Bahas Lagu Dewa 19 yang Mirip Karya Musisi Luar, Ahmad Dhani: Itu Anggapan Orang Awam Aja

Jumat, 03 Juni 2022 | 15:10
VIDEO LEGEND

Ahmad Dhani

HAI-ONLINE.COM – Isu plagiarisme dan plagiat memang nggak bisa jauh-jauh dari sebuah karya, entah itu gambar, musik, atau karya bentuk lain. Tapi sebenarnya apa sih definisi plagiat itu?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), plagiat adalahpengambilan karangan (pendapat dan sebagainya) orang lain dan menjadikannya seolah-olah karangan (pendapat) sendiri.”

Berbicara mengenai plagiarisme di dunia musik, Ahmad Dhani memiliki pendapatnya tentang isu ini. Dalam unggahan channel Youtube VIDEO LEGEND, frontman Dewa 19 ini mencoba mendefinisikan plagiarisme dan beberapa contoh kasusnya di dunia musik nasional dan internasional.

Baca Juga: Baladewa Singapura Bikin Piringan Hitam Dewa 19, Satu-satunya di Dunia

“Seandainya disebut penciptanya itu nggak menjadi plagiat karena itu hanya mengganti lirik, yang bikin lirik juga kan toh ciptaan seseorang,” ujar Dhani.

“Kayak misalnya lagu ‘Ice Ice Baby’ nya Vanilla Ice tuh (mengambil sample dari Queen – Under Pressure), artinya itu kan kreativitas lain daripada musisi kan,” imbuhnya.

Menurut vokalis Ahmad Band ini, jika menjadi plagiat itu mudah akan banyak musisi yang menjadi terkenal dengan cepat, namun kenyataannya nggak begitu.

“Artinya gini, kalau plagiat itu gampang, plagiarisme itu gampang, banyak musisi yang terkenal juga, toh nggak juga gitu, nggak ada musisi dunia atau di Indonesia ini yang terkenal gara-gara plagiat tuh nggak ada. Semua musisi Indonesia yang kita sebut namanya yang terkenal itu besar karena kayanya yang bukan plagiat,”

Baca Juga: Meriahkan Java Jazz Festival 2022 bareng Ron King Big Band, Ahmad Dhani Minta Maaf Sempat Salah Lirik

Kemudian Dhani ditanyai mengenai lagu Dewa 19 yang dimiripkan dengan lagu-lagu lain dan sang pentolan pun angkat bicara apakah hal ini disebut plagiat atau sekadar terinspirasi.

“Ya itu karena awamnya orang kan, jadi mereka nggak biasa bahwa itu sebenarnya hal biasa, drumnya sama dianggap plagiat, ya itu karena keawaman mereka lah.”

Lalu, musisi asal Surabaya ini memberikan contoh lagu Queen yang menjadi inspirasi Dewa 19 yang ternyata juga sengaja mirip dengan lagu The Beatles.

"Ada lagunya The Beatles judulnya 'Julia' itu mirip sama Bee Gees karena ngefans sama Beatles, terus Queen juga ngefans sama Beatles, dia juga bikin nada yang sama. Terus Dewa juga ngefans, (menyanyikan part verse lagu Kosong), ya kita sama-sama keren gitu! Jadi Beatles, Bee Gees, Queen, Dewa, kita sama-sama keren, oke nggak papa!" ujar Dhani.

(*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya