Dear Mahasiswa, Lakukan Hal Ini agar Waktu Seharian Dapat Dimanfaatkan dengan Efektif

Senin, 25 Juli 2022 | 10:15
DOK. Shutterstock

Ilustrasi belajar

Hai-Online.com –Memiliki waktu 24 jam rasanya tidak akan cukup ketika sudah menjadi mahasiswa. Pasalnya, selain harus mengerjakan tugas dan belajar, banyak juga mahasiswa yangmemilih mengikuti program magangatau mengikuti aktivitasnon-akademisuntuk menambah pengalaman.

Padatnya aktivitas tersebut membuatmahasiswaharus pintar-pintar mengatur waktu dengan tepat. Jangan sampai berbagai kegiatan non akademisbikin lolupa untukbelajar sehinggaIndeks Prestasi Kumulatif (IPK) jadi turun drastis aliasjeblok.

Agar aktivitas akademis dannon-akademisberjalan seimbangdan lo efektif dalam memanfaatkan waktu selama 24 jam, ada beberapa tips darilamanItjen Kemendikbud Ristekyang bisa diterapkan.

1. Membuat jadwal kegiatan

Hal pertama yang bisa lo lakukan adalah membuat jadwal kegiatan di kertas, kalender, atau aplikasipadaponsel. Selain membuat lotidak mudah lupaakan kegiatan yang perlu dilakukan setiap hari,cara ini juga bisa membuat aktivitas losehari-harilebih terstruktur.

Baca Juga: Tangga Lagu Indonesia 13 Juli 2022: Keisya Levronka - Tak Ingin Usai Puncaki Chart Spotify dan Joox

2. Urutkan kegiatan berdasarkan prioritas

Agar agenda perkuliahan tidak berantakan, lo juga perlu membuat daftar prioritas setiap harinya. Misalnya, ketika jadwal praktikum bentrok dengan kegiatannon-akademis, lo bisa menggesersalah satu kegiatan ke lain hari.

3. Memaksimalkan waktu luang

Jika ingin hidup lebih terstruktur, lo bisa memanfaatkan waktu luang untuk untuk mencicil tugas atau melakukan kegiatan bermanfaat. Contohnya dengan mengikutiwebinar, membaca buku, atau bergabung ke dalam komunitas baru.

4. Jangan lupa beristirahat

Merencanakan waktu istirahat saat akhir pekan menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. Lo bisa memanfaatkan akhir pekan untukhealingdengan menonton film kesukaan, bermain gim, atau bertemu dengan keluarga dan teman.

Baca Juga: Butuh Refleksi dan Pelajaran Hidup, Tonton 3 Film Soal Urban Life Ini

5. Mengasah keterampilan atau ilmu sehari-hari

Selain fokus pada keseimbangan akademis dannon-akademis, memanfaatkan waktu untuk mengasah keterampilan lain juga layak untuk dicoba. Misalnya,membersihkan rumah, memasak, mencucipakaian dan sepatu,atau mengasah hobi baru yang lo minati.

Itu dia tips yang bisa lo coba untuk memaksimalkan waktu 24 jam. Gimana, mau coba praktekkan tips yang mana duluan?

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya