Yup, riset pasar Gramedia Majalah telah melibatkan sekitar 9.000 responden pembaca yang terdiri dari 3.000-an anak-anak, 3.000 wanita, dan juga 3.000 cowok Indonesia di sembilan kota besar, sehingga menghasilkan rangkuman dalam Indonesia's Hottest Insight 2013.
Hasilnya, survei ini diantaranya menyoroti gerak gerik kecenderungan perilaku belanja cowok yang katanya selalu mengikuti kata hati (impulsivity). Dorongan emosional ternyata menjadi sangat berpengaruh dalam menentukan pilihan produk.
"Cowok sadar bahwa gaya hidup itu nggak priceless. Bahkan para cowok cenderung impulsive dalam berbelanja. Maka cowok biasanya memiliki target untuk menyisihkan uang dalam tabungannya. Dan para cowok percaya , selain berjejaring sosial, mekanisme ngobrol atau face to face jadi hal paling penting untuk menggali informasi berbelanja," begitu penjelasan survei IHI yang disampaikan di The Hall, Senayan City, Jakarta, Selasa (7/5).
Nggak hanya itu, beragam data menarik soal cowok pun disampaikan dalam acara Social Shopper tersebut. Melalui survei IHI yang bekerjasama dengan IPSOS, sebuah lembaga survei independen yang sudah berskala internasional, mereka menemukan adanya keunikan perilaku sosial konsumen sebelum belanja. Detailnya, sebelum mengambil langkah belanja, konsumen terlebih dahulu mencari informasi atau berinteraksi dengan lingkungan sosialnya terkait produk yang akan dibelinya.Itulah namanya Social Shopper sekarang ini.
Dari sekian banyak sumber informasi yang tersedia, para cowok akan lebih percaya pada sharing experience yang didapatkan dari lingkungan. Pola berbagi informasi itu pun masih jadi hal tradisional. Dalam hal ini teman-teman yang dia kenal baik. Perkembangan teknologi tidak membuat kebiasaan ini berubah. Para cowok tetap lebih suka mencari informasi saat kumpul-kumpul atau ngobrol face to face. Namun, perkembangan teknologi membuat mereka lebih mudah membuat janji temu saat dibutuhkan.
Mendapatkan informasi yang tepat memang sangat dibutuhkan oleh cowok sekarang. Pasalnya, cowok nggak segan untuk langsung membeli apa yang mereka inginkan. Selama, mereka tengah memiliki uang, merasa nyaman, dan memiliki informasi yang akurat tentang hal itu.
Nah masih menurut IHI 2013, media cetak adalah sumber informasi pendamping untuk cowok dalam memilih sesuatu. Dengan informasi yang didapatkan dari media, dan digabungkan dengan pengalaman yang dibagikan dari dan oleh rekan-rekannya, melalui word of mouth, seorang cowok akan lebih pede dalam mengambil keputusan untuk membeli sesuatu,
Hmm betul juga sih. So, keep the best for today is the new male shop habit! Impulsif, tapi tetap bijak ya!