Dari NTRL sampai Burgerkill, Ini 5 Cover Lagu Dewa 19 Terbaik Versi HAI!

Rabu, 08 Juni 2022 | 20:15
Instagram/ @drummergimbal

Dewa 19 Ft. Ari Lasso & Once

HAI-ONLINE.COM -Setuju nggak sob kalau lagu-lagu Dewa 19 itu emang banyak yang keren, banyak banget malah!

Hal ini nggak lepas dari para personel yang memang musisi ‘tingkat Dewa’ dan pastinya kejeniusan Ahmad Dhani selaku songwriter utama dalam meracik lagu yang sesuai untuk karakter vokalisnya.

Ditambah dengan karisma serta suara dari dua vokalisnya, Ari Lasso dan Once Mekel yang benar-benar kuat dan melekat dengan lagu-lagu Dewa 19.

Namun, nggak sedikit juga yang berusaha mengcover lagu Dewa 19 dengan karakter mereka sendiri dan jadinya juga tetap keren!

Baca Juga: Niat Hati Nonton Band Cover Oasis, Puluhan Orang Nggak Bisa Pulang akibat Badai Salju

Ini dia 5 versi cover lagu Dewa 19 terbaik rekomendasi HAI buat lo!

  1. Reza Artamevia – Cinta ‘Kan Membawamu Kembali

Penyanyi Reza Artamevia memang dulunya adalah penyanyi latar atau backing vocal dari Dewa 19 di era Pandawa Lima. Dalam album studio keduanya bertajuk ‘Keabadian’ yang dirilis di tahun 2000, Reza mendaur ulang lagu ‘Cinta Kan Membawamu Kembali’ milik Dewa 19. Nggak cuman itum Ahmad Dhani juga menjadi produser di album ini.

Di versi ini, Reza berhasil membawakan lagu ini dengan aransemen yang lebih ngepop dengan tambahan orkestrasi di latarnya.

Sama seperti Ari Lasso, suara ibunda dari Aaliyah Massaid ini juga terdengar sangat cocok dengan lagu ini. Reza menambahkan sedikit overtune atau menaikkan nada dasarnya di chorus terakhir dan melakukan teknik belting yang sangat powerful! Rendisi yang super keren!

Baca Juga: 5 Lagu Dewa 19 dengan Nama Perempuan Sebagai Judul! Mana Favorit Lo?

  1. Ari Lasso – Cinta Adalah Misteri

Banyak orang yang bilang yang cocok nyanyiin lagu Dewa 19 kalau nggak Once Mekel ya Ari Lasso! Eh Ahmad Dhani juga dong! Kali ini ada penyanyi original Dewa 19 yang memainkan lagu Dewa dari zaman Once Mekel dari album ‘Bintang Lima’ berjudul ‘Cinta Adalah Misteri’.

Dalam VIDEO LEGEND, Ahmad Dhani pernah berkata bahwa sebenarnya sudah ada beberapa lagu di ‘Bintang Lima’ yang disiapkan untuk dinyanyikan Ari Lasso, namun ternyata doi udah cabut duluan, dan salah satu lagunya adalah lagu ini. Buat lo yang penasaran gimana lagu ini kalau dinyanyikan Ari Lasso, cek di bawah ini!

  1. Vina Panduwinata – Lagu Cinta

Kemudian ada penyanyi pop senior Vina Panduwinata yang membawakan kembali salah satu nomor paling romantis Dewa yang ada di album ‘Bintang Lima’ yaitu ‘Lagu Cinta’.

Lagu yang sangat melekat dengan karakter Once ini dibawakan kembali oleh Vina Panduwinata dengan sangat epik!

Dalam konten BACKCHAT di channel VIDEO LEGEND, Vina mengaku kagum dengan Ahmad Dhani yang konsisten dalam bermusik dan mengoleksi vinyl, termasuk piringan hitam miliknya.

Musisi yang akrab disapa ‘Mama Ina’ ini juga bilang kalau ‘Lagu Cinta’ adalah lagu Dewa 19 favoritnya.

Dulu ia juga pernah manggung berkolaborasi dengan band legendaris ini menyanyikan lagu ini dengan vokalis Once Mekel.

Baca Juga: 5 Lagu Dewa 19 yang Dinyanyikan Ahmad Dhani, Mana Favorit Lo?

  1. Burgerkill X Ahmad Dhani – Satu Sisi

Lagu Dewa 19 memang terbukti tetap keren dengan aransemen apa pun! Pop oke, rock keren, jazz masuk, metal? Ini jawabannya!

Dalam kolaborasinya dengan Burgerkill, Ahmad Dhani mengambil alih posisi vokalnya dan membawakan lagu ‘Satu Sisi’ dengan aransemen metal hardcore yang cadas ala band asal Ujung Berung, Bandung ini.

Lagu yang diambi dari album ‘Pandawa Lima’ ini memang dari awal memiliki lirik dan interpretasi yang gelap dalam sehingga cocok dimainkan dengan aransemen metal.

Versi ‘Satu Sisi’ dari Burgerkill juga menjadi salah satu lagu terakhir yang diisi oleh mendiang frontman Burgerkill, Eben sebelum meninggal dunia pada September tahun lalu.

Baca Juga: Inilah 5 Lagu Dewa 19 yang Paling Disukai Once Mekel, Album Bintang Lima Jadi Pilihan Utama

  1. NTRL – Separuh Nafas

Nah yang terakhir ini yang paling nyeleneh! Trio Bagus Coki Eno berhasil ‘mengacak-acak’ ‘Separuh Nafas’ dengan ciamik dan benar-benar berbeda dari versi aslinya.

NTRL memberikan ‘nafas’ lain kepada lagu ciptaan Andra Ramadhan yang diambil dari album ‘Bintang Lima’ ini. Tanpa berusaha bernyanyi seperti Once atau Ari Lasso, Bagus memilih untuk membawakannya dengan tidak memihak alias Netral banget!

(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya