Gara-gara Jadi Soundtrack The Batman 'Something In The Way' dari Nirvana Mulai Mengejar Popularitas 'Smells Like Teen Spirit'

Sabtu, 23 Juli 2022 | 17:30
altpress

Nirvana - Smells Like Teen Spirit

HAI-ONLINE.COM - Dalam tahun ini lo bisa lihat kebangkitan dari 'Running Up That Hill' Kate Bush dan 'Master of Puppets' Metallica, karena lagu-lagu itu digunakan dalam film Stranger Things. Begitu juga dengan Nirvana, yang kembali ke beberapa chart dalam 2022 ini dengan track yang nggak ada di chart sebelumnya, 'Something in the Way' dan kesuksesannya mulai mengejar posisi 'Smells Like Teen Spirit'.

Pada chart Mediabase terbaru yang dikumpulkan statistik siaran radio, 'Something in the Way' duduk di No. 33 di chart Active Rock dan No. 48 di chart Alternative. Sebelumnya kesuksesannya juga terlihat di chart lagu Billboard, naik di No 2 pada chart U.S. Digital Rock Songs, dan bulan Maret tahun ini juga lagu tersebut memasuki chart Billboard Hot 100 di No. 46.

Baca Juga: Kurt Cobain Pernah Nonton Metallica Konser, Kirk Hammett: Dia Request Lagu Whiplash!

Lonjakan yang terjadi pada pendengar lagu Nirvana itu didorong oleh film The Batman yang dirilis awal tahun ini. Penggunaan 'Something in the Way' pada film tersebut yang menjadi terobolan aal pada grafil penjualan Billboard.

Saat film itu dirilis awal tahun ini, langsung mendorong lagu itu ke Top 50 di dua tangga Mediabase yang disebutkan di atas.

Setelah dirilis dalam Nevermind 1991, lagu itu menempati posisi terakhir (dikurangi lagu tersembunyi 'Endless Nameless') dalam urutan running album. Namun mengingat popularitas albumnya, di kalangan penggermar Nirvana lagu itu cukup terkenal.

Baca Juga: Beginilah Kenapa Nirvana Bisa Dibilang Menggeser Guns N' Roses di Era 90-an

Dikutip dari Setlist.fm, ada yang bilang kalo itu bukanlah lagu favorit band dalam set live mereka, karena cuma pernah dimainkan sebanyak 36 kali selama sejarah tur mereka, menjadikannya lagu ketiga yang paling sedikit dimainkan dalam album ini.

Dengan kesuksesannya baru-baru ini, 'Something in the Way' sekarang menjadi lagu kelima dari album yang mencapai Billboard Hot 100 (mengikuti 'Smells Like Teen Spirit', 'Comes as You Are', 'Lithium' dan 'In Bloom'), sementara juga menjadi charting entry pertama mereka sejak 2022 'You Know You're Right'.

Kelihatannya mendengarkan 'Something in the Way' menjadi suatu perkembangan dari katalog Nirvana yang menemukan popularitas baru.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya