Tim Asia Junior Championships 2014 Siap Bertolak ke Taiwan

Rabu, 12 Februari 2014 | 09:43
Rian Sidik (old)

Tim Asia Junior Championships 2014 Siap Bertolak ke Taiwan

Para pebulutangkis junior Indonesia siap untuk bertarung di kejuaraan Asia Junior Championships 2014 pada 16-23 Februari 2014 di Taipei, Taiwan. Turnamen ini memainkan nomor perorangan dan beregu campuran dengan format Piala Sudirman.

Sebanyak 21 atlet U-19 akan bertolak ke Taiwan untuk pada Kamis (13/2). Nomor tunggal putra dan ganda putra menjadi andalan Indonesia untuk meraih gelar juara. Jonatan Christie, pemain pelatnas tunggal putra potensi berusia 17 tahun ini akan menjadi motor tim. Sementara pasangan Clinton Hendrik/Muhammad Rian Ardianto jadi tumpuan di nomor ganda putra.

Pada ajang Asia Junior Championships 2013 di Sabah, Malaysia, Indonesia membawa pulang medali perunggu di nomor beregu. Sedangkan di nomor perorangan, para atlet-atlet muda Indonesia belum berhasil meraih medali.

"Tahun ini targetnya untuk beregu minimal menyamai prestasi tahun lalu yaitu babak semifinal. Kalau di perorangan, saya rasa nomor tunggal putra dan ganda putra punya peluang untuk juara," kata Lius Pongoh, manajer tim Asia Junior Championships 2014.

"Asia Junior Championships merupakan salah satu turnamen yang penting, karena lewat turnamen inilah akan muncul bibit-bibit baru yang menentukan masa depan bulutangkis Indonesia. Selamat berjuang untuk atlet-atlet junior, semoga berhasil meraih hasil yang terbaik di Taiwan," ucap Gita Wirjawan, Ketua Umum PP PBSI.

Pada kesempatan ini, Li Ning sebagai salah satu produsen aparel bulutangkis juga memperkenalkan kostum tim nasional terbaru yang akan digunakan oleh tim Indonesia selama bertanding di ajang beregu Asia Junior Championships 2014. Ini adalah tahun kedua Li Ning menjadi sponsor timnas bulutangkis Indonesia.

Selain itu, kostum ini juga akan dikenakan tim nasional pada event-event beregu seperti Piala Thomas dan Piala Uber serta kejuaraan nomor beregu World Junior Championships 2014. Peluncuran kostum timnas bulutangkis Indonesia ini ditandai dengan upacara penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) antara Li Ning dan PBSI untuk periode kerjasama selama tahun 2014-2016 mendatang.

"Li Ning akan mensupport apparel timnas bulutangkis Indonesia untuk periode 2014 sampai dengan 2016. Artinya, semua kejuaraan internasional beregu yang akan diikuti oleh Li Ning mencakup baju, celana, jaket dan trackpant," ujar Dewi Meina Santi, Marketing and Promotion Manager Li Ning.

"Terima kasih kepada PBSI yang telah berbuat banyak untuk bulutangkis Indonesia. Kita akan lihat hasilnya pada 2-3 tahun lagi. Selain itu, dengan sistem sponsorship ini, saya rasa PBSI merupakan asosiasi bulutangkis yang paling demokratis di seluruh dunia. Bahkan negara-negara lain akan mulai mencontoh Indonesia, tapi tentu semua butuh waktu," ujar Mahendar Kapoor, Director Sunlight Sport Asia Pacific.

Berikut daftar pemain di tim inti Asia Junior Championships 2014 :

Tunggal putra

Jonatan Christie

Muhammad Bayu Pangisthu

Anthony Sinisuka Ginting

Eska Rifan Jaya

Tunggal putri

Ruselli Hartawan

Gregoria Mariska

Fitriani

Vehrenica Debora Rumate

Ganda putra

Muhammad Rian Ardianto

Clinton Hendrik Kudamasa

Althof Baariq

Reinard Dhanriano

Yantoni Edy Saputra

Tedi Supriadi

Ganda putri

Nisak Puji Lestari

Rika Rositawati

Jauza Fadhilla Sugiarto

Apriani Rahayu

Ganda campuran

Rafiddias Akhdan Nugroho

Nisak Puji Lestari

Muhammad Rian Ardianto

Zakia Ulfa

Tedi Supriadi

Apriani Rahayu

Reinard Dhanriano

Rika Rositwati

Manajer Tim : Lius Pongoh

Pelatih : Imam Tohari (Tunggal Putra), Bambang Supriyanto (Tunggal Putri), Dimas Indra Prasetyo (Ganda Putra), Namrih Suroto (Ganda Putri) dan Enroe Suryanto (Ganda Campuran).

Editor : Rian Sidik (old)