengembangan kurikulum Rekayasa Perangkat Lunak dan IDS untuk pengembangan kurikulum Animasi.

Sekolah kejuruan ini juga memiliki perangkat laboratorium yang didukung dari fasilitas yang ada di Cisco Akademi dan IDS, juga tersedia mentorship dari partner Cisco Akademi dan IDS.

SMK ini juga mempunyai kegiatan MJ Club yang mendukung penyaluran hobi, minat dan bakat.

Prospek pembelajaran juga memudahlan peserta didik untuk mendapatkan tempat magang.

Baca Juga: Cegah Pelajar Tawuran Sepulang Sekolah, Bus Antar-Jemput Siswa SMK di Jakbar Dioperasikan

Tentu saja, pelajar SMK ini dapat melanjutkan kuliah ke jurusan yang sama di perguruan tinggi dengan baik karena kurikulumnya sudah disesuaikan dengan kurikulum kampus.

Pelajar juga bisa dapat langsung bekerja di industri yang relevan dengan jurusannya karena kurikulum SMK kita yang sudah dikembangkan bersama partner disesuaikan dengan tuntutan dunia industri. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya