Batu Akik Keren Khas Indonesia

Selasa, 17 Februari 2015 | 08:15
iamalvin

Batu Akik Keren Khas Indonesia

Belakangan ini tren batu mulia, dan batu akik mengalami pegeseran. Budaya batu mulia ini sebenarnya telah lama berkembang sejak zaman Kerajaan dahulu, bedanya dahulu mayoritas penggunanya adalah dari kalangan orang-orang tua atau laki-laki dewasa. Kini batu akik atau batu mulia lainnya semakin menjadi tren di kalangan anak muda.

Semakin banyak dari mereka yang gemar mengoleksi atau menggunakan perhiasan tersebut sebagai cincin, dan sebagainya. Mereka nggak segan-segan mengeluarkan kocek hanya untuk mendapatkan batu yang mereka sukai, bahkan bisa mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah.

Saat ini batu mulia yang paling diminati adalah batu jenis amethyst atau kecubung, zamrud, ruby, safir, kalimaya, dan batu bacan Di Indonesia memang ada beberapa daerah yang biasa menghasilkan batu ini, seperti provinsi Banten, Sumatera Barat, Lampung dan Kalimantan.

Menurut Sosiolog Universitas Gadjah Mada Derajad S. Widhyharto batu mulia menyimpan banyak pesan dan makna sosial yang cukup beragam, batu mulia atau batu akik memberi pesan dan makna sebagai perhiasan, pemberi kekuatan, tingkatan spiritualitas, daya mistis, penolak bala, pemberi ketenangan jiwa maupun identitas kehidupan sosial lainnya.

Dan ada beberapa batu akik khas Indonesia yang keren dan layak koleksi nih. Apa aja ya? Cek deh.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya