Mata Kuliah Wajib Fakultas Komunikasi

Selasa, 03 Februari 2015 | 10:38
Hai Online

Mata Kuliah Wajib Fakultas Komunikasi

Di awal kuliah, ada mata pelajaran dasar yang wajib diikuti mahasiswa jika mereka masuk Fakultas Ilmu Komunikasi, apa sajakah itu?

1 Public Speaking

Mata kuliah ini mempelajari tentang seni berbicara, terlebih di depan orang banyak. Buat yang demam panggung, mata kuliah ini bisa jadi "musuh" di sepanjang perkuliahan, tapi yang yang vocal, ini ajang buat unjukin kemampuan!

Siasat mengikuti mata kuliah ini adalah banyak-banyak mendengarkan public speakers, merangkum materi pembicaraan mereka, dan coba mempraktikan berbicara sendiri di depan cermin!

2 Statistika Sosial

Karena bidang komunikasi bukan ilmu eksak, mereka nggak akrab sama deretan angka dan data statistik. Sesungguhnya mahasiswa komunikasi banyak yang menjauhi mata kuliah ini, bahkan di antara mereka seringkali menjadikannya "musuh".

Meski begitu berbahayanya, mata kuliah ini ternyata berguna untuk tugas akhir atau skripsi. Dengan mengerti data statistik, calon sarja akomunikasi akan semakin pede menyampaikan informasi mereka. Siapa yang punya data, dialah calon juara!!!

3 Fotografi

Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar fotografi. Kedengarannya memang menyenangkan. Tapi jangan sedih, kalau dalam pelajaran ini, mungkin muka kalian kelihatan serius banget, deh. Karena buat yang minat mungkin ini jadi hal yang perlu diseriusin, bagi yang nggak, hmm mumet juga, sih!

Makanya, dari sekarang, ngoprek dikit lah soal teknik-teknik fotografi yang sederhana. Jangan cuma bisa selfieatau wefie, tapi coba cek dari para pakar ini di #LOVE2SHOOT !

4 Komunikasi Lintas Budaya

Belajar komunikasi dari perspektif budaya, komplektitas budaya inilah yang bikin mata kuliah ini harus benar-benar dipahami. Sebab, bukan cuma diri sendiri yang dituntut mengerti tapi juga orang banyak lainnya kudu bisa menyerap informasi yang nalarnya sama. Tuh, kan ribet!

Bahkan soal kata dasar "perspektif" dan "persepsi" aja, itu debatnya bisa panjang! Di sini memiliki wawasan luas akan membantu sekali memahami komunikasi antar atau lintas budaya. Baik dalam maupun luar nagri!

5 Sosiologi Komunikasi

Mata kuliah mempelajari komunikasi dalam bermasyarakat. Buat yang dulunya ngambil IPS, sih bisa jadi santai, tapi buat anak IPA yang sedikit nerd, hmm siap-siap mendengar istilah baru yang rada 'njelimet'.

Buat yang mau membumi sama pelajaran ini, coba deh mulai sekarang jangan cuma nongkrong di kantin sekolah aja, sesekali atau sering-sering, deh ngobrol sama masyarkat di pedesaan, warga kota di pinggiran, atau ngumpul di Karang Taruna. Kamu bisa sedikit demi sedikit memahami sosiologi mereka, kalau mau mendalami lagi, jalan-jalan dong ke masyarakat adat yang banyak tersebar di nusantara.

6 Psikologi Komunikasi

Nah, kalau mata kuliah ini, sih, kita belajar komunikasi dengan dasar-dasar psikologi, gitu. Memang, itulah, luasnya ilmu komunikasi bikin kita jadi sedikit banyak belajar bareng sama anak-anak kelas psikologi di kampus sebelah.

Kata banyak orang, mata kuliah ini, sih gampang-gampang susah. Pasalnya manusia kan makhluk yang complicated, apalagi manusia bernama wanita. #eh curcol

Well, kalau beneran mau kuliah di Fakultas Komunikasi, coba deh pilih kampus-kampus yang terkenal kece dengan jurusan atau fakultas Komunikasi ini!

Editor : Hai

Baca Lainnya