Saatnya Lebaran Seni di Bulan Juli, Ini 4 Rekomendasi Acara Seni di Yogyakarta

Minggu, 03 Juli 2022 | 14:20
instagram/artjog.id

Pameran seni rupa ARTJOG di Jogja National Museum, 2018.

HAI-Online.com-Memasuki bulan Juli, ada sebutan khusus nih buat para penikmat seni di Yogyakarta. Bulan Juli dianggap sebagai 'lebaran seni' yang menjadi awalan dari rangkaian pagelaran seni yang berlangsung hingga akhir tahun.

Banyak acara seni yang dibikin di Yogyakarta sepanjang bulan Juli 2022. Kalau lo sedang di kota Gudeg ini, jangan sampai ketinggalan untuk mampir ke salah satu acaranya ya!

Ini dia rekomendasi 4 acara seni di Yogyakarta untuk bulan Juli 2022! Check this out!

Expanding Awareness - ARTJOG MMXXII

Pameran seni rupa kontemporer ARTJOG jadi salah satu pameran yang paling dinanti-nanti oleh para penikmat seni, terutama yang berada di Jogja. Pameran ini bakal nampilin karya-karya spektakuler dari berbagai seniman ternama.

Acara tahunan ini digelar di Jogja National Museum (JNM) dengan mengusung tema "Expanding Awareness". Pameran ini akan dibuka untuk umum mulai tanggal 8 Juli hingga 4 Agustus 2022.

Broken White Project 11 - Ace House Collective

Broken White Project merupakan program pameran selama setahun penuh dengan menghadirkan seniman-seniman terpilih. Acara ini diinisiasi dan digelar oleh kelompok seni Ace House Collective.

Pada edisi ke-11 ini, Broken White Project memilih judul 'Voices of Longing Calling You Home' dengan menampilkan karya dari seniman Ipeh Nur,Irene Febry, Kei Imazu, Nadiah Bamadhaj, Sakinah Alatas, dan Yosefa Aulia.

Para seniman ini membuat karya seni dengan membedah ragam wujud memori sebagai ruang khayal produktif, sarana penyembuhan batin, dan bahkan brankas trauma masa lalu.

Pameran ini berlangsung dari tanggal 1 Juli hingga 12 Agustus 2022 di ACE/CBD, Mangkuyudan, Yogyakarta.

Deconstructing Misfortune - Ruang MES 56

Nah kalau ini adalah pameran berkelompok yang dibuat sendiri oleh Ruang MES 56, kolektif fotografi dan seni kontemporer asal Yogyakarta.

Pameran ini akan menampilkan karya-karya fotografi dari para anggota Ruang MES 56. Ada sekitar 14 seniman MES 56 yang terlibat memajang karyanya di Ruang MES 56.

Untuk menyaksikan pameran ini, bisa langsung datang ke Ruang MES 56 di Mangkuyudan, Yogyakarta. Pameran ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 29 Juli 2022.

Yogya Annual Art #7 - Sangkring Art Space

Yogya Annual Art (YAA) adalah pameran seni rupa tahunan yang pertama kali diadakan oleh Sangkring Art Space pada tahun 2016. Pada edisi ke-7 mengambil judul 'Flow' yang mewakili tema tentang proses-proses yang dinamis.

Pameran ini menampilan banyak seniman yang terlibat memamerkan karyanya. Berlangsung di Sangkring Art Space, Yogyakarta, pameran ini mulai digelar pada tanggal 5 Juli hingga 5 September 2022.

Selain ke-4 acara seni tadi, kabarnya juga bakal ada pameran seni 'Silang Saling'yang digelar oleh perhelatan seni dua tahunan, Biennale Jogja. Meskipun belum ada publikasinya, akun Instagram @bukusenirupa menuliskan kalau pameran ini akan berlangsung mulai dari tanggal 18 Juli 2022 mendatang.

Pameran ini bakal menghadirkan peserta dari Asana Bina Seni. Asana Bisa Seni merupakan salah satubagian dari Program Yayasan Biennale Yogyakarta dengan membukapelatihan seni terhadap penggiat seni.

Nah jadi yang mana nih yang bakal lo datengin di bulan Juli ini? Jangan lupa tetap prokes ya, guys!

(Arlingga Hari Nugroho)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya