Mau Belajar Main Drum, Ini 5 Pilihan Trek Gebukan Lagu Blink-182 yang Dimainkan Travis Barker!

Kamis, 30 Juni 2022 | 19:05
micadew/Flickr

Pilihan 5 trek drum lagu Blink-182 yang dimainkan Travis Barker.

HAI-Online.com-Nama Travis Barker sudah nggak perlu diragukan lagi sebagai salah satu drummer yang punya skill keren.

Travis Barker mulai bergabung bersama Blink-182 sejak tahun 1998. Sejak saat itulah Travis bersama Tom Delonge dan Mark Hoppus mengeksplorasi bentuk punk yang ikonik khas Blink-182, salah satunya dari cara Travis memainkan drum.

Nggak cuma bermain untuk Blink-182, Travis juga sempat punya side project dengan musisi lain yang nggak kalah keren.

Nah buat lo yang suka Blink-182 dan pingin belajar main drumnya, dengerin nih 5 pilihan trek drum dari lagu Blink-182 yang dimainkan Travis Barker!

Baca Juga: Dilarikan Ke Rumah Sakit, Travis Barker Tinggalkan Pesan: God Save Me

Aliens Exist

Lagu ‘Aliens Exist’ adalah trek ketiga di album Enema of the State yang dirilis pada tahun 1999. Ini juga sekaligus menjadi album pertama Travis Barker bersama Blink-182.

Di lagu ini Travis banyak mengombinasikan crash cymbal dan tom bergantian dengan ritme datar. Kombinasi ini menciptakan suara unik dengan beat yang cepat.

All The Small Things

Lagu ini adalah salah satu lagu paling terkenal sepanjang karir Blink-182. Meskipun musiknya nggak seheboh lagu lainnya, permainan drum Travis Barker cukup menjadikan lagu ini anthem di panggung Blink-182.

Nggak ingin berlebihan, Travis hanya menambahkan beberapa variasi di bagian tertentu dan di akhir lagu. Namun, ketukan drum ala Travis mulai terbentuk menjadi ciri khas tersendiri.

Baca Juga: Akhirnya Terungkap, Ini Penyakit Travis Barker yang Bikin Dirinya Dilarikan ke Rumah Sakit

First Date

Diambil dari album Take Off Your Pants and Jacket tahun 2001, di lagu ‘First Date’ kita sudah bisa mengingat ritme khas dari Travis Barker.

Travis memainkan ritme dengan sedikit lebih cepat tapi nggak terburu-buru dan di bagian chorus menjadi salah satu yang paling ekspresif dimainkan Travis dengan cymbal penuh.

Up All Night

Single utama dari album Neighborhoods, ‘Up All Night’ menjadi momen yang ditunggu-tunggu pada waktu itu.

Ketukan dengan nuansa hip-hop, gemuruh di bagian riff, dan menjadi begitu emosional di bagian chorus adalah bagian favorit dari permainan drum Travis Barker.

Momen drum ini menjadi momen penting yang menunjukkan Travis telah memasuki tahap yang berbeda dalam karirnya.

Baca Juga: 5 Side Project Para Personil Blink-182, Travis Barker Paling Sering Ke Sana Kemari

Adam’s Song

Lagu ini sering dipuji sebagai momen terbaik Travis Barker di bangku drum Blink-182. Pasalnya, drum Travis dianggap mampu mengangkat tema lirik yang gelap ketika dibawakan oleh dua personil lainnya.

Travis menggunakan ketukan dasar dengan perpaduan kick drum, snare, cymbal splash, floor tom, dan hi-hat yang terdengar ritmis. Ada juga ketukan yang nggak konvensional di bagian reff yang terdengar samar.

Secara teknis, ini jadi tantangan sendiri untuk para drummer yang ingin memainkan lagu ‘Adam’s Song’. (*)

(Arlingga Hari Nugroho)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya