Anak Muda Diajak Perhatikan Sumber Gurihnya Makanan Biar Hidup Makin Sehat & Peduli Lingkungan

Kamis, 29 September 2022 | 16:25

Bijak Garam dikampanyekan Ajinomoto pada acara Indonesia millennial dan Gen Z Summit 2022

HAI-Online.com -Makanan gurih selalu menjadi incaran generasi muda dalam memenuhi kebutuhan pangan hariannya, namun sedikit sekali yang mencari tahu sumber gurihnya makanan mereka itu bikin sehat tubuh dan lingkungannya atau tidak?
Nah, melalui acara Indonesia Millenial & Gen-Z Summit (IMGS) 2022, Ajinomoto berupaya mengajak seluruh elemen masyarakat, termasuk generasi muda, untuk bisa mengenal sumber kegurihan makanan yang dikonsumsinya, sambil juga mengajak menerapkan pola hidup sehat dan peduli terhadap keberlanjutan lingkungan.
"Banyak yang belom tahu, kami memiliki produk yang dekat dengan anak muda, yakni di segmen industry berupa food process (makanan beku) dan amino vital (suplemen olahraga.red) juga tentu msg yang menambahkan rasa kelezatan umami," kata Grant Senjaya, selaku Head of Public Relations Dept PT Ajinomoto Indonesia, Kamis (29/9/2022) di Tribata Jakarta.
Sejumlah makanan yang disebutkannya itu, secara menyeluruh diproduksi dari bahan utama sapi dan tebu, yang sumbernya mengkontribusikan kebaikan bagi kesehatan tubuh dan lingkungan.
Baca Juga: Viral di Twitter Tulisan NPWP Kebalik di Kartu Pajak, Ini Kata DJP!
"Pada 2030, kami memiliki tujuan ingin memberikan sarapan sehat bagi penduduk Indonesia. Nah, produk yang kami buat tidak hanya berorientasi menambah kelezatan makanan tapi juga menyehatkan dan proses semua itu berdampak ke lingkungan," katanya lagi.
Disebutkan Grant, pabrik Ajinomoto telah memiliki bio cycle yang membantu menyejahterakan petani (tebu) dan peternak sapi di hulu. Pada beberapa kemasan baru juga diantaranya sudah menggunakan 30 persen plastik recycle, belum lagi pada aktivitas produksi pengolahan di pabrik Ajinomoto diklaim telahmengurangi penggunaan air hingga 31 persen, menghasilkan biomassa dan mengurangi karbon emisi.
Nggak hanya itu,lewat acara IMGS tahun ini, Ajinomoto hadir secara langsung untuk menghadirkan kelezatan melalui menu-menu Dapur Umami yang bergizi seimbang di boothnya dan mempresentasikan kampanye terbaru mereka 'Bijak Garam' supaya anak muda bisa menerapkan makanan yang lebih sehat dengan pengurangan asupan garam.
"Produk bijak Garam ini akan bantu meningkatkan kesehatan masyarakat.
Bijak garam juga perlu dilakukan karen 50 persen orang Indonesia itu mengonsumsi kelebihan natrium.
Efeknya jika garam berlebih nantinya akan menyebabkan hipertensi dan serangan jantung, paling ringan adalah mudah rehidrasi," ujarnya lagi mengingatkan kesehatan pengunjung.
Untuk itu, konsep bijak garam adalah anak muda diajak sadar akan konsumsi harian garam dan mulai cerdik menggantinya dengan msg ya, dengan micin dalam jumlah yang pas.
"Bijak garam ini bisa membantu mengurangi jumlah konsumsi garam, caranya misal kamu biasa memakai 3 sendok garam di masakan, itu bisa diganti dengan dengan 1/2 sendok msg ditambah 1/2 sendok garam. Otomatis penghantian sebagian garam ke msg yang jumlahnya rendah akan mengurangi asupan nutrisi tinggi sebelumnya di garam. Belum lagi, msg juga akan menambahkan rasa kelezatan umami yang gurih dan lebih disukai," jelas Grant lagi.
Menurutnya Bijak Garam akan terus dikampanyekan pihaknya karena ini penting diketahui masyarakat, dan diharapkan bisa mrmbantu menurunkan risiko hipertensi dan serangan jantung di kesehatan masyarakat.
"Tak hanya berbagi pengalaman terkait aktivitas proses produksi yang ramah lingkungan dan mengajak generasi muda untuk lebih memilih produk-produk yang memiliki nilai lebih terhadap keberlanjutan lingkungan, Kami juga terus membuat webinar kesehatan, bikin dapur umami, dan terus memberikan edukasi lewat media," katanya lagi. (*)

Editor : Al Sobry