Fresh Graduate, Google Buka 10.000 Beasiswa Buat Mahasiswa, Yuk Buruan Daftar!

Sabtu, 30 Juli 2022 | 16:05
The New York Times

ilustrasi Google Office.

HAI-Online.com - Google Indonesia kini tengah memberikan banyak pilihan program pelatihan maupun beasiswa yang bisa diakses secara gratis.

Para mahasiswa dan fresh graduate ini bisa memanfaatkan program-program di bawah ini untuk membangun koneksi dan memperluas pengetahuan mereka.

Melansir Kompas.com, berikut rekomendasi beberapa program pilihan yang bisa lo telusuri:

  1. Google Career Certificates
Ini merupakan program sertifikat kesiapan karir yang saat ini dua modul pelatihannya yakni IT support dan Data Analytics sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Tahun ini, Google sediakan 10.000 beasiswa, 5.000 di antaranya diberikan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) lewat program Digital Talent Scholarship (DTS).

Program ini terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar maupun memperdalam pengetahuannya di bidang teknologi informatika.

Baca Juga: Masuk Gelombang 3, UM Surabaya Masih Buka 11 Jalur Beasiswa, Simak Info Lengkapnya!

Buat lo yang tertarik untuk mendalami program Desain UX, sebentar lagi kelas ini akan dibuka dan tersedia dalam bahasa Indonesia.

  1. Google Developer Experts
Program mentoring 3 bulan ini berfokus untuk mendukung orang-orang dari kelompok yang kurang terwakili dalam industri teknologi di dunia, agar bisa berkarya menjadi seorang Google Developer Experts dan bergabung dengan komunitas yang ada di dalamnya.

Dengan ikut program ini, peserta bakal dicocokkan dengan seorang mentor berdasarkan fokus, peminatan, dan potensi yang dimiliki.

Walaupun ini program global, peserta nggak perlu takut karena pelatihan bakal dilakukan sesuai dengan zona waktu dan bahasa asal setiap peserta, agar peserta tetap merasa nyaman untuk berkomunikasi.

Kalo lo berminat untuk mengenal dan lebih mendalami tentang platform Android, bisa ikut program #JuaraAndroid dari Google Developers Indonesia yang bakal hadir lagi di akhir tahun ini. Banyak mentor ahli yang siap memberikan informasi terkait dunia Android yang sangat menantang.

  1. Digital Entrepreneurship Academy
Diluncurkan pada 2020, program ini juga bagian program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) yang bertujuan untuk mempercepat transformasi digital bidang kewirausahaan dalam rangka meningkatkan ekonomi digital.

Saat ini, masih ada peluang bagi peserta yang ingin mengikuti kelas umum program Google Digital Entrepreneurship.

Pada program Google yang ada di dalam Digital Entrepreneurship Academy ini, peserta akan memiliki kesempatan bertanya dan berinteraksi dengan para fasilitator Google dari program Gapura Digital dan Women Will.

  1. Program akselerasi UKM dengan pelatihan skill baru
Kuncie bekerja sama dengan Gapura Digital dan Google Primer menghadirkan 70 video pelatihan digital.

Modul video ini dikembangkan untuk memberikan pengetahuan digital baru yang bisa membantu para pelaku UKM kembali bangkit dan mengembangkan usaha mereka.

Contohnya modul pembelajaran tentang Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Untuk mengakses modul ini, pengguna dapat mengunduh aplikasi Kuncie melalui website di kuncie.com/belajar atau dengan membuka link goo.gle/kuncie.

  1. Generation Google Scholarship
Khusus bagi perempuan yang punya minat di bidang ilmu komputer, Google juga sediakan beasiswa sebesar $1,000 USD lewat program Generation Google Scholarship.

Dana tersebut dapat digunakan untuk biaya kuliah, buku, perlengkapan, dan kebutuhan perkuliahan lainnya.

Untuk tahun ini, beasiswa sudah diberikan dan programnya akan kembali hadir tahun depan. Informasi lengkap dan pendaftaran dapat dilihat melalui laman https://buildyourfuture.withgoogle.com/scholarships/google-scholarship-recipients. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya