Muda, Beda dan Berbahaya

Jumat, 13 Juni 2014 | 11:12
Ega Hai

Muda Beda dan Berbahaya

Siapa bilang sukses dan kaya itu bisa diraih kalau udah tua? Orang-orang di bawah ini ialah bukti bahwa semakin cepat kita memulai, semakin cepat kita menuai hasil. Mudah-mudahan kalian bisa "mencontek" semangat dan kerja keras mereka meraih sukses.

1. Alanda Kariza, Aktivis Alanda remaja selalu ingin menjadi volunteer di LSM, tapi sering banget ditolak karena umurnya yang masuh di bawah 18 tahun. Bersama rekannya, Alanda pun mendirikan The Cure For Tomorrow (TCFT). Sampai suatu ketika ia diundang Global Changemaker di London. Sepulangnya ia Alanda pun turut memprakarsai Indonesian Youth Conference.Selain sebagai aktivis, Alanda juga sudah merilis buka non fiksi perdananya yang berjudul Dream Catcher. Buku tersebut menginspirasi anak-anak muda agar nggak pantang menyerah memperjuangkan mimpinya.

"Menurut aku mimpi itu sesuatu yang bisa kita ciptain sendiri berdasarkan nilai-nilai yang kita percayai dalam hidup. AKu termasuk orang yang punya mimpi besar dan percaya jika diiringi perencanaan dan tindakan yang matang makan akan menjadi kenyataan," ujar Alanda.

2. Irene Kharisma Sukandar, Norma Grand Master IndonesiaSejak kecil Irene emang udah hobi main catur. Tapi karirnya dimulai saat bersekolah di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA). "Di tempat itu aku serius menggeluti catur, aku sering sedih kalau bertanding di nagri tapi banyak yang nggak tau Indonesia punya pemain catur andal," ucap cewek kelahiran 7 April 1992 ini.

Prestasi kejuaraan nasional maupun internasional mulai ia raih. Namanya juga mulai diperhitungkan saat dia meraih gelar Norma Grand Master Wanita Indonesia Pertama.

3. Rio Haryanto, Pembalap NasionalCowok kelahiran Solo 22 Januari 1993 ini udah menjuarai beberapa kelas balapan dunia. Tapi usaha Rio untuk jadi sesukses sekarang ternyata nggak mudah. "Bagi saya, untuk bisa sukses perlu disiplin yang tinggi dalam berlatih, karena fisik itu sangat membantu. Kita juga harus percaya diri, jangan pernah takut dan pantang menyerah," ujar Rio.

4. Ellawijt, PelukisLewat solo painting exhibition berjudul It's Just Been Started, cewek kelahiran 8 Mei 1990 ini mendapat penghargaan dari Museum Nasional sebagai pelukis muda terbaik tahun 2007 lalu. Padahal bukan hal yang mudah bikin pameran tunggal untuk pelukis seusianya. Dia sampai meminjam uang untuk dijadikan modal.

Hasilnya? lukisan Ella laku keras dengan harga mulai dari 10 juta sampai 20 juta. "Buat aku kuncinya harus berani dan nekat kalau mau mencoba sesuatu," ujar Ella.

Ella dan beberapa pelukis cewek lain juga menggelar pameran di Taiwan, dilanjut dengan pameran tunggal di Chicago, Amrik.

5. Ken Dean LawadinataMeski baru-baru ini melepas jabatannya sebagai CEO, nama Ken tetap melekat dengan Kakus, member forum terbesar ciptaannya.Cowok kelahiran 6 Januari 1986 ini mendirikan Kaskus bersama temannya Andrew Darwis pada 1999. Dari hanya digarap oleh beberapa orang sampai perusahaan ini menjadi besar dan diikuti lebih dari 6,5 juta member merupakan bukti kesuksesan kerja keras mereka.

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya