Meskipun Sering Ketakutan, Ini 5 Fakta Menarik Kenapa Banyak Orang Suka Nonton Film Horor!

Selasa, 09 Agustus 2022 | 20:15
freepik.com

Menurut para peneliti, ada beberapa alasan kenapa banyak orang masih suka nonton film horor.

HAI-ONLINE.COM –Bagi beberapa orang, nonton film horor mungkin jadi hal yang menakutkan dan menyebalkan.

Eits tapi jangan salah, nggak sedikit loh orang yang justru suka nonton film-film horor.

Menurutpara peneliti, ada beberapa alasan kenapa banyak orang yang masih suka nonton film horor meskipunpunya cerita yang menyeramkan.

Nah buat lo yangpenasaran, simak 5 alasan kenapa banyak orang suka nonton film horor!

Baca Juga: Ratu Felisha bilang Peran Ayu Laksmi jadi Ibu di Pengabdi Setan 2 Beneran Horor: Gue Nggak Berani Ngajak Ngobrol!

1. Sensasi mendebarkan

Meskipun secara sadar kita tahu kalau film horor itu nggak nyata, tapi nonton film horor bakal bikin kita merasakan sensasi yangmendebarkan.

Menurut seorang psikolog, itu disebabkan karena otak kita nggak selalu mampu bedainkeadaan nyata dengan imajinasi yang dibangun dalam pikiran.

“Otak nggak selalu efektif membedakan antara fantasi dan kenyataan,” ungkapKrista Jordan, PhD, seorang psikolog klinis yang berbasis di Austin, Texas.

Dikutip dari Health, menurutnya ketidaksadaran otak ketika mencerna sesuatu inilah yang kadang membuat seseorang merasakan sensasi berbeda,salah satunya saat menyaksikan film horor.

Baca Juga: Ratu Felisha bilang Peran Ayu Laksmi jadi Ibu di Pengabdi Setan 2 Beneran Horor: Gue Nggak Berani Ngajak Ngobrol!

2. Merasa takut sekaligus aman

Alasan kenapa beberapa orang suka nonton film horor adalah karena mereka merasakan takut sekaligus aman.

Ketika melihat adegan horor yang dirasa nggak cocok atau nggak bakal terjadi di diri kita, maka pikiran kita bakal merasa lebih aman dalam kondisi tertentu.

“Saya pikir ada bagian dari diri kita yang mencoba mengatakan, 'Itu nggak akan pernah terjadi pada saya',” jelas Jordan.

Dengan nonton para korban dalam film horor membuat kesalahan, kita dapat meyakinkan diri sendiri kalau ketemu situasi yang sama, kita akan berhasil bertahan.

Baca Juga: Pingin Uji Nyali di Wahana Pengabdi Setan 2: Communion? Simak Serba-serbi Berikut Ini!

3. Mempersiapkan yang terburuk

Belajar dari kesalahan para korban dalam film horor, beberapa di antara kita mungkin akan langsung menyiapkan jalan keluar jika hal buruk tersebut terjadi.

“Ini tentang mencoba belajar memprediksi dunia di sekitar Anda,” ucapColtan Scrivner, kandidat PhD di Departemen Pengembangan Manusia Komparatif di The University of Chicago.

Menurutnya, dengan menonton film horor kita dapat memperkirakan apa yang mungkin terjadi di sekitar kita jika hal buruk itu menjadi kenyataan.

Baca Juga: Bener-bener Serem! Pria Ini Datang ke Rusun Kosong Pengabdi Setan 2!

4. Mengatur emosi

Menurut peneliti, salah satu alasan kenapa orang-orang suka nonton film horor adalah karena secara nggak sadar mereka mampu mengatur emosi dalam diri.

Hal ini dibuktikan ketika seseorang belajar untuk menenangkan diri dari ketegangan cerita yang dihadirkan.

“Saya pikir orang-orang yang sering menontonnya sedang belajar bagaimana menghadapi ketidakpastian, ketegangan, dan kecemasan,” kata Scrivner.

Baca Juga: Jadi Makin Horor, Pengabdi Setan 2 Jual Merchandise Pulpen Pocong!

5. Sisi gelap diri

Salah satu alasan lainnya kenapa kita suka nonton film horor adalah karena kita memungkinkan bertemu dengan hal-hal tersembunyi di dalam diri kita.

Sebuah jurnal berjudulFavorite Movie Monsters and Their Psychological Appealyang dikutip ulang oleh Very Well Mind mengatakan kalaukesenangan kita terhadap film horor dapat dijelaskan oleh fakta bahwa film tersebut memuaskan rasa ingin tahu kita tentang sisi gelap kemanusiaan.

Kecenderungan ini akhirnya timbul menjadi sensasi berbeda bagi seseorang yang membuatnya ketagihan untuk terus nonton film horor. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya