Wawancara Eksklusif Bareng grentperez: Buah dari Positif Covid!

Jumat, 14 Oktober 2022 | 18:35

grentperez dalam sesi pemotretan untuk EP terbarunya, Trail Mix Tape!

HAI-Online.com - Penyanyi asal Australia, grentperez baru aja rilis EP terbarunya yang bertajuk Trail Mix Tape!

Lewat video conference, doi bagiin cerita proses pembuatannyasama HAI! Penasaran?

Q: Pertama-tama, gue penasaran deh. EP baru lo ini kan ada 4 lagu, tapi 4 lagu ini beda tema semua. Kenapa lo memutuskan masukin 4 lagu itu ke satu EP?

A: Gue merasa itu adalah bentuk ekspresi gue ke musik secara luas, hahaha asik! Setiap 4 lagu itu mengandung genre yang berbeda. Jadi, 4 lagu itu adalah perwakilan soal apa yang mau gue bawa dan presentasikan ke dunia musik.

Makanya, judulnya Trail Mix Tape. Semua nyampur jadi satu.

Q: Oke, mari kita bahas lagunya satu per satu! Lagu pertama dulu nih yang paling personal, Don't Grow Up Too Fast. Ceritaiin dong kisah di balik lagu itu!

A: Fun fact, gue nulis lagu itu pas lagi positif covid. Terus, gue waktu itu cuma bisa main game aja di kamar, sambil nunggu nyokap gue nganterin makanan di depan pintu kamar.

Dan kejadian ini bikin gue inget satu hal waktu gue masih kecil, di mana gue nggak boleh pake microwave dan harus bergantung sama nyokap kalo mau makan.

Dan itu bikin gue inget kalau gue nggak akan pernah balik ke masa-masa itu lagi. Selain itu, hal ini juga membawa gue pada memori sama temen-temen deket gue.

Karena, ketika lo udah besar (asik), lo nggak akan punya banyak waktu lagi buat main sama mereka.

Q: Wah, jadi bener-bener terjadi secara spontan ya. Jadi, lebih susah nulis lagu soal cinta kayak yang banyak lo tulis di EP sebelumnya, atau nulis hal-hal personal kayak gini?

A: Kayaknya relatif sih. Gue ngerasa nulis hal-hal personal tuh bakalan lebih mudah karena gue juga ngerasa lega setelah nulisnya.

Eh tapi, kalo dipikir-pikir, nulis lagu soal cinta-cintaan kayaknya lebih gampang sih hahaha. Pesannya lebih gampang sampe juga.

Ailin

Tangkapan layar sesi wawancara virtual bersama grentperez.

Q: Jadi inget, dulu lo pernah nulis salah satu lagu lo; My Heart It Beats For You barengan sama fans lo di Twitch, ya nggak sih?

A: Iya!!! Dulu pernah, dan kayaknya seru kalo gue lakuin lagi. Cuma, nggak tau kapan gue bisa sempat lakuin hal-hal random kayak gitu lagi, hahaha.

Sekarang di Twitch, lagi main Valorant. Cuma karena lagi tour, gue jadi nggak aktif main, kayaknya sekarang udah nggak jago lagi deh.

Q: Seru banget! Oke, kita move on lagi ke lagu lo yang judulnya Ego. Kok bisa bikin lagu yang isinya marah-marah tapi enak buat dipake joget?

A: Hahaha, itu sebenernya lagu yang emang gue tulis buat seru-seruan. Gue bayangin gimana ya kalau misalnya gue jadi orang yang egois, akan seberapa benci gue dengan diri gue sendiri? Dan gue bikin ini jadi dance-able karena ya balik lagi, lucu-lucuan aja.

Makanya, video klipnya juga dibikin banyak meme, barengan sama temen gue, Matt.

Oh! Dan gue nulis Ego barengan sama Dan Henig, orang yang suka partneran bikin musik barengan Doja Cat.

Q: Wah, ceritaiin dong proses kolaborasinya gimana!

A: Setiap nulis lagu, gue selalu mengawali segala sesuatunya dengan alunan gitar, lalu melodi vokal, dan berpikir ini bisa dibikin seberapa dance-able ya? Dan, kemudian baru deh liriknya muncul.

Q: Wah, jadi melodi dulu baru lirik ya. Biasanya apa sih kesulitan yang lo temui kalau nulis lagu?

A: Jujur, paling susah nulis lirik, karena nyesuaiin sama melodi dan supaya pesannya sampai itu adalah sebuah tantangan buat gue pribadi. Terus, buat tentuin topiknya sih gue biasanya spontan banget sih. Apa yang lagi ada di pikiran gue saat itu, langsung gue tulis.

Kalau gue suka sama apa yang ada di pikira gue, gue bakal lanjut tulis.

Kalo nggak, yah yaudah, akan gue pacu pikiran gue supaya bisa nulis dengan bagus.

Kayak Wishful Thinking misalnya, gue tulis karena terinspirasi dari hubungan gue sama cewek gue. Gue ngebayangin "gimana kalo ini, gimana kalo itu,"

Q: Oke, jadi yang paling susah buat ditulis yang mana nih?

A: Day by Day sih yang paling complex. Kalau misalnya yang paling susah buat ditulis adalah, Don't Grow Up Too Fast, soalnya artinya paling dalem.

Q: Ini sebenernya topik di luar EP terbaru lo, tapi gue (Ailin, interviewer-RED) punya satu cerita tentang lagu lo. Jadi, lagu lo yang judulnya 'Absence of You' itu punya lirik yang menampar. Sejujurnya, itu juga jadi salah satu lagu andalan waktu gue putus. (curcol dikit nggak apa-apa yaaa) Boleh nggak sih ceritain kok bisa lo bikin lagu dengan lirik serelate itu buat orang di seluruh dunia?

A: Astaga, apakah lo sekarang lagi di fase break up? Turut sedih dengernya. Sebelumnya, terima kasih sudah relate sama lagu yang gue bikin. Lagu itu gue bikin bareng temen gue, Julia Church. Meskipun gue belum pernah ngerasain break up secara mantap, gue merasa topik break up akan selalu relate dengan banyak orang.

Gue yakin "the absence of you set me free" dirasakan oleh banyak orang, bahkan juga relate sama beberapa film sedih. Dan sekali lagi, gue seneng kalau misalnya lagu itu bisa jadi teman untuk menemani sesi healing break up lo.

Q: Hahaha, jadi curhat nih gue. Anyway, kapan nih bakal ke Indonesia?

A: Pengin banget! Semoga sih bisa tahun depan ya. Gue sangat pengin ketemu sama pendengar dari Indonesia dan pengin tau lebih banyak soal Indonesia, karena yang gue tau cuma pulau Bali.

So, see you guys in 2023?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya