Ngetes Motor Viral Yamaha Fazzio, Si Matic yang Stylish, Hybrid dan Hemat BBM Terukur

Minggu, 06 Februari 2022 | 16:19

Jajal Fazzio

HAI-Online.com- Motor Yamaha Fazzio menjadi salah satu motor viral dan tengah diminati warga Indonesia pada awal tahun 2022.
Sejak dirilis pada 17 Januari lalu, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) kebanjiran orderan skuter maticFazzio Hybrid - Connected 125 cc ini.
Yap, bahkan setelah laris seribu unit Fazzio dalam waktu 5 jam pertamasejak diluncurkan, motor terbaru ini masih dicari hingga sekarang.
Beruntungnya, tim HAI mendapat kesempatan menjajal Fazzio berkeliling kota Bogor pada Jumat (4/2/2022) pagi yang teduh.
Baca Juga: Nggak Kalah Nyaman Sama Motor Gede, 5 Motor Matic Ini Pun Enak Buat Touring
Bersama dengan dua belas awak media lainnya, kami konvoi bareng tim YIMM sejauh 19 kilometeran untuk membuktikan kenyamanan berkendara yang stylish, penggunaan teknologi hybrid serta sekaligus mengetes sehemat apa bahan bakar minyak yang dipakai Fazzio untuk jalur lalu lintas perkotaan.
Pastinya sebelum mulai menggunakan smart key system Fazzio, HAI terlebih dulu mendowload aplikasi Y-Connect untuk dapat mengukur secara real-time jarak, laju dan pemakaian BBM selama perjalanan nanti. Aplikasi tersebut juga memberikaninformasi detail, notifikasi telepon dan pesan, lokasi parkir, serta rekomendasi perawatan (Engine Oil dan Battery /Accu).
Fitur Y-Connect bakal mudah terkoneksi dari hp ke layar digital speedometer Fazzio hanya dengan menggunakan barcode (di belakang jok motor) nomor kendaraan yang dipakai lalu dihubungkan via koneksi Bluetooth.

City touring Fazzio

Nah, saat membuka bagasi Fazzio, HAI langsung memasukan waistbag dan topi di ruang penyimpanan. Nggak lupa membawa SIM dan STCNK di dalamnya, ternyata masih tersisa cukup banyak ruang di bawah joknya yang bervolume 17,8 liter itu.
Baca Juga: Begini Cara Baru Bikin SIM Online Pakai Aplikasi di Smartphone Android atau iOS
"Crek!" begitu bunyi kunci pintar di Fazzio saat diputar ke tanda "ON", sehingga mesin skuter matic ini pun menyala halus.
Tidak lupa, cek layar digital speedometer di kepala motor jika berstatusconnected, artinya siap tancap gas.
Eits, sabar dulu pastikan juga nih tali helm terkunci serta mengencangkan gear berkendara seperti sarung tangan, jaket dan pelindung lutut kaki terpasang sempurna lalu berdoa biar selamat di jalan.
Barulah saat melakukan starter, teknologi Blue Core Hybrid di Fazzio mulai terasa. Di tarikan pertamanya mesin menyala lebih cepat dan halus. Ini karena Yamaha mengandalkandua sumber tenaga yang saling terintegrasi, yaitu tenaga dari mesin dan tenaga dari Electric Power Assist Start-nya.
Makanya begitu Fazzio menyala dan mulai jalan, motor matic ini kerasa enteng dibawanya. Padahal bobot kendaraan ini 95 kg lho tapi saat dikendarai kayak bawa angin hehehe
"Pada 3 detik pertama starter itu akan membantu kinerja mesinnya jadi lebih enteng tapi juga bertenaga, inilah yang bikin Fazzio lebih ramah lingkungan, hemat bensin dan handal," ujar Aji dari YIMM saat workshop Fazzio di hari yang sama.
Terbukti, selama city touring menggunakan Fazzio, mesin yang diatur dengan Smart Motor Generator ini membuat rider HAI nyaman menyalakan mesin dengan mengatur handle gas yang diputar perlahan. Ini bikin pengendara nggak kerasa "ngegas" kalo pas antre jalan di lampu hijau yang menyala tiba-tiba.
Belum lagi dengan membawa Fazzio yang style-nya berkelas, pengendara jadi pede membawa motor ini untuk sekadar jalan atau ke tempat nongkrong.
Fazzio ini kan masuk kategori classy Yamaha yang bukan hanya modelnya klasik tapi motor ini jadi sesuatu yang berkelas. Satu level terbaru untuk jenis skuter matic," jelas Antonius Widiantoro, Manage Public Relation PT YIMM di acara yang sama.
Dijelaskannya juga, Fazzio memiliki arti yaitu kata "Fas" berarti fashion dan "Cio" dari kata dasar Liscio artinya simpel.
Baca Juga: Nggak Cuma Ngajak Gergaya Hidup ala K-Pop, Ximivogue Juga Tawarkan Anak Muda Investasi di Bisnis Hallyu
"Jadi ini motor yang simpel untuk bergaya. Dengan teknologi hybrid dan fungsi konektivitas yang praktis juga desain retro yang simpel," jelasnya.
Nggak heran, menurut Dimas Safar, PR YIMM, motor Fazzio yang viral ini sangat untuk anak muda yang bergaya.
"Motor Fazzio bisa menjadi semacam white canvas, dimana pengendara bisa mengekspresikan desain selain yang sudah ada (simpel) dengan sesuatu sesuai referensi masing-masing," tambah Dimas.
Nah setelah HAI menjajal Fazzio Hybrid-Connected varian Neo Black, desainnya yang simpel dan warna yang elegan bisa membuat kamu jadi merasa lebih keren memiliki dan membawanya jalan.
Sebagai pilihan lain, varian dan tipe Fazzio ada dua yaitu LUX dan NEO. Untuk tipe LUX Version, Fazzio menhadirkan dua pilihan warna spesial, yaitu Prestige Silver and Matte Black.
Sedangkan tipe NEO hadir dalam 4 pilihan warna cerah menarik, yaitu Cyan, Red, Beige & Black.
Jujur, setelah menjajal Fazzio, HAI mengecek teman media lain soal konsumsi BBM Fazzio yang katanya hemat, ternyata rerata konsumsi BBM motor ini mampu berhemat di 75,5 km per liter.
Namun, hari itu ada juga teman media yang tembus 82,9 km per liter, rahasianya hematnya ada di antaranya pda tarikan handle gas dan rem.
Mau mencoba dan punya Fazzio? Kamu bisa menebusnya di harga mulai Rp 21,7 jutaan. (*)

Editor : Al Sobry