Rekomendasi Lagu Indie 'Koboi Kota', Shaggydog: Bikin Lagu Ini Karena Was-was Kena Klitih!

Senin, 24 Oktober 2022 | 10:19
Press photo

Rekomendasi lagu indie 'Koboi Kota' dari Shaggydog.

HAI-Online.com - Rekomendasi lagu indie kali ini datang dari punggawa musik ska asal Yogyakarta, Shaggydog.

Band yang digawangi oleh Heruwa, Bandizt, Richard, Raymond, Lilik, dan Yoyo itu baru saja merilis single baru berjudul 'Koboi Kota' pada Jumat, 21 Oktober 2022.

Terinspirasi dari fenomena klitih yang sempat ramai di kota Jogja, Shaggydog merekam kisah tersebut menjadi sebuah single apik.

Sebagai informasi, istilah klitih sebenarnya dapat dimaknai sebagai aktivitas berkeliling kota untuk mengisi waktu luang.

Namun pergeseran makna terjadi ketika para pelajar atau anak muda justru menjadikannya momen mencari musuh dan melakukan kejahatan di jalan kepada pengendara motor lain secara acak di malam hari.

Baca Juga: Keren Abis, 2 Rekomendasi Lagu Indie Sajama Cut Dinyanyikan Ulang Sal Priadi dan Lomba Sihir!

Sebagai warga Jogja dan musisi yang sering berkegiatan hingga larut malam, fenomena klitih jadi kekhawatiran bagi para personel Shaggydog.

"Jadi selama bulan puasa itu Shaggydog kan sedang rekaman lagu untuk album baru kami. Sering banget pulang mendekati subuh, tentu saja pulangnya ada rasa was-was kalo nanti dibacok orang dari belakang," ungkap Heruwa.

Kekhawatiran ini kemudian tertuang menjadi sebuah karya berjudul 'Koboi Kota'.

Dalam press release-nya, komplotan ska Gang Sayidan ini mengatakan kalau lagu tersebut merupakan single lepas yang belum pernah dirilis sebelumnya.

Lagu tersebut kemudian direkam ulang dan disesuaikan di bagian liriknya dengan keadaan terkini.

Baca Juga: Dianggap Band Mitos, Dengerin Nih 10 Rekomendasi Lagu Indie Melancholic Bitch Pilihan HAI!

Sekilas, racikan musik yang ditampilkan dalam single 'Koboi Kota' terdengar mirip dengan lagu 'Ditato' di album Bersinar (2009).

Keduanya hadir dengan tempo yang menghentak, namun nuansa kelam lebih terasa di lagu 'Koboi Kota' sesuai dengan lirik-lirik yang dilantunkan:

"Dengan mesin meraung raung di tengah malam.Mata memerah dan mulut yang bau naga. Memecah hening malam dan siap berperang, tak peduli siapapun pasti dilibas, koboi kota."

Dengan racikan musik yang gagah, single 'Koboi Kota' dijamin bakal jadi rekomendasi lagu indie favorit lo selanjutnya!

Baca Juga: Playlist Paling Favorit, Simak 10 Rekomendasi Lagu Indie Cocok Didengerin Sebelum Tidur!

Lolongan vokal Heruwa di bagian pembuka, petikan bass Bandizt dan ketukan drum Yoyo yang menghentak, melodi gitar Richard dan Raymond yang 'berbahaya', dan iringan keyboard Lilik yang memecah keheningan malam, terasa menakjubkan!

Belum lagi instrumen tiup yang menawan membuat suasana makin komplit menggambarkan kisah "raja jalanan belantara kota" di lagu 'Koboi Kota'.

Penasaran seperti apa single baru ini? Simak nih rekomendasi lagu indie milik Shaggydog berjudul 'Koboi Kota'!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya