Nogizaka46, Saingan Berat AKB48

Senin, 13 Juli 2015 | 03:55
Hai Online

Nogizaka46 Saingan Berat AKB48

Sekitar 56 cewek berusia kisaran 15 hingga 18 tahun berdiri di dalam sebuahruang latihan olahraga berlantai kayu. Bukan tanpa sebab mereka beradadi sana, karena para cewek-cewek itu sedang menunggu pengumuman audisiuntuk menjadi member idol group bernama Nogizaka46yang dibentuk olehproduser Yasushi Akimoto. Dari audisi itu akhirnya terpilihlah 36 cewek yang dinobatkan menjadi generasipertama Nogizaka46oleh Yasushi-san. Beberapa nama di antaranyaadalah Ikoma Rina, Ikuta Erika, Saito Asuka, Shiraishi Mai, Hashimoto Nanami, serta Matsumura Sayuri. Nogizaka46sendiri secara perdana ditampilkan kepada publik pada 8Agustus 2011 silam.

Pesaing "Resmi" AKB48

Awalnya, kemunculan Nogizaka46terkesan aneh. Apalagi karena Yasushi Akimoto, sang penggagas, juga merupakan otak di balik idol group terbesar dan nomor satu di Jepangyaitu AKB48. Ngapain juga dia membuat idol group baru pesaing anak kandungnya sendiri?

"Ini adalah demi kemajuan AKB48 sendiri. Setelah sekian lama berkibar sendiri, ini saatnya mereka punya pesaing. Supaya bisa saling memacu kreativitas di masa depan," tegas Yashusi-sensei.

"Saya memilih angka tersebut dengan maksud walaupun Nogizaka46memiliki anggota yang lebih sedikit dari AKB48, tapi kami nggak akankalah dari mereka," lanjut produser rekaman dan televisi Jepang ini saat memperkenalkan Nogizaka46ke khalayak.

"Kami memang ditakdirkan sebagai rival resmi AKB48. Namun hal tersebutnggak membuat kami hanya fokus ke sana saja. Tapi kami juga berusahasekeras mungkin untuk membuat jalan kami sendiri hingga menjadi idol group nomor satu di Jepang," ujar Ikuta Erika member generasi pertama,sambil tersenyum manis.

Idol group yang namanya diambil dari nama daerah tempat kantor SonyMusic Jepang ini memang memiliki visi yang unik. Yaitu didirikan untukmenyaingi AKB48 yang sudah sangat besar di Jepang bahkan di luar Jepang. Wajar aja kalau hal tersebut sempat menjadi beban berat yangharus dipikul oleh beberapa member Nogizaka46.

"Ketika pertama masuk sebagai member Nogizaka46, ternyata kamilangsung ditentukan member senbatsu tentatif. Bahkan aku langsungdipilih sebagai center untuk lima single pertama. Dan itu sangatlah berat buat aku, apalagi awalnya aku nggak pernah berpikir untukmenjadi center. Saat itu aku sempat merasa menyesal diterima diNogizaka46," kenangIkoma Rina

Indonesia (ikut) Memilih!

Soal fans, Nogizaka46juga memiliki fans yang samaloyalnya dengan fans AKB48, lho. Terbukti dari para fansnya di Jepangyang selalu datang saat mereka tampil, maupun ketika merilis singleterbaru. Mulai dari berbagaimerchandiseyang mereka jual, selalu lakudibeli oleh para fansnya. Hingga saat ini para fans Nogizaka46sudah mulaimenyebar sampai ke Indonesia.

Terbukti dengan adanya beberapafanbase seperti Nogizaka46Official Thread di Kaskus hingga Nogizaka46Indonesia Fans dan Nogizaka46Fans Indonesia di Facebook. Yangpastinya para anggota fanbase tersebut selalu menyempatkan untukbertukar info terbaru tentang idol group yang menjadi rival resmi AKB48.

"Gue awalnya memang suka dengan AKB48, kemudian pas tau Akimoto senseibuat Nogizaka46 langsung gue cari. Dan setelah itu langsung dehkecantol sama PV mereka yang berjudulGuru-Guru Curtain. Kalau oshimen pertama gue itu Matsumura Sayurin gara-gara ngegemesin, hehehe. Sejakitu gue mengurus dua grup fanbase Nogizaka46 di Facebook yaituNogizaka46 Indonesia Fans dan Nogizaka46 Fans Indonesia," papar Wildan salah seorang fans Nogizaka46.

Seperti kebanyakan harapan para fanbase lainnya, Nogizaka46 FansIndonesia juga berharap suatu hari nanti idol group asal Tokyo inibisa datang ke Indonesia. Nggak hanya AKB48 saja yang sudah dua kali datang ke sini, pasalnya para fans Nogizaka46 juga ingin berkesempatankesempatan untuk menyaksikkan Ikoma Rina cs secara langsung di hadapanmereka.

Apalagi digadang-gadang kalau tahun ini adalah tahunnya Nogizaka46untuk menunjukkan eksistensi mereka di dunia idol group nggak hanya diJepang. Jadi kapan ya mereka akan menginjakkan kaki di Indonesia? Mau tau profil member Nogizaka46?Klik di sini ya...

Editor : Hai

Baca Lainnya