Cara Benar Bersihkan Pusar

Senin, 18 November 2013 | 07:01
Gitarama

Cara Benar Bersihkan Pusar

HAI memang gak boleh yah klo udel ataupuserkita itu dikorekkin atau dibersihin? Abisan kan kadang bau dan kotor gitu? Tapi emang suka jd sakit perut mendadak sih klo saya abis ngorekkin udel. Ada penjelasan ilmiah gak? Maaacih! Rama "mouse" via email

Hallo...

Puseratau pusar sebaiknya jangan dikorek, tapi boleh dibersihkan dengan cara yang benar. Pusar adalah organ yg berfungsi penting untuk janin, karena melalui tali pusat janin mendapatkan nutrisi dari sang ibu. Selain itu juga berfungsi untuk mengeluarkan kotoran janin. Jadi pusar kita adalah jalur masuk langsung ke dalam perut, sehingga akan sangat berbahaya kalau kita mengoreknya karena berpotensi menimbulkan infeksi.

Kulit pada pusar memang lebih tipis daripada bagian tubuh lain. Jika pusar ini dibersihkan dengan kasar dan sembarangan, maka kulit akan lecet,infeksidan mudah dimasuki kuman. Nah, kuman inilah yang nantinya akan merugikan kita, misalnya sakit perut seperti yg kamu ceritakan.

Cara pembersihan yg benar adalah menggunakan cotton bud dan minyak (baby oil, minyak kayu putih, minyak zaitun). Caranya, teteskan minyak ke pusar, tunggu beberapa saat dan bersihkan menggunakan cotton bud secara perlahan. Minyak tersebut akan membantu melembekkan kotoran yang ada. Yang penting, bersihkan dengan lembut tanpa melukai kulit pusar.

dr Luluk Maya Savira Ammara health and beauty clinic The Bellagio boutique mall unito.ug03 Kawasan Mega Kuningan Jl lingkar mega kuningan kav E4 no 3 Kuningan Jakarta Selatan 12950 Ph (021) 6051 9593 , 30066705

Editor : Gitarama