Lepas Seragam Putih Abu-Abu, Masuk ke Dunia Kampus

Jumat, 07 Juni 2013 | 11:52
Hai Online

Lepas Seragam Putih Abu Abu Masuk ke Dunia Kampus

Melepas seragam putih abu-abu yang udah nemenin selama 3 tahun, sekarang waktunya buat ikhlas dan membuka mata untuk ngadepin dunia baru. Yup, saatnya untuk melangkahkan kaki menempuh dunia pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, yaitu perguruan tinggi.

Gimana Sih Dunia Perkuliahan?

Well, sebelum bisa ngerasain bangku perkuliahan, ada beberapa tahapan yang bakal dialami teman-teman, seperti OSPEK (Orientasi Studi dan Pengenalan kampus) yang biasanya dilakuin saat pertama kali masuk di gerbang perkuliahan. Ospek ini nggak jauh beda sama saat masuk SMA, Cuma ada ada sedikit perbedaan dengan Ospek di dunia perkuliahan.

Tapi lo nggak usah langsung jiper apalagi sampe nggak mau kuliah hanya karea takut dikerjain? Keep calm boi! Ospek itu cuma salah satu momen baru atau pengalaman baru yang belum pernah kita rasain sebelumnya.

Di beberapa perguruan tinggi, biasanya Ospek digelar supaya mental calon mahasiswa jadi lebih kuat dibandingin waktu di SMA. Ospek mahasiswa juga ajang buat maba mengenal dan memahami lingkungan di perkuliahan, memberikan pemahaman baru seputar kampus, dan mempersiapkan maba untuk bisa belajar di Perguruan Tinggi karena jelas berbeda dengan bangku sekolahan.

Saat kuliah juga, kita biasanya akan berkenalan dengan sistem SKS alias Satuan Kredit Semester. Dengan sistem ini, mahasiswa bisa memilih sendiri mata kuliah yang akan diambilnya dalam satu semester.

Kegiatan memilih mata kuliah ini dikenal dengan sebutan Rencana Studi. Kalau Rencana Studi kita sudah disetujui dosen wali, lalu kita bisa mengurus sendiri syarat dan keperluan lainnya di bagian administrasi. Pengisian Rencana Studi ini adadeadline-nya, jadi kalau telat bimibingan, ya udah siap-siap deh kuliah kita bakal bermasalah hanya karena kurang teliti dan disiplin.

Sementara ini dulu, guys! Intinya dunia kampus bakal menuntut disiplin dan kemandirian kita. Jadi jaga semangat diri!

Editor : Hai