Rutin Perawatan Kulit Sehari-hari, Ini 5 Rekomendasi Skincare Cowok Terbaik 2022

Selasa, 01 November 2022 | 09:50
Sobry HAI

Cowok jalani skincare routine

HAI-Online.com- Soal urusan kulit, nggak cuma cewek, cowok juga tetap butuh perawatan rutin untuk menjaga dan menunjang penampilan.
Walau masih banyak cowok yang belum sadar sepenuhnya akan penampilan mereka, bahkan diantara mereka belum paham dalam memilih skincare yang cocok untuk kulitnya.
Tenang saja, biar terhindar dari kulit kusam dan berjerawat, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV menjelaskan cara gampang untuk memilih produk skincare sebelum membelinya.
Nah, dr. Annisa menyarankan sebaiknya terlebih dahulu cowok mengenali tipe kulitnya untuk memaksimalkan fungsi skincare yang digunakan.
Baca Juga: Baru Mulai Ngerawat Kulit Wajah? Ini 3 Rekomendasi Basic Skincare Cowok untuk Pemula
“Pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui jenis kulit. Selanjutnya, pilihlah produk yang sesuai dengan masalah kulit wajah yang dialami, misalnya berjerawat atau berminyak. Penyesuaian kebutuhan ini perlu dilakukan agar tidak memunculkan masalah baru nantinya,” jelasnya pada Senin (31/10/2022).
Cowok bisa memulai dengan memilih basic skincare, yakni facial wash, moisturizer dan sun protector, di mana menurut dr. Annisa, fungsi darifacial washpada dasarnya adalah mengangkat minyak, kotoran, dan sel kulit mati yang sudah terlepas di permukaan kulit.
Bahan-bahan tambahan yang ada di produk dasar pembersih muka sebenarnya tidak dapat diharapkan khasiat optimalnya apabila skincare yang digunakan hanya facial wash saja, sebab facial wash tidak didesain untuk menempel lama di kulit (yang diperlukan untuk penyerapan bahan aktif).
Akan tetapi, bahan aktif tambahan dalam facial wash setidaknya diharapkan dapat membawa manfaat tambahan pada skincare utama seperti pada facial wash anti-acne dan brightening.
Selain itu, perlu hindari facial wash dengan butir scrub bila kulit sedang meradang akibat acne, kulit kering, sunburn, atau terdapat luka di area wajah, sebab scrubbing dapat memperparah radang.
Redakan dulu peradangan dengan produk skincare anti-radang dan gunakan facial wash khusus yang lembut tanpa scrub untuk kulit sensitif atau facial wash khusus untuk jerawat (bila peradangan karena acne).
“Jadi kalo sudah mencoba berbagai merek facial wash, tetapi belum mendapat hasil maksimal, ada baiknya mencoba produk tambahan seperti serum, moisturizer, dan sunscreen,” kata dr. Annisa.
Baca Juga: Mau Kulit Lo Jadi Lebih Sehat? Simak Nih, 3 Skincare Buat Skin Barrier Rusak
Nah, berikut ini beberapa rekomendasi produk skincare cowok terbaik yang sudah ditinjau dermatovenereologist, dr. Annisa Anjani Ramadhan, SpDV :
5. Garnier Men
Garnier memiliki tiga varian produk berfokus pada masalah kulit wajah yang berbeda, yaitu Turbo Bright untuk melawan wajah kusam, Oil Control untuk melawan kulit berminyak, dan Acno Fight untuk melawan jerawat pada wajah.
Produk-produk dari Garnier bisa didapat dengan mudah di minimarket dan swalayan terdekat dan juga melalui e-commerce. Setiap varian dilengkapi produk seperti face wash, masker, dan serum.
4. Nivea Men
Nivea memiliki produk facial wash, scrub, dan moisturizer. Fokus pada facial wash Nivea berbeda-beda, misal mengangkat sel kulit mati, mengurangi timbulnya jerawat, menyamarkan bintik hitam bekas jerawat, membantu melembutkan kulit, dan mencerahkan kulit.
Kamu perlu membaca deskripsi lebih teliti untuk menghindari salah pilih produk karena Nivea punya beberapa produk facial wash dan scrub, yakni Extra White Dark Spot, White Oil Clear Anti Shine, Acne 8H Oil Clear Acne Defense, Acne Oil Clear Acne, Deep Acne Attack, dan Clean Deep Bright Oil Clear Foam.
3. MS Glow for Men
Merek baru ini menyediakan skincare set, seperti facial wash, serum, bright cream, dan sunscreen spray. Salah satu produknya yang unik adalah Sunscreen Spray MS Glow for Men.
Pemakaian sunscreen membantu melindungi kulit wajah dari Sinar UV A dan UV B serta radikal bebas lainnya.
Yang unik, cara mengaplikasikannya itu mudah hanya dengan menyemprotkannya secara merata ke wajah dari jarak 15 cm.
2. His Erha
Brand Erha merupakan brand lokal yang tidak asing di kalangan wanita, tetapi brand ini memperluas pasarnya dengan membuat produk khusus untuk pria yang diberi nama His Erha.
Merek ini punya dua varian yang bisa dicoba, yakni Booster untuk mencerahkan kulit wajah dan Gentle Acne untuk meredakan jerawat. Setiap variannya terdapat facial wash, essence, dan krim pelembap.
Perbedaan kedua varian tersebut adalah key ingredients masing-masing varian, kandungan niacinamide pada Booster Facial Wash dapat mencerahkan dan meratakan warna kulit, sedangkan Gentle Acne Facial Wash mengandung salicylic acid (BHA) yang membantu mengatasi jerawat.
1. Hauff
Skincare set praktis dengan 3-step saja, yang ampuh mengatasi kulit berminyak, berjerawat, wajah kusam, dan flek-flek hitam bekas jerawat.
Skincare set Hauff terdiri dari Face Wash Oil & Acne Control, Advanced Brightening Serum, dan Face Moisturizer with Sunscreen.
Memiliki active ingredients seperti activated charcoal, salicylic acid, niacinamide, mulberry, dan witch hazel pada face wash-nya yang bisa mengatasi timbulnya jerawat, mengecilkan pori-pori wajah, mencerahkan dan menyamarkan noda hitam, serta mengangkat minyak dan kotoran berlebih secara deep cleansing.
Terdapat pula alpha arbutin & niacinamide pada serumnya yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit kusam dan menyamarkan noda hitam bekas jerawat.
Selain itu, terdapat kandungan vitamin C & collagen untuk meremajakan kulit dan menghilangkan kerutan, serta sodium hyaluronate yang mempertahankan kelembapan kulit secara optimal.
(*)

Editor : Al Sobry