Ini 10 Besar peringkat Nasional The Smartest Campus 2013

Kamis, 02 Mei 2013 | 08:30
Hai Online

Ini 10 Besar peringkat Nasional The Smartest Campus 2013

Telkom Smart Campus Award (TeSCA) mengurutkan peringkat kampus -kampus di Indonesia yang memiliki tingkat kesadaran ICT yang tinggi. Diharapkan dengan pemeringkatan The Smartest Campus IT oleh PT Telkom Indonesia ini, nantinya setiap kampus dapat berlomba-lomba mengaplikasikan ICT dalam dunia pendidikan.

Penghargaan ini telah menilai 551 perguruan tinggi yang ada di 26 provinsi di Indonesia. Menurut Arief Yahya, Direktur Utama Telkom Indonesia, sudah sepantasnya semua perguruan tinggi di Indonesia memiliki jaringan Internet. Pemanfaatan teknologi ini nantinya akan mendukung percepatan dan pemanfaatn IT di Tanah Air.

"Kami percaya dengan pemanfaatan ICT yang baik mampu meningkatkan kualitas dan daya saing perguruan tinggi di Indonesia setara denganWorld Class University," kata Arief, Rabu (1/5) di acara malam penghargaan TeSCA Award 2013, di Hotel Dharmawangsa,Jakarta.

Hal tersebut juga didukung oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Djoko Santoso yang mengatakan bahwa untuk memajukan pendidikan di Indonesia secara merata, salah satunya dengan memanfaatkan ICT tadi.

"Pemanfaatan ICT bisa menghubungkan sistem pendidikan di bagian-bagian paling pinggir di Indonesia atau 3T (tertinggal, terjauh, dan terpinggir). Ini penting untuk menciptakan kesetaraan pendidikan di Indonesia, agar semua siswa sama-sama pintar," kata Djoko.

Berdasarkan penilaian yang dilakukan tim TeSCA atas konektivitas Internet, aplikasi,sharingjurnal, metode pengajaran dosen, kebijakan kampus, efisiensi penggunaan perangkat teknologi, partisipasi perguruan tinggi dalam sistem pendidikan Indonesia, dan lainnya, TeSCA mengumumkan peringkat The Smartest Campus 2013 untuk kategori nasional, yaitu:

1.Universitas Indonesia

2.Universitas Gunadarma

3.Institut Teknologi Bandung

4.Universitas Padjajaran

5.Universitas Airlangga

6.STMIK AMIKOM Yogyakarta

7.Universitas Bina Nusantara

8.Universitas Komputer Indonesia

9.Universitas Gajah Mada

10.Universitas Kristen Duta Wacana

Wah bagi generasi yang sudah akrab dengan IT, kayaknya siap-siap nih, memilih kampus yang canggih soal kemampuan ICT-nya. Selamat memilih!

Editor : Hai