Nggak Lolos SBMPTN 2022? Jangan Patah Semangat! Jalur Mandiri UNJ 2022 Masih Dibuka! Simak Info lengkapnya

Jumat, 24 Juni 2022 | 19:00
YouTube UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi UNJ

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri UNJ 2022 Masih Dibuka

HAI-Online.com - Seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri di UNJ 2022 masih dibuka, berikut HAI jelaskan detail mulai dari jadwal ujian, syarat, sampai cara daftarnya.

Nggak lolos SBMPTN bukan akhir dari segalanya, buktinya lo masih bisa coba jalur mandiri, salah satunya jalur mandiri UNJ.

Jadwal Jalur Mandiri 2022

  • Pendaftaran : 17 Mei 2022 - 1 Juli 2022
  • Uji Coba Ujian : 14 Juli 2022
  • Ujian Tulis Penmaba Berbasis Komputer (Daring) : 16 Juli 2022
  • Pengumuman : 22 Juli 2022
  • Pengisian Data untuk UKT : 24 - 31 Juli 2022
  • Pengumuman UKT : 1 Agustus 2022
  • Pembayaran UKT dan Registrasi : 2 - 12 Agustus 2022
  • Masa Pengenalan Akademik Mahasiswa Diploma & Sarjana : 15 - 19 Agustus 2022
  • Awal Perkuliahan : 22 Agustus 2022
Syarat Pendaftaran Jalur Mandiri UNJ 2022

  1. Siswa SMA atau yang sederajat tahun lulus 2022, 2021, atau 2020.
  2. Sudah memiliki ijazah/Surat Keterangan Lulus.
  3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studi yang dipilih.
  4. Program Studi yang dipilih dari Fakultas MIPA atau Rumpun Ilmu Teknik harus dari SMA IPA atau SMK pada jurusan yang linier dengan program studi yang dipilih.
Mekanisme dan Jenis Ujian

Mekanisme ujiannya digelar secara daring atau online.

Sedangkan untuk jenis ujiannya, dari ketiga jurusan (IPA, IPS, dan IPC atau campuran) ketiganya dites potensi skolastik dan tes bahasa indonesia dan bahasa inggris. Bedanya, untuk jurusan IPC dites kemampuan IPA dan IPS.

Baca Juga: Informasi Lengkap, Ini Jadwal Jalur Mandiri PTN di Jawa Tengah 2022

Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran jalur mandiri UNJ 2022 yakni:

Saintek dan Soshum: Rp 300.000

Campuran: Rp 450.000

Harga di atas di luar biaya ujian keterampilan sebesar Rp 300.000 per pilihan prodi keterampilan.

Biaya ujian keterampilan ini dibayar misalnya ketika peserta memilih lebih dari satu program studi serumpun dalam olahraga, maha biaya uji keterampilannya Rp 300.000.

Cara mendaftar Jalur Mandiri UNJ 2022

  1. Buat akun lewat situs pendaftaran.unj.ac.id dengan mengisi form isian Buat Akun Saya. Pastikan menggunakan alamat email dan hp yg benar dan aktif karena akan digunakan dalam pendaftaran penmaba ini.
  2. Masuk ke dalam sistem dengan cara login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah di daftarkan sebelumnya.
  3. Memilih Jenis Kelompok Ujian dan Program Studi. Lo bisa pilih Kelompok : SAINTEK, SOSHUM, dan CAMPURAN. Kemudian lo pilih program studi yang diinginkan. terdapat keterangan berapa total biaya tagihan yang harus dibayar. Lo bisa ubah pilihan-pilihan tersebut sampai lo yakin dengan pilihan lo. Jika sudah yakin tekan tombol simpan. Setelah menekan tombol simpan, lo nggak bisa merubah pilihan program studi, dan masuk ke tahapan selanjutnya.
  4. Cetak tagihan. Lo bakal diberikan tagihan dalam bentuk dokumen pdf. Pada dokumen tersebut, terdapat no. Tagihan yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran melalui Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat lo. Harap diperhatikan, setelah mencetak tagihan, lo dikasih waktu paling lambat 3 hari untuk melakukan pembayaran. Kalo nggak melakukan pembayaran, lo harus melakukan kembali proses pemilihan kelompok ujian.
  5. Unduh dan cetak Tagihan Pembayaran yang berisi Nomor Pembayaran dan Nominal yang harus dibayarkan untuk digunakan pada saat pembayaran.
  6. Keluar dari sistem dengan klik tombol Logout (kanan atas).
  7. Membayar biaya pendaftaran sesuai dengan Nominal yang tertera pada Tagihan Pembayaran di Teller BNI, ATM BNI atau Internet Banking BNI di tempat lo.
  8. Masuk ke dalam sistem, login di situs pendaftaran.unj.ac.id menggunakan username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya.
  9. Isi data diri, orang tua dan sekolah. isi nilai rapor dan unggah rapor beserta surat pernyataan keaslian rapor. bagi yang memilih program studi seni dan olah raga, unggah dokumen portofolio/keterampilan
  10. Cetak kartu tanda peserta ujian PENMABA UNJ.
Diketahui, kuota mahasiswa baru jalur mandiri ini ada 30% dari kuota total mahasiswa baru tahun 2022 di UNJ.

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya