Stand Up Comedy Indonesia #5 Siap Gelar Audisi Jakarta

Sabtu, 20 Desember 2014 | 15:56
Hai Online

Stand Up Comedy Indonesia 5 Siap Gelar Audisi Jakarta

Stand Up Comedy Indonesia atau disingkat SUCI udah masuk ke musim kelima. Semakin banyak lahirnya para bintang pelawak tunggal (komika), semakinbanyak pula peserta yang mau ikutan ajang pencarian bakat ini.

"Born to be A Star" sepertinya menjadi tema yang tepat yang disiapkanKompasTV selaku penyelenggara untuk menjadikan para komika terpilih menjadi seorang entertainer yang utuh di dunia panggung hiburan kita.

Allan Dilyanto, selaku manajer produksi KompasTV bilang, Stand Up Comedy Indonesia udah menjadi ajang yang bisa diterima masyarakat secara luas dan menciptakan budaya baru di kalangan anak muda. Karena, sampai dengan SUCI 5 pihaknya masih akan terus menjaga kualitas program tayangan yang sangat berbeda dan unik tersebut.

"Sekali sudah keluar harus bertahan selamanya, tapi ya kami harus merawatnya sampai saat ini, kita jaga sampeentah kapan," katanya di acaa preskon jelang Audisi SUCI 5 pada Jumat (19/12) di Coffe Institute Jakarta.

Produser KompasTV Alya menambahkan menjaga program SUCI sampai saat ini, perjuangannya nggak gampang. Katanya, kalau melihat jumlah peminat SUCI dari awal, pendaftar audisinya terhitung jelas.

"Suci 1 yang datang cuma 30 orang, paling banyak di Jakarta cuma 90 orang, itu juga masih banyak yang belum ngerti soal stand up comedy apa!" Curhatnya mengenang awal-awal mencari bakat baru dalam melawak sendirian di panggung.

"Beranjak ke SUCI 2 sudah better-lah. Karena saat itu udah banyak komunitas standupIndo. Dankomika-komika di Indoenesia juga bermunculan. Suci 3 pun akhirnya usah sanggup menjaring 1000 orang lebih yang udah sanggup bikin ketawa dengan teknik Stand Up Comedy yang bener," jelasnya.

Dan bahkan, melewati SUCI 4, Dia melanjutkan bahwa animo masyarakat sudah semakin luar biasa. Antrean menonton tayangan tersebut sukit dibendung. Apakagisejak venue lokasi syuting sudah dipindah KompasTV dari gedung Usmar Ismail di Kuningan ke Balai Kartini Jakarta yang lebih luas. Makanya, setiap Jumat malam, setidaknya 1200-an orang memenuhi kapasitas gedung jalan Gatsu tersebut.

"Mereka pingin terus menonton David (pemenang) dan kawan-kawan di SUCI 4," tambahnya.

Audisi SUCI 5 Jakarta Digelar Minggu (21/12) besok.

Nah, memasuki SUCI season 5, KompasTV sudah melakukan audisi di 5 kota besar di Indonesia. Sejauh ini, pihaknya sudahmenjaring 1300-an orang lebih, dan bahkan KompasTV sudah mengeluarkan 50 golden ticket menuju panggung SUCI 5.

David Nurbianto, salah satu lulusan SUCI 4 memerhatikan kemajuan ajang yang udah digelar sejak. 2011 silam. Itu artinya hampir 4 tahun, SUCI KompasTV melahirkan bintang-bintang baru seperti dirinya dan jebolan SUCI lain seperti Kemal Pahlevi, Babe Cabita, Ernest Pamungkas dan Ryan Adriandhy serta banyak lagi.

"Yang ngebedain suci dengan ajang lain adalah di sini ada pembekalannya yang ibaratnya kita dikumpulin di 'universitas mini' buat belajar teknik speaking, acting, presenting, dan kelas yang mendukunng dunia entertainment. Komika dituntut buat jadi profesional. Bahkan sampai ada kelas Yoga segaka yang waktu itu nggak bisa saya ikutin hahaha," kenangnya.

Lebih lanjut, sebelum tampil di panggung SUCI, sekolah komik juga memberikan kelas fashion dan finansial kepad komika, katanya untuk membekali isi materi ngelawak dan juga buat wawasan secara umum.

"Pesertanya kan ada yang masih anak sekolah, mahasiswa, jobless, dan beberapa dari daerah. Kita pengen mereka dapat bekal yang kompkit buat menjadi idola seutuhnya, kita perlu kasih bantuan itu untuk menjadikan mereka siap di panggung," tambah Arya lagi.

Katanya, keluar dari Stand Up Comedy ia menginginkan para peserta yang lahir menjadi bintang komik, mereka akan menjadikan komika sebagai sumber mata pencaharian mereka, makanya ada kelas finansial tadi.

"Tambahannya ada kelas psikologi, dan motivasi diri juga biar kira nggak gila," tambah David becanda.

Pendaftaran Ditutup Pukul 12 Siang

Sebagai informasi, yang jelas Audisi SUCI 5 Jakarta akan digelar pada Minggu (21/12) di Bentara Budaya Jakarta, Palmerah, Jakarta Barat. calon-calon Komika bisa mendaftarkan diri mulai dini hari besok sampai dengan pukul 12 siang. Ingat pendaftaran ditutup jam 12 siang. Dan sementara itu, audisi akan berlangsung sampai jumlah peserta yang mendaftar kebagian melawak di depan para Juri seperti Raditya Dika, Indro warkop dan Feni Rose selama 3 menit.

Yang beda, tahun ini audisinya bakal digelar secara terbuka. Jadi selain melawak singkat di hadapanpata juri, tantangan lainnya adalah peserta akan disaksikan langsung oleh para penonton umum.

Selamat berjuang!!!

Editor : Hai