Pingin Tau Solo Gitar Favorit Tom Morello? Simak 3 Lagu yang Dipujinya Sepanjang Masa!

Jumat, 22 Juli 2022 | 10:05
Kompas.com/dok. istimewa

3 lagu dengan solo gitar yang dipuji Tom Morello sepanjang masa.

HAI-ONLINE.COM -Sosok Tom Morello dikenal sebagai gitaris enerjik yang banyak melahirkan riff gitar keren.

Menurut Rock and Roll Garage, bersama Rage Against The Machine dan Audioslave, Tom Morello menjadi salah satu gitaris paling berpengaruh dalam beberapa dekade terakhir dan menginspirasi jutaan musisi dengan permainannya.

Dalam sebuah wawancara denganClassic Rockpada tahun 2022, gitaris tersebut menyebutkan 3 solo gitar yang menurutnya terbaik sepanjang masa.

Pingin tau solo gitar favorit Tom Morello? Simak 3 lagu yang dipuji Tom Morello sepanjang masa!

Baca Juga: Cuplikan Metal Lords: Film Metal Tom Morello dan Co-Creator Game of Thrones

3. All Along The Watchtower -Jimi Hendrix

Di posisi ketiga, Tom Morello memilih solo dari gitaris legendaJimi Hendrix dengan lagu berjudul 'All Along The Watchtower'.

Lagu ini merupakan lagu klasik yang dibuat oleh penyanyi folkBob Dylan.

Dalam sebuah wawancara untuk majalah Rolling Stoneberjudul 100 Greatest Guitarists,Morello memujinaluri alami Jimi Hendrix dalam memaikan gitar.

“Jimi Hendrix meledakkan ide kami tentang apa itu musik rock.Dia memanipulasi gitar, [membuat] bar menjadi whammy, distudio, dan di panggung.Permainannya tanpa usaha," ungkap Morello, "Rasanya itu semua seperti mengalir melalui dirinya.”

2.Stairway To Heaven - Led Zeppelin

Lagu 'Stairway To Heaven'Led Zeppelinjadi pilihan kedua Tom Morello.

Morello juga mengatakan selain versi studio, lagu ini juga tampil dengan menawan pada versi live didokumenter The Song Remains The Sametahun 1976.

Dalam sebuah wawancara denganGuitar Worldpada tahun 2020, Morello mengatakan bahwa dia belajar banyak dari mendengar Led Zeppelin selama karantina Covid-19.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Lagu Rock Berdurasi lebih dari 10 Menit yang Kalo Didengerin Nggak Berasa Lama!

Momen ini juga dia tularkan ke anaknya yang saat itu sedang belajar bermain gitar.

“Gue juga sering bermain dengan anak gue yang berusia sembilan tahun, yang merupakan calon gitaris pecinta Led Zeppelin.Jadi gue bener-bener pelajarinlagu-lagu itu untuk mengajarinya," kata Morello.

Riff gitar yang dibuat oleh gitaris Led Zeppelin, Jimmy Page, sering menginspirasi Morello saat bermain gitar.

"Gue tahu riff-nya. Gue pernah masukin beberapa dari mereka di band yang berbeda.Tapi gue benar-benartenggelam dalam seluk-beluk permainanJimmy Page," tambahnya.

1. Mr. Crowley - Ozzy Osbourne

Di posisi pertama Tom Morello memilih solo gitar legendarisRandy Rhoadsdalam 'Mr Crowley' dari album debutOzzy OsbourneBlizzard Of Ozz(1980).

Menurut Morello,ada dua cara saat ingin belajar solo gitar, pertamadapat diajarkan pada kursus musik tingkat perguruan tinggi, atau yang kedua lo bisa head bang heavy metal ditempat parkir!

Gitaris Randy Rhoads pernah masuk ke dalam penghargaanRock and Roll Hall of Famepada tahun 2021 oleh Tom Morello.

Randy Rhoads mendapat kehormatan dengan hadiah "Musical Excellence Award" yang diberikan kepada artisatas orisinalitas dan pengaruhnya memiliki dampak pada dunia musik.

Baca Juga: Akhirnya! Ozzy Osbourne Umumkan Album Baru dan Lagu 'Patient Number 9'

“Dia menghidupkan kembali karir Ozzy Osbourne sebagai sideman gunslinger-nya.Itu adalah poster Randy Rhoads yang gue pasang di dinding," ungkap Morello dalam dilansir dari Guitar Player.

“Dalam hal keunggulan musik, nggak ada lagi yang pantas mendapatkan pengakuan dan pujian tertinggi.Sekarang Randy Rhoads yang tak tertandingi berdiri di tempatnya," tambahnya.

(Arlingga Hari Nugroho)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya