Daftar Artis Yang Terkena Gangguan Bipolar

Selasa, 19 Agustus 2014 | 14:11
iamalvin

Daftar Artis Yang Terkena Gangguan Bipolar

Penyakit gangguan bipolar belakangan ini makin sering diperbincangkan setelah aktris peran dan penyanyi Marshanda mengaku pernah didiagnosa menderita bipolar.

Bipolar adalah gangguan pada alam perasaan (mood) yang berubah-ubah dalam periode waktu tertentu. Satu ketika, penderita mengalami depresi sehingga menjadi murung, diam, atau menarik dari lingkungan. Di waktu lain, ia mengalami manik (mania) yang ditunjukkan dengan semangat menggebu dalam beraktivitas, tak pernah lelah, dan tak tidur berhari-hari. Di lain waktu, ia bakal merasa sangat depresi.

Ya, dan gangguan ini nggak pilih-pilih korban. Banyak juga artis yang mengidap gangguan bipolar. Siapa saja? Check it out?

Sinead O'Connor

Sukses menghiasi media dengan prestasi pada medio 1980-an, pada awal 1990-an penyanyi ini terserang depresi. Depresinya terus memburuk, hingga akhirnya ia didiagnosis dengan gangguan bipolar pada usia 37 tahun. Sinead buka-bukaan tentang gangguan bipolarnya tersebut saat jadi bintang tamu di Oprah Winfrey Show pada 2007. "Semua pori-pori saya menangis dan saya bahkan tidak mengerti mengapa atau apa sebabnya," katanya.

Catherine Zeta-Jones

Aktris pemenang Grammy, Catherine Zeta-Jones terungkap terkena gangguan bipolar sejak 2011. Ia terkena hypomania (lekas marah) yang bergantian dengan depresi. "Setelah berurusan dengan stres tahun lalu, Catherine membuat keputusan untuk memeriksakan kesehatan mental," kata perwakilannya dalam sebuah pernyataan.

Robin Williams

Sebelum memilih mengakhiri nyawanya sendiri, Robin Williams dikatakan orang terdekatnya mengalami depresi. Tak hanya itu, sejak lama aktor yang meninggal dunia di usia 63 tahun ini menderita gangguan bipolar, penyakit gangguan jiwa yang membuat penderitanya mengalami perubahan perasaan (mood) dalam periode waktu tertentu.

Kurt Cobain

Vokalis Nirvana ini nggak menyukai ketenaran, namun juga kesal kalau video klipnya nggak tayang di MTV. Semuanya masuk akal ketika Beverly Cobain, sepupu Kurt yang juga seorang perawat menyatakan dalam sebuah wawancara bahwa Kurt didiagnosis dengan Attention Deficit Disorder [ADD]. "Kemudian ia juga punya gangguan bipolar. Kurt pasti tahu, penyakit bipolar sulit disembuhkan, dan pengobatan yang benar juga sangat penting," katanya.

Editor : Alvin Bahar