Ketahun Lagi, Dua Sekolah Negeri di DKI Diduga Paksa Siswi Pakai Jilbab

Kamis, 04 Agustus 2022 | 08:44

Ilustrasi: Siswi SMA tifak dan Pakai Hijab di Sekolah

HAI-Online.com- Kasus dugaan pemaksaan kepada siswi sekolah negeri untuk mengenakan seragam jilbabterjadi di DKI Jakarta.

Dugaan itu kuat usai adanya laporan para orangtua murid ke anggota DPR DKI Jakarta Ima Mahdiah.

Para ortu keberatan anak perempuannya 'diwajibkan' mengenakan hijab di sekolah negeri.

Baca Juga: Lagi, Seorang Siswi SMA Negeri Diduga Dipaksa Pakai Hijab di Sekolah, Kini Mengurung Diri & Depresi
Ima mengatakan, setidaknya ada dua sekolah negeri di Jakarta Barat yang diduga memaksa siswinya untuk berhijab, yakni sebuah SD negeri di Tambora dan SMP negeri di Kebon Jeruk.

"Saya mendapatkan laporan dari beberapa orang tua bahwa ada sekolah negeri yang mewajibkan memakai baju panjang bahkan memaksakan pakai hijab," kata Ima dilansir dari Tribun Jakarta, pekan lalu.

Menurut Ima, pemaksaan yang dilakukan kepada siswi di sekolah dapat mengancam keberagaman di lingkungan pendidikan.

"kalau dipaksa pakai jilbab itu tidak dibenarkan, beda halnya kalau memang si anak mau pakai dari hatinya," ujar Irma.

"Kasihan juga anak yang sudah beli seragam biasa disuruh ganti dan akhirnya jadi beli lagi kena biaya lagi," sambungnya.

Ima selaku Komisi E DPRD DKI Jakarta tengah berkomunikasi dengan Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta atas laporan yang diterimanya ini.

“Sedang saya konfirmasi ke Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk menjawab kasus kasus yang saya temukan. Karena ini sudah jelas jelas pembelahan di sekolah. PR juga untuk dunia pendidikan untuk menjaga kebinekaan," kata Ima. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul"Terjadi Lagi Sekolah Negeri di Jakarta Diduga Paksa Siswi Berhijab, DPRD DKI Turun Tangan"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya