Dari Gap Year Sampai Ambil Vokasi, Ini 10 Jalan Lain Buat yang Nggak Lulus SBMPTN 2022

Sabtu, 25 Juni 2022 | 07:46

Nggak lulus SBMPTN

HAI-Online.com- Tidak atau belum lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini bukanlah akhir dari segalanya.

Keputusan LTMPT itu juga tidak menjadi penentu kesuksesan kamu di hari yang akan datang.

Kalem saja, kehidupan terus berjalan dan masih ada begitubanyak jalan alternatif yang bisa kamu coba untuk terus menggapai cita-cita.

Nah, buat kamu yang belum berhasil masuk lewat jalur SBMPTN 2022, HAI punya rekomendasi jalan lain biar kamu tetap bisa meneruskan pendidikan dan kehidupan menjadi lebih baik lagi

Baca Juga: Jangan Kelewatan! 10 PTN Ini Buka Jalur Mandiri Pakai Nilai UTBK SBMPTN 2022!

1. Ambil Gap Year Boleh!

Ada saat-saat di mana hari-hari gagal SBMPTN bikin semangat kamu jadidrop, tenaga habis, capek secapek-capeknya.

Terlintas, ada pilihan untuk rehat sejenak. Ambilgap yearuntuk menenangkan diri, tunda kesibukan, santai dulu dan berencana untuk senang-senang setahun. Tentu, HAI merekomendasikan hal tersebut meski pilihan ini sebenernya bisa jadi hal terakhir yang kamu ambil. Karena pada akhirnya, kamu memang lagi sedih, maka bersedihlah secukupnya.

Setelah beres, kencangkan lagi sabuk semangat untukmengikuti SBMPTN di tahun selanjutnya. Persiapkan lagi dengan matang dan pastikan kamu bisa melewati ujian masuk PTN di jakur seleksi bersama.

Siapkan setidaknya 3-6 bulan sebelum SBMPTN 2023 digelar, baik mental, fisik, pelajaran dan alat tulis secara lebih baik, karena lawanmu di tahun depan adalah mereka yang masih fresh otaknya. Tapi yakinlah, usaha dua kali lipat nggak akan mengkhianati hasilnya.

2. Gercep Ikut Ujian Mandiri

Barang siapa yang gigih untuk berkuliah di PTN favorit, maka jalur ketiga untuk bisa berkuliah di PTN adalah dengan mengikuti ujian mandiri yang diadakan oleh kampus tersebut.

Yap, setelah SNMPTN dan SBMPTN gagal kamu langsung gerak cepat ambil jalur ujian mandiri ini.

Informasi mengenai ujian mandiri bisa kamu dapatkan dari profil dan website resmi universitas yang dituju atauHAI juga terus mengapdet beberapa kampus yang sedang membukanya.

Namun, perlu dicatat, beberapa PTN yang membuka jalur ujian mandiri ini biasanya menarik biaya yang lebih mahal mulai dari uang pangkal hingga uang semester yang lebih tinggi dari mahasiswa jalur masuk lainnya.

Pahami terlebih dahulu soal biaya kuliah dengan kesanggupan yang dimiliki, diskusikan juga dengan orangtua dan teman terdekat.

Baca Juga: Gagal SBMPTN Bukan Akhir Segalanya, 5 Mahasiswa PTS Ini Ngasih Cerita!

3. Masuk PTS

Nggak menuntut ilmu kuliah di PTN, kamu bisa mulai mempertimbangkan eksistensi perguruan tinggi swasta (PTS).

Banyak lho perguruan tinggi swasta yang punya kualitas terbaik dan dapat bersaing dengan PTN atau yang lebih mengunggulinya.

Kalo kamu mau lanjut ke PTS yang perlu kamu lakukan adalah pengecekan akreditasi perguruan tinggi, fakultas dan jurusan, serta biaya yang dikeluarkan. Bandingkan juga jika kamu lolos masuk PTN jalur mandiri, biar semakin mantap perhitungan biaya kuliahnya.

Pasalnya nggak semua perguruan tinggi swasta menerapkan biaya yang mahal kok, yang terjangkau juga banyak. Di mana ada kemauan di situ ada jalan. Kamu harus percaya kamu bisa kuliah.

4. Merantau ke Luar Negeri

Sempat kepikiran merantau kuliah ke luar negeri, nggak? Cobalah cari beasiswa yang menawarkan pelajar Indonesia bisa kuliah S1 di sana. Meski tidak lebih banyak sekolah pascasarjana, kesempatan kuliah ke luar negeri semakin terbuka.

Pencarian di google akan membantu kamu membuka jalannya. Memang usahanya harus 3 sampai 7 kali lipat. Namun yakinlah, kuliah di luar negeri membuat hidupmu lebih kaya pengalaman.

5. Mengikuti Kursus Bahasa

Untuk kamu yang ambil masa gap year, siapkan juga budget waktu untuk mengikuti sejumlah kursus, salah satu yang penting dan dibutuhkan saat ini adalah kursus bahasa.

Pilihan yang dapat kamu ambil itu banyak, mau kuraua Bahasa Inggris biar semakin mantap, atau pilih kursus Bahasa Korea untuk menyalurkan hobi nonton drakor tanpa subtitle, bahkan ambil bahasa Rusia biar bisa ngobrol virtual sama random orang di aplikasi.

Intinya, perkaya waktu kuang kamu dengan mengikuti kursus yang bikin kamu senang dan menjadi lebih baik dari sekarang. Kegiatan kursia ini juga membuat kamu terhindar dari kejenuhan, bakal dapat teman baru dan nantiny juva akan lebih siap dan matang dalam mengikuti SBMPTN tahun selanjutnya.

ragesoss/Wikimedia

Ilustrasi workshop Sains Data, salah satu jurusan yang punya potensi gaji besar.

6. Jadi Freelancer

Mungkin kamu gagal di SBMPTN tahun ini, tapi kalo bisa sukses bekerja lebih awal, ya kenapa nggak? Kamu bisa menyalurkan hobi, skill, serta minat kalian dengan bisa bekerja secara freelance atau jadi seorang freelancer.

Sekalian juga, kamu bisa memperbaiki finansial untuk memersipakan ikut seleksi tahun drpan bahkan dijadikan modal untuk biaya kuliah di tahun selanjutnya.

7. Kerja Sambil Belajar

Yang ini memang nggak sesuai hobi, skill danminat kamu, tapi kalau kamu merasa bosan cuma belajar mempersiapkan SBMPTN tahun depan, maka ambil kerja 'kasar' seperti jadi pelayan atau tukang fotokopi, hitung-hitung nabung buat keperluan kuliah nanti juga bisa.

Dengan menjajal kerja, kamu juga dapat mengeksplorasi hal-hal yang belum banyak kamu ketahui sekaligus menambah pengalaman dan mempertebal tekad.

Asalakan jangan karena keasyikan bekerja, kamu lupa belajar untuk mempersiapkan SBMPTN, tetap fokus pada tujuan awal ya!

Baca Juga: Fakultas Vokasi UKI Bakal Adakan Mata Kuliah Krypto untuk Belajar Aset Digital

8. Daftar Sekolah Vokasi/ Politeknik

Harus kuliah tahun ini juga, mungkin yang bisa kamu pertimbangkan selain ikut seleksi mandiri di PTN, ada juga lho pendidikan lain seperti vokasi dan politeknik ataupun akademi yang dapat menjadi pilihan untuk melanjutkan pendidikan.

Bukan berarti nggak seru, pendidikan vokasi justru bisa menjadi strategi kamu dalam mebiru karier. Pendidikan lanjutan ini umumnya menyediakan tingkat D3 yang bakal levih siap bekerja karena dididik untuk punya keahlian khusus, sementara politeknik dan akademi menyediakan D1 hingga D4 yang juga sama agar lulusannya mudah diserap industri.

Sistem pendidikan vokasi biasanya lebih mengedepankan kerja praktik ketimbang teori yang banyak disajikan pada ilmu S1. Beberapa pendidikan vokasi dan politeknik juga menyediakan sistem kedinasan atau ikatan kerja dengan beberapa perusahaan ternama.

Ini bisa jadi pilihan yang bagus, bukan?

9. MasyaAllah Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Aja

Yap, meski nggak sepopuler SNMPTN dan SBMPTN, jalur PTKIN bisa menjadi pintu masuk kamu kuliah di universitas negeri.

Perguruan tinggi keagamaan kualitasnya nggak jauh beda sama PTN-PTN yang lain, lho bahkan sekarang banyak universitas islam negeri yang sudah punya jurusan-jurusan umum serta memiliki akreditasi bagus.

Cobalah, siapa tahu itu jalan terbaikmu

10. Menjadi Entrepreneur

Udah banyak buktinya, mereka yang udah capek-capek masuk universitas eh malah drop out dan jadi enterpreneur sukses bahkan mendirikan start up yang juga cuan.

Yap, kamu nggak harus ikutan drop out, sih karena kamu adalah orang yang bebas untuk menentukan jalan sendiri.Kamu bisa mulai membuka usaha, mengembangkan jualan dan menjadi entrepreneur di lingkungan kamu sekarang.

Ditambah modal digital yang baik, yakin deh usaha kamu akan sukses.Kamu juga dapat mengeksplorasi hal-hal yang belum kamu ketahui sebelumnya sekaligus menambah pengalaman bisnis kamu.

Selamat mencoba, apapun jalannya tetap berdoa dan sungguh-sungguh semioga berhasil. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya