HAI-Online.com- Merek sepeda lipat asal Inggris, Brompton, memperkenalkan kampanye terbarunya #KotaBrompton.
Tahukah kamu, kota di Inggris ini yang menjadi pemandangan dan inspirasiAndrew Ritchie, seorang sarjana teknik di London pada 1975 sehingga membuat sepeda lipat pertamanya.
Kala itu, Andrew Ritchie mengaku kesulitan setiap kali memasukkan sepeda konvensional ke apartemennya sehingga dia mau menciptakan sepeda yang ringkas dan bisa dilipat.
Nah, nama Brompton pun akhirnya dipilih karena suatu kebetulan apartemen Ritchie itu menghadap ke Brompton Oratory di South Kensington, London.
Dari sejarah itulah, merek sepeda Brompton ingin mengajak masyarakat Indonesia untum lebih bahagia dengan menggunakan sepeda lipatnya.
Yap, sepeda lipat ini pun bakal menjadikan Brompton bukan sekadar alat transportasi, melainkan juga alat untuk meningkatkan kualitas hidup penggunanya.
Dalam kampanye #KotaBrompton ini, sepeda lipat ini juga meringkas penamaan lini produk terbarunya untuk pasar Indonesia di 2022. Ada dua lini produk yang diperkenalkan Brompton yaitu C Line dan P Line.
Menurut Will Butler-Adams OBE sebagai CEO Brompton Bicycle Ltd. sebelumnya, terdapat 16 juta kombinasi dengan istilah akronim yang mungkin mudah dipahami bagi para insinyur dan penggemar Brompton, namun sulit dipahami apalagi diingat oleh konsumen pemula dan awam.
"Jadi, setelah melewati berbagai penelitian dan pertimbangan komprehensif, kami mendefinisikan ulang lini produk Brompton. Bagaimana penamaan lini produk ini bisa cocok sama hidup Kamu," bebernya.
Kevin Wijaya selaku Country Manager Brompton Bicycle Indonesia juga mengaku, dua nama lini produk terbarunya itu bakal memudahkan konsumen untuk memilih jenis produk yang sesuai dengan kebutuhannya.
“Brompton dibuat agar bisa memberikan opsi yang menunjang aktivitas masyarakat urban agar lebih efisien dan sehat. Saat badan sehat, kita jadi lebih mudah untuk beraktivitas dan lebih produktif, dan bahagia, " ujarnya di acara peluncuran virtual, Kamis (3/2/2022).
Aktivitas bersepeda itu, sejalan dengan yang dikampanyekan Brompton, yakni menularkan kebahagiaan yang berawal dari ungkapan "Create Urban Freedom for Happier Lives” yang artinya Brompton ingin membentuk kebebasan bagi masyarakat “urban” agar dapat hidup lebih bahagia dengan beraktivitas menggunakan sepeda lipat mereka.
"Saat kamu bahagia, orang di sekitar pun menjadi lebih bahagia. Dengan beraktivitas menggunakan sepeda, masyarakat tidak perlu habiskan waktu karena kemacetan dan punya lebih banyak waktu untuk hal yang disukainya, Inilah pesan Brompton ingin sampaikan untuk masyarakat di Indonesia yang sejalan dengan tujuan kami," jelasnya lagi.
Untuk itu, pada konferensi pers virtual tersebut, Brompton resmi memperkenalkan lini produk terbarunya yaitu C Line dan P Line kepada konsumen Indonesia.
C Line yang dimaksud memiliki desain klasik Brompton yang dapat digunakan dari bersepeda santai di kota hingga perjalanan yang lebih jauh.
C Line hadir dalam 3 tipe yaitu Urban, Utility, dan Explore yang menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing penggunanya.
C Line Urban: Pilihan minimalis, lugas, dan ringan untuk berkeliling kota. Dengan dua roda gigi, sepeda ini lebih ringan untuk dikendarai dan dibawa, cocok untuk perjalanan hybrid yang melibatkan transportasi umum.
C Line Utility: Sepeda baja 3-speed dengan hub gear ini, mengambil inspirasi dari Brompton pertama yang dibuat. Roda gigi yang disegel di dalam dilindungi dari pasir dan air kota, yang artinya lebih sedikit pemeliharaan. Perpindahan gigi juga dapat diubah saat stasioner, penting untuk perjalanan dengan banyak berhenti dan mulai di lampu lalu lintas.
Sementara C Line Explore: Jenis sepeda Brompton yang siap untuk apa pun. Dilengkapi dengan 6 roda gigi, tambahkan dengan bagasi dan rak untuk perjalanan segala cuaca atau perjalanan touring yang lebih jauh.
Semua sepeda Brompton C Line tersedia dengan tiga jenis stang; rendah, sedang, dan tinggi, serta tiga panjang tiang kursi yang berbeda. Blok pembawa bagasi dan pelindung lumpur dipasang sebagai standar. Brompton C Line tersedia mulai dari harga Rp29,500,000 - Rp33,500,000 (tanpa rak).
Selain C Line, Brompton juga mengenalkan P Line Urban yang merupakan transformasi dari Brompton Superlight, menampilkan rangka belakang titanium baru dan komponen yang ringan.
Brompton P Line Urban yang dirancang dengan cermat memiliki berat hanya 9,65kg, hampir 2 kg lebih ringan dari model Brompton C Line.
“Dengan rangka belakang dan garpu titaniumnya, Brompton Superlight selalu menawarkan pengalaman pengguna yang lebih unggul daripada yang setara dengan semua baja," jelas Kevin lagi.
Brompton P Line Urban yang baru adalah lompatan maju dari Superlight: lebih cepat untuk dikendarai, lebih ringan untuk dibawa, dan lebih mudah untuk bergerak di dalam kota.
Pengurangan berat yang signifikan ini seperti dijelaskan Kevin membawa peningkatan kinerja terutama yang telah dicapai melalui rangka belakang yang sepenuhnya didesain ulang dan komponen ringan, termasuk gearset 4-speed yang ringkas.
Produk P Line Urban tersedia dengan warna Storm Grey dan Midnight Black dengan harga Rp 49,000,000 (tanpa rak). P Line Urban akan hadir Maret 2022, namun untuk C Line sudah tersedia dari Januari 2022 di seluruh reseller resmi Brompton di seluruh Indonesia. (*)